Pengaruh Variasi Pegas Katup Standar, Pegas Katup Swedia, dan Pegas Katup BRT Terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor

Authors

  • Ahmad Abdul Ghani Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.65

Keywords:

Variasi pegas katup, Torsi, Daya, Sepeda Motor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi pegas katup standar, pegas Swedia, dan pegas katup BRT terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan objek penelitiannya adalah sepeda motor Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J tahun 2012. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara langsung dari hasil pengujian torsi dan daya pada sepeda motor Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J tahun 2012 dengan teknik analisis deskriptif persentase, baik dengan menggunakan pegas katup Swedia maupun dengan pegas katup BRT. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pegas katup BRT memiliki nilai torsi dan daya paling optimal dibandingkan dengan saat menggunakan pegas katup standar ataupun pegas katup Swedia. 

The aim of this research is to determine the extent of the influence of variations in standard valve springs, Swedish valve springs, and BRT valve springs on the torque and power generated by a motorcycle. This research employs an experimental method, with the research object being a 2012 Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J motorcycle. Data collection in this study was conducted by gathering data directly from torque and power testing of the 2012 Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J motorcycle using a descriptive percentage analysis technique, both with Swedish valve springs and BRT valve springs. Based on the research data, it can be concluded that the use of BRT valve springs yields the most optimal torque and power values compared to when using standard valve springs or Swedish valve springs.

References

Wabang, K., Warsito, A., & Louk, A. C. (2020). Simulasi Peredaman Getaran Pada Pegas Katup (Valve Spring) Sistem Hidrolik Dengan Metode Pid Memanfaatkan Simulink Matlab. Jurnal Fisika: Fisika Sains Dan Aplikasinya, 5(1), 1-10.

Brinaldi, A., & Purwanto, W. (2020). Rancang Bangun Alat Uji Tekanan Pegas Katup Toyota Kijang 7K Berbasis Microcontroler. AEEJ: Journal Of Automotive Engineering And Vocational Education, 1(2), 85-92.

Rahman, M. D., Wigraha, N. A., & Widayana, G. (2017). Pengaruh Ukuran Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3).

Hotsan, B., Sinaga, P., & Agus, B. (2022). Performa Mesin Berbasis Torsi Dengan Variasi Celah Katup Tipe Sohc Vario Esp 110 Cc. Ismetek, 13(1).

Anwar, M. N. (2020). Rancang Bangun Alat Ukur Konstanta Pegas Menggunakan Sensor Ultrasonik Hc-Sr04 Pada Beban Tertentu (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Siregar, J. S. P. (2022). Kaji Eksperimental Efektifitas Perubahan Valve Timing Ditinjau Dari Daya Dan Torsi Pada Mesin Empat Langkah Sohc 125 Cc.

HUSEIN, A. (2016). Analisa Performa Engine Sepeda Motor Honda CBR 250 R Setelah Penambahan VVT-I (Variable Valve Timing Intelligent) Dengan Software Lotus Engineering.

Noor, M. (2019). Pengaruh Perubahan Satuan Timing Buka Tutup Katup Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Pada Mesin Sepeda MOTOR SHOGUN 125cc. JMIO: Jurnal Mesin Industri Dan Otomotif, 1(1), 1-4.

Saragi, J. H., & Purba, J. S. (2021). Analisis Pengaruh Mekanisme Katub Terhadap Daya Pada Motor Bakar 4 Tak Dengan Bahan Bakar Bensin Mesin 1500 CC. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil)/Journal MESIL (Machine Electro Civil), 2(2), 16-27.

Maksum Hasan, Teknologi Motor Bakar. Padang: UNP Press, 2012.

A. Prasetiyo Dan R. Rifdarmon, “Analisis Variasi Penggunaan Busi Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi Dan Emisi Gas Buang,” AEEJ : Journal Of Automotive Engineering And Vocational Education, Vol. 1, No. 1, Hlm. 31–38, Jun 2020, Doi: 10.24036/Aeej.V1i1.4.

Jatmiko Riva Suro Dan Kuntang Winangun, “Pengaruh Pencampuran Bahan Bakar Pertalite Dengan Bio Etanol Terhadap Peforma Mesin Injeksi Yamaha Vixion 150 Cc Tahun 2011,” Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro, Vol. 8 No. 1, 2019.

Wiratmaja I Gede, “Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogassoline,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Hlm. 16–25, 2019.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Widoyoko Eko Putro, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2016.

Downloads

Published

2023-09-04

How to Cite

Ghani, A. A., Nasir, M., Rifdarmon, R., & Saputra, H. D. (2023). Pengaruh Variasi Pegas Katup Standar, Pegas Katup Swedia, dan Pegas Katup BRT Terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(4), 533–540. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.65

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>