Pengembangan Media Digital Interaktif untuk Pembelajaran Penggunaan Osiloskop pada Mahasiswa Teknik Otomotif

Authors

  • Rafiqul Anbiya Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Dwi Sudarno Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.308

Keywords:

Research and Development, video-based learning, oscilloscope, validitas, praktikalitas

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran berkualitas, khususnya pada mata kuliah Listrik dan Elektronika, sering menghambat pemahaman mahasiswa. Penelitian ini mengembangkan media video pembelajaran penggunaan osiloskop untuk mendukung peran pendidik dan meningkatkan ketercapaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D, melibatkan 75 mahasiswa, ahli materi, dan ahli media. Validitas dan kepraktisan media diukur menggunakan kuesioner berbasis skala Likert dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media memenuhi kriteria validitas (rata-rata ≥0,85) dan praktikalitas (rata-rata ≥87%), sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Media ini memungkinkan pembelajaran fleksibel, interaktif, dan efektif, serta berpotensi meningkatkan pemahaman konsep teknis secara signifikan. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan media digital di pendidikan vokasi, khususnya bidang teknik otomotif. 

The limited availability of high-quality learning media, particularly in the Electricity and Electronics course, often hinders students’ comprehension. This study developed video-based learning media for teaching oscilloscope operation to support educators and improve learning outcomes. The research employed a Research and Development (R&D) approach using the 4-D model, involving 75 students, content experts, and media experts. The validity and practicality of the media were assessed through Likert scale–based questionnaires and analyzed using descriptive quantitative methods. Results indicate that the media met the validity criteria (average ≥ 0.85) and practicality criteria (average ≥ 87%), making it feasible for instructional use. The developed media enables flexible, interactive, and effective learning, significantly enhancing students’ understanding of technical concepts. These findings provide practical contributions to digital media development in vocational education, especially in automotive engineering.

References

M. A. Shomad dan S. Rahayu, “Efektivitas Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika,” J. Techonolgy Math. Soc. Sci., vol. 2, no. 2, hal. 2829–3363, 2022.

Y. Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. 2019.

R. Sumiharsono, “Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran,” Repository.Uinsu, hal. 234,2020,:https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_vpt_read

Susi Annisa Putri, Dimas Aldi Pratama, dan Samsul Susilawati, “Optimalisasi Bahan Ajar, Media, Dan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Pai,” J. Ris. Multidisiplin Edukasi, vol. 2, no. 6, hal. 678–691, 2025, doi: 10.71282/jurmie.v2i6.534.

I. Wulandari, “Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa,” Pendidikan, vol. 3, no. 4, hal. 333–340, 2025, [Daring]. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/pwgja

A. Kristanto, “Pengembangan media video pembelajaran materi penggunaan CorelDRAW gambar bentuk dan perspektif pada mata pelajaran desain grafis percetakan untuk kelas XI Multimedia di SMKS Ketintang Surabaya,” J. Mhs. Teknol. Pendidik., vol. 13, hal. 3, 2023.

T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, hal. 103, 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.

N. A. J. Harefa dan E. Hayati, Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. 2021. [Daring]. Tersedia pada: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8800

F. Hernando, I. Y. Basri, E. Alwi, dan W. Purwanto, “Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Pada Mata Pelajaran Listrik Elektronika,” vol. 1, no. 1, hal. 68–75, 2022.

J. Juliandi, R. Rusijono, dan K. Khotimah, “Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran sistem pengapian bagi siswa kelas XI SMK Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia,” no. Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (1).

Asep Deni dkk, “Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif,” J. Equilib., vol. 5, no. January, hal. 1–7, 2024.

Y. Christian dan Olwin, “Perancangan dan Pengembangan Website Sekolah di SMA Yos Sudarso Menggunakan Metode 4D,” UIB Journals, vol. 4, no. 1, hal. 1162–1168, 2022, https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/7096/2723

H. Setiawan, Alya, dan V. Amayati, “Analisis Tipografi Dan Tata Letak Terhadap Daya Serap Informasi Dalam Media Cetak,” Syi’ar J. Ilmu Komunikasi, Penyul. dan Bimbing. Masy. Islam, vol. 8, no. 1, hal. 42–52, 2025, doi: 10.37567/syiar.v8i1.3739.

H. Khotimah, A. Supena, dan N. Hidayat, “Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual,” J. Pendidik. Anak, vol. 8, no. 1, hal. 17–28, 2019, doi: 10.21831/jpa.v8i1.22657.

Emilia Safitri, Syena Auly Amelia, dan Desty Endrawati Subroto, “Strategi Pengajaran Membaca Untuk Siswa Dengan Kesulitan Belajar Di Sekolah Dasar,” J. Padamu Negeri, vol. 2, no. 2, hal. 10–19, 2025, doi: 10.69714/vk5jnb73.

D. R. Hades dan I. Y. Basri, “Perancangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Pengkondisian Udara Design of Learning Videos for Air Conditioning Technology Courses,” hal. 401–410, 2024.

R. Vernando, Andrizal, I. Yulia Basri, dan N. Hidayat, “Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Pengkondisian Udara di Laboratorium Departemen Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 2, no. 3, hal. 307–318, 2024, doi: 10.24036/jtpvi.v2i3.183.

D. Indra dan N. Hidayat, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Tentang Cara Kerja AC Mobil Pada Mata Kuliah Teknik Pengkondisian Udara Development of Learning Video Media About How Car AC Works in the Air Conditioning Engineering Course,” no. November 2024, hal. 547–556, 2025, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.260

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Anbiya, R., Dwi Sudarno Putra, Wawan Purwanto, & Hendra Dani Saputra. (2025). Pengembangan Media Digital Interaktif untuk Pembelajaran Penggunaan Osiloskop pada Mahasiswa Teknik Otomotif. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(3), 777–790. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.308

Most read articles by the same author(s)