Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pemberian Tugas Observasi Lapangan di SMKN 1 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.22Keywords:
Learning Outcomes, Field Observation, Basic Automotive EngineeringAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar yang diperoleh siswa di kelas X TKR 1 SMKN 1 Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian praeksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah 35 siswa kelas X TKR 1. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa (pre test dan post test) yang bentuk soalnya objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji chi kuadrat, uji t-test sampel, dan gain score. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan pemberian tugas observasi lapangan. Hasil perhitungan chi kuadrat menunjukkan data berdistribusi normal. Sedangkan hasil belajar siswa pada pre test sebesar 58,82 dan hasil belajar post test sebesar 83,62. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian tugas observasi lapangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata mata pelajara PDTO khususnya matadiklat alat ukur mekanik di SMKN 1 Bukittinggi.
The lack of learning outcomes obtained by student in class X TKR 1 SMKN 1 Bukittinggi. This type of research is pre-experimental research. The sample of this study were students of class XTKR 1 with a total of 35 students. The instrument used is a test of student learning outcomes (pre-test and post-test) with and objective from of 30 question. The data obtained were analyzed using the chi squaretest, sample t-test, and gain score. Based on the research that has been done of giving field observations. The result of the chi squared calculation show that the data is normally distributed. Meanwhile, student leraning outcomes in the pre-test were 58,82 and post-test learning outcomes were 83,62. This show that of giving field observation assigment can improve student learning outcomes in PDTO subjects, especially on Mechanical Measuring Tools’s topic at SMKN 1 Bukittinggi.
References
Syah, Muhibbin, “Psikologi Belajar”, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Mamonto, C, “Penggunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Buah di TK Lestari”, Jurnal Vulome 1 Nomor 2 Tahun 2020, Unima, 2020.
Sugiyono, “Statistika untuk Penelitian”, Bandung : Alfabeta, 2007.
Siregar, S, “Statistik Terapan untuk Penelitian,” Jakarta: Gramedia, 2004.
Meltzer, “Analyzing Change/Gain score”, http://www.physics.indiana.edu, 2002.
Potaboga, Riskiyanto, “Metode pemberian Tugas Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI SMA NEGERI 1 Bolaang”, Skripsi, Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Ohoirat, Nurul Fatima, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA melalui Pemberian Tugas Terstruktur pada Pokok Bahasan momentum dan Impuls”, Jurnal Volume 1 Nomor 2 tahun 2022. Iain Ambon, 2022.
Bainah, Bain, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Globalisasi Menggunakan Metode Pemberian Tugas Pada Siswa kelas VI MIN Parandakan Kabupaten Tapin”, Skripsi, Uin Antasari, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahmad Rahmad, Wakhinuddin S, Milana Milana, Wawan Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.