Kontribusi Praktik Kerja Industri Menjadi Minat Peserta Didik Terhadap Jurusan Teknologi Alat Berat
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.45Keywords:
Praktik Kerja Industri, Minat Peserta Didik, Jurusan Teknologi Alat BeratAbstract
Praktik kerja industri dilaksanakan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) dengan kompetensi sesuai bidangnya menambah bekal di masa mendatang yang persaingannya semakin ketat. Artikel ini merupakan untuk mengetahui besarnya kontribusi praktik kerja industri menjadi minat peserta didik terhadap jurusan teknologi alat berat. Jenis penelitian yang digunakan ex-post facto. Hasil penelitiannya menggunakan statistik uji menunjukkan bahwa variabel hasil belajar praktik kerja industri (x) dan variabel jurusan teknologi alat berat (y) masing-masing menunjukkan bahwa mengalami peningkatan minat terhadap kontribusi siswa jurusan teknologi alat berat.
Industrial work practices are carried out by the Business World/ Industry World (DU/DI) with competence in accordance with their fields to add provisions in the future where competition is getting tougher. This article is to find out the magnitude of the contribution of industrial work practices to the interest of students in the heavy equipment technology major. The type of research used is ex-post facto. The results of his research using test statistics show that the variable results of industrial work practice learning (x) and the variable majoring in heavy equipment technology (y) respectively indicate that there has been an increase in interest in the contribution of students majoring in heavy equipment technology.
References
Shazrena,Farra, “ Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Hasil Belajar Mata Diklat Produktif terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 8 Muaro Jambi,” Universitas Jambi, Jambi, 2022.
Apriliani,Nurul, “ Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Di SMK Komputama Jeruklagi Kabupaten Cilacap,” Institut Agama Negeri Purwokerto, Purwokerto, 2019.
Yunanda_Fitrah, Wakhinuddin, Dwi_Sudarno_Putra,“ Identifikasi Penyebab Rendahnya Intensitas Belajar Siswa Studi Kasus : Mata Diklat Perawatan Engine dan Unit Alat Berat Kelas XI Teknik Alat Berat di SMK Negeri 2 Payakumbuh”, vol.2, no.3, pp. 140-148, 2021.
Ariyanti_Y, “ Pengaruh Praktik Kerja Industri, Status Sosial Ekonomi Keluarga, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja.” Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi, vol. 7, no. 2, pp. 671-887, 2018.
Zulaehah_A., Rustina_A., & Sakitri_W, “ Pengaruh Minat Kejuruan, Praktik Kerja Industri, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi, vol. 7, no.2, pp. 526-542, 2018.
Amelia_F. & Sojanah_J, “ Praktik Kerja Industri sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Siswa dalam Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan (Intership is a Factor that Influences Student Competence in Managing and Maintaning the Filling System),” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 4, no. 2, pp. 17-25, 2019.
Sari_R_E. & Wahyono, “ Pengaruh Praktik Kerja Industri, Motivasi Kerja dan Kompetensi Siswa terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2013 Universitas Sebelas Maret Surakarta,” Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, vol. 1, no. 2, pp. 27-40, 2020.
Wibowo_R_E & Santoso_ J_T_B, “ Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar, dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa kelas XI SMK,” Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 147-155, 2020.
Achru P_Andi. “ Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran,” Jurnal Idaarah, vol. 3, no. 2, pp. 205-215, 2019.
C_D_Prasetyo, I_S_Suja’i, dan M_A_R. Asrori, “ Pengaruh Gaya Belajar, Minat Belajar, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa kelas V SD Negeri 1 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Tuluagung,” Jurnal Pendidik Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 5744-5752, 2021.
F¬_Fauzan, Hasan_Maksum, Wawan_Purwanto, dan Eko_Indrawan, “ Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO),” Jurnal Mimbar Ilmu, vol. 26, no. 1, pp. 45-51, 2021.
Abdillah & Hidayat R. , Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori, dan Aplikasinya, Medan : LPPPI, 2019.
Nasyiin,Izzatun, “Analisis Peningkatan Mechanical Availability serta Mereduksi Biaya Perbaikan dan Perawatan Excavator dan Dumptruck Job Site Dhamahenwa Coal Project PT. Terra Factor Indonesia”, Sekolah Tinggi Industri Padang, Padang, 2020.
Sudarman, Adi Setiawan, Bahan Ajar Teknik Alat Berat, Semarang : PTO UNNES, 2019.
Mohammad Adnan Latief, Gunawan Adnan, Rukminingsih, Metode Penelitian Pendidikan : Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan Kelas, Yogyakarta : Erhaka Utama, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Dava Lencana, Wawan Purwanto, Wakhinuddin, Hasan Maksum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.