Pengembangan Media Video Pembelajaran Sensor Throttle Position Sensor pada Mata Kuliah Sensor Tranduser di Departemen Teknik Otomotif

Authors

  • Taufik Maulana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Andrizal Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Irma Yulia Basri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.263

Keywords:

Media Video Pembelajaran, Throttle Position Sensor, Valid dan Praktis

Abstract

Penelitian didahului dengan observasi kepada mahasiswa departemen teknik otomotif UNP yang tidak memahami tentang sensor throttle position sensor terutama cara diagnosis dan cara pengukurannya. Tujuan riset pengembangan media video pembelajaran throttle position sensor pada mata kuliah sensor tranduser. Melakukan pembuatan video pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dan dapat mudah dipahami. Media video pembelajaran dikembangkan dengan metode Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Analisis yang dilakukan berupa valid dan praktis dari media video pembelajaran yang dikembangkan. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh nilai CVI 0,9123, dan oleh ahli media memperoleh nilai sebesar 0,8125 . Hasil nilai praktikalitas dari mahasiswa sebesar 85,33%, maka video pembelajaran yang telah dikembangkan adalah video pembelajaran yang valid dan praktis serta layak digunakan dalam pembelajaran.

The research was preceded by observing students from the UNP automotive engineering department who did not understand the throttle position sensor, especially how to diagnose it and how to measure it. The aim of the Throttle Position Sensor learning video media research in the transducer sensor course is to create learning videos that can help students and are easy to understand. Learning video media was developed using the Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) method. The analysis carried out was in the form of valid and practical of the developed learning video media. The validation results by material experts obtained a CVI value of 0.9123, and by media experts obtained a value of 0.8125. The results of the practicality value from students were 85.33%, so the learning video that has been developed is a valid and practical learning video and is suitable for use in learning.

References

A. Cahyadi, Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia, 2019.

P. Darma Wisada, I. Komang Sudarma, and I. Wayan Ilia Yuda S, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter,” J. Educ. Technol., vol. 3, no. 3, pp. 140–146, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/21735

F. Yuanta, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar,” Trapsila J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 02, p. 91, 2020, doi: 10.30742/tpd.v1i02.816.

L. Qurrotaini, T. W. Sari, and V. H. Sundi, “Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring”.

B. Taib and N. Mahmud, “Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1799–1810, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1842.

E. E. Supriyanto, Media Pembelajaran Efektif di Perguruan Tinggi. 2021.

Y. Yendrita and Y. Syafitri, “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi,” BIOEDUSAINS J. Pendidik. Biol. dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 26–32, 2019, doi: 10.31539/bioedusains.v2i1.620.

S. Hafizah, “Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika,” J. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 2, p. 225, 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i2.2656.

S. Maulani, N. Nuraisyah, D. Zarina, I. Velinda, and A. N. Aeni, “Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 539–546, 2022, doi: 10.52436/1.jpti.134.

K. Ardiman, M. B. Tukan, and A. B. Baunsele, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Praktikum Dalam Pembelajaran Daring Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 5 Pocoranaka,” J. Beta Kim., vol. 1, no. 1, pp. 22–28, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jbk/article/view/5130

M. R. Apriansyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta,” J. PenSil, vol. 9, no. 1, pp. 9–18, 2020, doi: 10.21009/jpensil.v9i1.12905.

G. Febrianto, S. Sulton, and H. Praherdiono, “Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Pelatihan Instalasi Tenaga Listrik,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 149–157, 2020, doi: 10.17977/um038v3i22020p149.

I. E. Ikhwandi and I. Y. Basri, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Dasar Kelistrikan Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, p. 72, 2020, doi: 10.24036/jtev.v6i2.108113.

S. ASTUTIK, “Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Gurah,” Sci. Eng. Educ. Dev. Stud. Conf. Ser., vol. 4, no. 2, pp. 80–86, 2021, doi: 10.20961/seeds.v4i2.56735.

I. Yulia Basri, N. Jalinus, and S. Islami, “JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) Rancang Bangun Video Pembelajaran Kapasitor Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika,” vol. 8, no. 2, pp. 476–483, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.114640

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Alamsah et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Motor Bensin Berbasis Android,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. 3, pp. 399–410, 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i3.99.

N. Hadi, H. Dani Saputra, H. Maksum, I. Yulia Basri, and S. Deni Ramdani, “Development of Android Application-Based Learning Media for Automotive Engineering Basic Work Subjects,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. 2, pp. 251–266, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.59

F. Hernando, I. Y. Basri, E. Alwi, and W. Purwanto, “Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Pada Mata Pelajaran Listrik Elektronika,” Res. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 68–75, 2022, doi: 10.62590/regy.v1i1.73.

R. Marta, M. Giatman, H. Maksum, and R. Hikmah, “Media animasi Powtoon: meningkatkan literasi digital guru,” J. Educ. J. Pendidik. Indones., vol. 9, no. 2, p. 952, 2023, doi: 10.29210/1202323332.

E. Suherman and I. Y. Basri, “Pengembangan Video Pembelajaran Peralatan Servis Pada Mata Kuliah Teknik Pengkondisian Udara di Departemen Teknik Otomotif Development Of Service Equipment Learning Videos In The Air Conditioning Engineering Course In The Department Of Automotive Engineering,” no. September, pp. 501–508, 2024.

R. Nofianto, A. Andrizal, and W. Wagino, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian Berbasis Software Lectora Inspire pada Program KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,” Educ. Journals, vol. 7, p. 2, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view/3528

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Maulana, T., Andrizal, Maksum, H., & Yulia Basri, I. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sensor Throttle Position Sensor pada Mata Kuliah Sensor Tranduser di Departemen Teknik Otomotif. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(1), 565–574. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.263

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>