Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Perawatan Engine dan Mekanisme Katup di SMK N 1 Sumatera Barat

Authors

  • Aidil Muhammad Fajri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.11

Keywords:

media pembelajaran, interaktif, android, kodular, model 4D

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dengan menyebarkan angket pada kelas XI TKRO di SMK N 1 Sumatera Barat yang menunjukan 78% siswa mengakui guru menyampaikan pelajaran di depan kelas dengan metode ceramah, 41% siswa merasa bosan belajar di kelas. Tujuan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi  media pembelajaran berbasis android yang bertujuan untuk  membantu siswa di SMK N 1 Sumatera Barat khususnya XI TKRO dalam memahami dan mempelajari materi perawatan engine dan mekanisme katup secara lebih efektif dan interaktif. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi tersebut , sehingga proses pembelajaran dapat lebih menarik dan efisien.

Based on the results of an observation conducted by distributing questionnaires to the XI TKRO class at SMK N 1 Sumatera Barat, it was determined that 78% of students acknowledged that the teacher lectures in front of the class, while 41% of students felt bored during classroom instruction. The objective of developing this interactive learning media is to create an android-based interactive learning application that will help students at SMK N 1 Sumatera Barat comprehend and study engine maintenance and valve mechanisms in a more effective and interactive manner. The application is anticipated to increase student engagement and subject matter comprehension, thereby making the learning process more efficient.

References

E. S. Suyati and A. Z. Rozikin, “Belajar dan Pembelajaran,” Widina, pp. 10–27, 2018.

M Nasir, Dwi Sudarno Putra, Dedi Setiawan, W. Jurnal Pakar Pendidikan Vol. 16, No.1. Sifonoforos, 16(August 2015), 2019.

Asmariani. Konsep Media Pembelajaran PAUD. 2016.

Netriwati. Media Pembelajaran Matematika. 2019.

Fahinu. Pembelajaran Berbasis Komputer. Garut: Departemen Pendidikan Nasional. 2005.

Andrizal, A., & Arif, A. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 17(2), 1–10. 2017.

Ardi, Ana. Mobile Programming: Pengembangan Aplikasi untuk Android Phone. Yogyakarta: Skripta Media Kreatif. 2013.

Ronaldo, R., & Ardoni, A. Pembuatan Aplikasi Mobile “Wonderful of Minangkabau” sebagai Gudang Informasi Pariwisata di Sumatera Barat Melalui Website Kodular. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 2(1), 88–93. 2020.

I. Awalia, A. S. Pamungkas, and T. P. Alamsyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 10, no. 1, pp. 49–56, 2019, doi: 10.15294/kreano.v10i1.18534.

Wagino. Tugas Resume Penelitian dan Pengembangan Model 4D. Padang : UNP. 2021.

Ganefri. Panduan-Tesis-Disertasi-Revisi-20191. 2019.

A. Triyanto, “Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Siswa SMK Ma ’ arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif”.2012

Rifdarmon, R. Pengembangan Simulator Engine Trainer Integrated Active Wiring Diagram untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 31–38. 2018.

Maksum, H., & Lapisa, R. Developing Energy Conversion Teaching Material Based on Discovery Learning Model Through Scientific Approach. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(3), 114–124. 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. 2013.

Downloads

Published

2023-08-24

How to Cite

Fajri, A. M., Nasir, M., Rifdarmon, & Saputra, H. D. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Perawatan Engine dan Mekanisme Katup di SMK N 1 Sumatera Barat. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(4), 483–492. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.11

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>