Perancangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Pengkondisian Udara

Authors

  • Danmi Rahmat Hades Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Andrizal Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Irma Yulia Basri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Muslim Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.206

Keywords:

Penggunaan Media, Video Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan, Sistem Pengkondisian Udara

Abstract

Keterbatasan jumlah dan kualitas media pembelajaran dalam pendidikan menghambat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video pembelajaran yang dapat mendukung pendidik dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D), dengan partisipasi ahli materi, ahli media, dan mahasiswa yang mengambil matakuliah teknologi pengkondisian udara di Universitas Negeri Padang dengan jumlah 75 mahasiswa. Instrumen penelitian ini mencakup penggunaan kuisioner atau angket yang diisi oleh para ahli untuk mengevaluasi validitas media yang dikembangkan, serta oleh mahasiswa untuk menilai praktikalitasnya. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif, dan respons dari peserta dikonversi menjadi nilai berdasarkan skala Likert. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan masuk dalam kategori valid dan praktis, sehingga dapat efektif digunakan dalam pembelajaran di dalam atau di luar kelas oleh individu.

The limited number and quality of learning media in education hinders students' understanding of the material being taught. This research aims to develop a learning video that can support educators in the learning process. The research method used was research and development (R&D), with the participation of material experts, media experts, and 75 students taking air conditioning technology courses at Padang State University. This research instrument includes the use of questionnaires filled out by experts to convey the validity of the media being developed, as well as by students to assess its practicality. Data analysis was carried out using descriptive analysis methods, and responses from participants were converted into scores based on a Likert scale. The evaluation results show that the media developed is in the valid and practical category, so that it can be effectively used in learning inside or outside the classroom by individuals.

 

References

Yulia Basri, Irma, Nizwardi Jalinus, and Syaiful Islami. 2022. “JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) Rancang Bangun Video Pembelajaran Kapasitor Pada Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika.” 8(2): 476–83. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.114640.

Junaidi, Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan 3(1): 45–56. doi:10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Zaini, Herman, and Kurnia Dewi. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1): 81–96. doi:10.19109/ra.v1i1.1489.

Yudianto, Arif. 2017. “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.” Seminar Nasional Pendidikan 2017: 234–37.

Sulistyanto, H., & Nugroho, A. (2015). Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Pada Manusia Berbasis Web. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (Snati) Jurnal Mimbar Ilmu 185 2015, 35–38. Https://Journal.Uii.Ac.Id/Snati/Article/Viewfile/3553/3144

Tamara, M. F., Tulenan, V., Paturusi, S., Elektro, T., Sam, U., & Manado, J. K. B. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 377–386. Https:// Doi. Org/ 10. 35793/ Jti.14. 3.2019.27132

Junaidi, Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan 3(1): 45–56. doi:10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Basri Irma Yulia, Arsyfadhillah, D Irfan, dan M Thamrin, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mini Trainer IC 555,” Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 18, no. 2, 2018.

Purwanti Budi, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure,” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, vol. 3, no. 1, 2015.

Albitar, K., Gerged, A. M., Kikhia, H., & Hussainey, K. 2020. “Auditing in time of social distancing: the effect of COVID-19 on auditing quality.” International Journal of Accounting & Information Management. doi:10.1108/IJAIM-08- 2020-0128.

Ahdar Djamaludin dan Wardana, 2019 Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, Sulawesi Selatan : CV Kaffah Learning Center.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3(2): 333. doi:10.24952/fitrah.v3i2.945.

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. 2019. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, S. 2017. “Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training.” Kelola Journal Manajemen Pendidikan, Halaman: 37-47.

Hasan, Muhammad, Sitti Rapika, M. Ihsan Said Ahmad, Tuti Supatminingsih, and Mustari Mustari. 2021. “Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Berbasis Strategi Diversifikasi Konsentris Untuk Meningkatkan Kualitas Usaha Produksi Minyak Cengkeh.” Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis 26(2): 72. doi:10.20961/jkb.v26i2.48391.

Sa’diyah, Tsaniyatus. “Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Di Ma’had Al-Jami’ah Dalam Mencetak Penghafal Al-Qur’an.” Institut Agama Islam Negeri Curup, 2023.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1): 171. doi:10.33511/misykat.v3n1.171.

Alex Sandra Zalman, Irma Yulia Basri, Andrizal, Muslim. 2024. “Perancangan Video Pembelajaran Sistem Kelistrikan Bodi Kendaraan Pada AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Designing Learning Videos for Vehicle Body Electrical Systems in Light Vehicle Electrical Maintenance Subjects Perancan.” (December 2023). doi:10.24036/aeej.v4i2.195.

Andrizal, Andrizal, and Ahmad Arif. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 17(2): 1–10. doi:10.24036/invotek.v17i2.75.

R. Trijono, “Alternatif model analisis peraturan perundang-undangan,” Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, vol. 1, no. 3, pp. 361–374, 2012.

M. V. Aguayo Torrez, “Aanalisis Ragam Bahasa Istilah Dalam Iklan Pariwisata Di Media Digital Pada Masa Pandemi COVID-19,” JOURNEY, vol. 4, no. 1, pp. 19–42, 2021.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik Oleh: Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35. Https:// Journal. Uny. Ac. Id/I Ndex. Php/ Jep/Article/View/706

Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2009). Desain Multimedia Pembelajaran I Gde Wawan Sudatha I Made Tegeh Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Maesaroh, S., & & Malkiah, N. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Sisfotek Global, 5(1), 81–86. Https:// Stmikglobal. Ac.Id/ Journal/I Ndex. Php /Sisfotek /Article/View/71/73

Nusantara, D. B., Irawan, H., & Si, M. (2012). Perancangan Boardgame Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Sd Kelas 1. Jurnal Sains Dan Seni Its, 1(1), 22–27. Http://Ejurnal.Its.Ac.Id/Index.Php/Sains_Seni/Article/View/503

Tamara, M. F., Tulenan, V., Paturusi, S., Elektro, T., Sam, U., & Manado, J. K. B. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 377–386. Https:// Doi. Org/ 10. 35793/ Jti.14. 3.2019.27132

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik Oleh: Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35. Https:// Journal. Uny. Ac. Id/I Ndex. Php/ Jep/Article/View/706

Nida, Dewa Made A A, & Dkk. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Https:// Ejournal. Undiksha .Ac. Id/ Index. Php/ Jeu/ Article/View/25393/15846

Hernando, F., Yulia Basri, I., Alwi, E., & Purwanto, W. (2022). Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Pada Mata Pelajaran Listrik Elektronika. RESEARCH IN EDUCATION AND TECHNOLOGY (REGY), 1(1). https://doi.org/10.56248/regy.v1i1.73.

Abidi, Syahril Farkhan. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video tutorial Sistem Pengapian Eelektronika ESA Pada Prodi Pendidikan Teknik Ootomotif.

Yulia Basri, Irma, Nizwardi Jalinus, and Syaiful Islami. 2022. “JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) Rancang Bangun Video Pembelajaran Kapasitor Pada Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika.” 8(2): 476–83. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.114640.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Rahmat Hades, D., Andrizal, Yulia Basri, I., & Muslim. (2024). Perancangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Pengkondisian Udara . JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 401–410. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.206

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>