Pengembangan Media Pembelajaran Motor Bensin Berbasis Android

Authors

  • Alamsah Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Dwi Sudarno Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.99

Keywords:

Andriod, Ispring Suite, Gasoline Engine, Learning Media

Abstract

Tujuan riset media pendidikan berbasis android memakai ispring suite pada modul motor bensin adalah menciptakan media pendidikan jenis android yang valid dan praktis. Pengembangan aplikasi dicoba dengan tata cara riset model pengembangan 4- D (Define, Design, Develop and Disseminate). Penelitian dilakukan di Departemen Teknik Otomotif FT UNP. Subjek penelitian ini adalah 56 orang mahasiswa Departemen Teknik Otomotif Angkatan 2021. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli materi terhadap pengembangan aplikasi memperoleh nilai 0,883 sehingga tercantum dalam jenis “Validitas Tinggi”. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media memperoleh nilai 0,927 berarti “Validitas Tinggi”. Pengujian praktikalitas dilakukan oleh dosen terhadap pengembangan aplikasi memperoleh hasil 94% yang berarti “Sangat Praktis”. Hasil uji praktikalitas mahasiswa memperoleh persentase nilai sebesar 96% dengan kategori “Sangat Praktis”.   

The purpose of researching android-based educational media using the ispring suite on the gasoline motor module is to create valid and practical android-type educational media. Application development is tried with the research procedures of the 4-D development model (Define, Design, Develop and Disseminate). The research was conducted at the Department of Automotive Engineering FT UNP. The subjects of this research were 56 students of the Department of Automotive Engineering Class of 2021. Based on the validation that has been carried out by material experts on application development, the value is 0.883 so that it is listed in the "High Validity" type. The results of the validation carried out by media experts obtained a value of 0.927, meaning "High Validity". Practicality testing conducted by lecturers on application development obtained a result of 94% which means "Very Practical". The results of the student practicality test obtained a percentage value of 96% in the "Very Practical" category.

References

Syaharuddin, “Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19,” Eprintis J. Univ. Lambung Mangkurat,pp. 1-2, 2020.

Hariyanto, Suryono, “Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar,” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Pane, A, Darwis Dasopang, M, “Belajar dan Pembelajaran “FITRAH : Jurnal Kaji. Ilmu-ilmu Keislam., vol. 03, no. 2, pp. 333–352, 2017.

Daryanto, “Media Pembelajaran” Yogyakarta : Gava Media, 2016.

Nuroqmah, “Kompetisi Profesionalisme Guru” Jurnal Aksioma Ad-Diniyah., Vol. 09, pp. 27-30, 2021.

Setiawan, D., Saputra, H. D., & Nasir, M. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 67-74.

P. Fitriyani, “Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z,” J. Knappptma., vol. 7, no. Maret, pp. 307–314, 2018.

Arsyad,A, “Media Pembelajaran”. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2014

Warsita, B, “Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif” Jurnal Teknodik., Vol. 16,pp. 62-73, 2018.

M. I. A. Ichwan, M., Husada, M. G., & Rasyid, “Pembangunan prototipe sistem pengendalian peralatan listrik pada platform android,” J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 13–25, 2013.

Sanjaya,W, “Sistem Pembelajaran”, Jakarta : Kencana, 2008.

Teni Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Misykat., vol. 03, no. 01, p. 171, 2018.

Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, HarahapTuti Khairani, and Tasdin Tahrim. 2021. Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

D. Ramadhani, E. Fatmawati, and D. Oktarika, “Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring di SMA Wisuda Kota Pontianak,” GERVASI J. Pengabdi. , vol. 3, no. 1, pp. 24–33, 2019.

Kusuma N. R., Mustami M. K., & Jumadi O, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Inspring Suite 8 pada Konsep Sistem Ekskresi di Sekolah Menengah Atas,” Eprintis J. Univ. Negeri Makasar, vol. 13, no. 28, pp. 1–8, 2018.

Wijaya, Marline, Junaedy, and Hamdan Arfandy. 2017. “Perancangan Chatbot Untuk Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Stmik Kharisma Makassar.” Jurnal Ilmu Komputer 1: 1–11.

H. Salim, “Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekata, dan Jenis”, Jakarta : Kencana, 2019.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10.

Riduwan, “Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula”, Bandung : Alfabeta, 2011.

Sugiyono, ”Metode Penelitian Kombinasi”, Bandung : Alafbeta, 2017.

Prasetyo, E. B. (2006). Peran Ilustrasi Visual dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2).

Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan alat evaluasi berupa tes online/offline matematika dengan ispring suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363-371.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Alamsah, Arif, A., Maksum, H., Putra, D. S., Purwanto, W., Setiawan, M. Y., & Saputra, H. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Motor Bensin Berbasis Android . JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 399–410. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.99