Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.59Keywords:
Media Pembelajaran, ADDIE, Valid, Praktis, LuringAbstract
Pelaksanaan pembelajaran secara daring mengalami kendala keterbatasan jaringan selain itu juga belum adanya media pembelajaran yang dapat diakses secara luring dan daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi android mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif yang valid dan pratis. Pada proses penelitian menggunakan metode research & development dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian diperoleh dari uji validitas oleh ahli dan uji praktikalitas oleh responden. Hasil dari validitas oleh ahli media diperoleh tingkat pencapaian 92% dengan kategori “sangat valid” dan ahli materi 94% “sangat valid”. Hasil praktikalitas oleh guru diperoleh 94% “sangat praktis” dan oleh peserta didik 89% ”praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android yang telah dihasilkan pada penelitian ini sudah sangat valid dan praktis.
The implementation of online learning experiences problems with network limitations besides that there is also no learning media that can be accessed offline and online. The purpose of this study was to produce learning media based on android applications for valid and practical automotive engineering basic work subjects. In the research process using the research & development method with the ADDIE development model. The research results were obtained from validity tests by experts and practicality tests by respondents. The results of the validity by media experts obtained an achievement level of 92% with the category "very valid" and material experts 94% "very valid". The results of practicality by the teacher obtained 94% "very practical" and by students 89% "practical". Based on the results of the research, it can be interpreted that the android application-based learning media that has been produced in this study is very valid and practical.
References
Susanti, Rani. Teknologi Pendidikan Dan Peranannya Dalam Transformasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2). 2013.
Marfu’ah, S. I. T. I. Pendidikan Kejuruan. 2016.
Saputra, H, D., Purwanto, W., Sugiarto, T., Zaharnaini, F., Arif, A., Hidayat, F., “Efektivitas model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan,” Jurnal pendidikan, vol. 20, no. 2, 273-286, 2022.
Sanita, Debi., Maksum, Hasan,. “Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Sebagai Upaya Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19” Jurnal pendidikan, sosial, dan agama, vol. 13, no. 2 783-800. 2021.
Giatman, M,. Siswati. S,. Basri, I, Y,. “Online Learning Quality Control in the Pandemic Covid-19 Era in Indonesia” Journal of Nonformal Education, vol. 6, no. 2, 168-175. 2020.
Asyhar, R. “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Referensi. 2011.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1)
Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., ... & Purba, B. Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. 2020.
Ardi, Ana. Mobile Programming: Pengembangan Aplikasi untuk Android Phone. Yogyakarta: Skripta Media Kreatif. 2013.
Safaat, Muchamad Ali. "Toetsingsrecht–Judicial Constitutional Review." 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2007.
Rahmatita, Didis, Skripsi: "Aplikasi Edukasi Penerapan Jaringan Komputer Menggunakan Construct 2". Padang: Politeknik Negeri Padang, 2017.
Andrizal, A., Arif. A., “Pengembangan media pembelajaran interaktif pada sistem e-learning Universitas Negeri Padang,” Jurnal pendidikan, vol. 17, no. 2, 2017.
A.Pribadi, Benny. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat. 2009
Rayanto, Y. H. & Sugianti. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute. 2020.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2008.
Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti pemula. Bandung: Alfabeta. 2015.
Purwanto, N. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nasrul Hadi, Hendra Dani Saputra, Hasan Maksum, Irma Yulia Basri, Sulaeman Deni Ramdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.