Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran CVT Berbasis Simulator terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK N 2 Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.148Keywords:
Media Pembelajaran, Hasil Belajar, CVTAbstract
Model pembelajaran yang masih konvensional belum menjadi media yang efesien. Dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan simulator bisa menarik perhatian peserta didik dalam pembelajara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan Media Simulator terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemeliharaan SPT Sepeda Motor Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor di SMK N 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Yang diolah melalui SPSS V 20 dan microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simulator berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Jurusan TSM di SMK Negeri 2 Payakumbuh diterima yang dapat dilihat dari uji koefisien determinasi sebesar 0,568 dengan persentase 32,3 % yang artinya terdapat pengaruh yang kuat. Maka dapat dilihat semakin besar nilai variabel media simulator semakin besar pula nilai hasil belajar.
Learning models that are still conventional have not become efficient media. By using learning media using simulators can attract the attention of students in learning. This study aims to determine the effect of the application of Simulator Media on student learning outcomes in Motorcycle SPT Maintenance subjects, Department of Motorcycle Business Engineering at SMK N 2 Payakumbuh. This type of research is experimental research with a population of 34 students. Data collected through tests, observation and documentation. Which is processed through SPSS V 20 and microsoft excel. The results of this study indicate that the simulator has a significant effect on the learning outcomes of TSM Department students at SMK Negeri 2 Payakumbuh, which can be seen from the determination coefficient test of 0.568 with a percentage of 32.3%, which means that there is a strong influence. So it can be seen that the greater the value of the simulator media variable, the greater the value of learning outcomes.
References
Asean Automtive Feredation 2020 Statistic. [Online]. http://www.asean-autofed.com/files/AAF_Statistics_2020.pdf.
Sudjana. N, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2020.
Afriani. O, Rifdarmon. R, Nasir. M, dan Saputra H. D, "Pengaruh Peran Guru Sebagai Fasilitator Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR Pada Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMK Negeri 1 Padang," Jurnal Teknologi dan Pendidikan Indonesia, vol. 2, pp. 77-86, 2024.
Saputra H. D, Ismet. F, dan Andrizal. A, "Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK," Jurnal Inovasi Vokasi dan Teknoogi, vol. 18, pp. 25-26, 2018.
Raharjo. T, Sulistyani. H D, dan Suprihartini. T, "Digital Media Literacy in Samin Indigeneous People," E3S Web of Conferences, vol. 73, p. 14018, 2018.
Soleh. A M, "PENGEMBANGAN MEDIA SIMULATOR PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN FOAM TENDER OPERATION AND DEFENSIVE DRIVING DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENERBANGAN PALEMBANG," Seminar Nasional Pendidikan , pp. 108-119, 2019.
Adi. S P dkk, Transmisi Data Menggunakan Teknologi. Bandung: Konferensi, 2009.
Solekhan. A, "Pengembangan Media Pembelajaran Cutting CVT Sepeda Motor untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI TSM SMK Purworejo," PTO-FKIP, 2017.
Bahri. S, Pengantar Akutansi berdasarkan SAK ETAP dan IFRS., vol. ii.
Arsyad. A, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sugiono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.
Riduawan, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta, 2012.
Cahyadi. A M, Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang: Laksita Indonesia, 2019.
Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ilham Taufiq, M. Yasep Setiawan, Toto Sugiarto, Hendra Dani Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.