Analisis Penambahan Shim Pegas Kopling terhadap Akselerasi dan Top speed pada Sepeda Motor Yamaha V-Ixion

Authors

  • Giyano Lesmana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Lasyatta Syaifullah Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.61

Keywords:

Shim Pegas Kopling, Akselerasi, Top Speed

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan shim pegas kopling terhadap akselerasi dan top speed pada sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan objek penelitiannya adalah sepeda motor Yamaha V-Ixion. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara langsung pada sepeda motor Yamaha V-Ixion. Hasilnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase, membandingkan nilai akselerasi dan top speed saat dilakukan penambahan shim pegas kopling dan sebelum penambahan shim pegas kopling (kondisi standar). Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan shim pegas kopling 4 mm merupakan penambahan shim yang paling ideal karena dapat meningkatkan akselerasi dan top speed dengan peningkatkan top speed 70,276 akselerasi 3,28 dengan penambahan shim jika dibandingkan dengan kondisi standar top speed 68,9, dan standar akselerasi 3,17.   

This research aims to analyze the impact of adding clutch spring shims on the acceleration and top speed of a motorcycle. The research employs an experimental method with the research object being the Yamaha V-Ixion motorcycle. Data collection in this study is carried out by collecting data directly from the Yamaha V-Ixion motorcycle. The results are analyzed using descriptive percentage analysis techniques, comparing the acceleration and top speed values before and after adding clutch spring shims (standard condition). Based on the research, it can be concluded that the addition of a 4 mm clutch spring shim is the most ideal as it can enhance both acceleration and top speed, with a top speed increase of 70.276 and an acceleration increase of 3.28 compared to the standard condition, where the top speed is 68.9, and the standard acceleration is 3.17.

References

Saiqudin, M., & RIJAL, S. (2018). Analisa Variasi Material Poros dan Variasi Jarak Tumpuan Terhadap Putaran Kritis (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945).

Primartadi, A., Maulana, A., & Jatmoko, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran sistem kopling teknologi sepeda motor pada pendidikan tinggi. Jurnal Taman Vokasi, 9(2), 161-166.

Sutarna, I. N., Antara, I. N. L., Suherman, I. K., & Adi, I. K. (2022). Analisis modifikasi sistem kopling otomatis ke sistem kopling manual terhadap akselerasi sepeda motor Supra-X tahun 2014. Journal of Applied Mechanical Engineering and Green Technology, 3(1), 13-17.

Jama, J. Dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 3. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Setiawan, F. A., & Masugino, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMELIHARA KOMPONEN KOPLING. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 19(1).

Wahyudi, W. (2020). Pengaruh Jumlah Pegas Kopling terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Supra X 100 cc. Automotive Science and Education Journal, 9(1), 37-42.

Putra, A. A. B. (2020). Pengaruh Penambahan Shim Pada Pegas Kopling Terhadap Akselerasi Suzuki Satria F 150 Tahun 2014 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Pasaribu, P. S. (2019). Eksperimen Pengaruh Variasi Pegas Kopling Terhadap Gaya Dorong dan Percepatan Pada Kendaraan TIGER SPORTY 200 cc. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 7(1).

Akhmadi, A. N., & Qurohman, M. T. (2017). Analisis Pengaruh Ketebalan Shim terhadap Perubahan Tekanan Pengabutan Nozzle Tipe Satu Lubang pada Isuzu Panther. SINTEK JURNAL: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 11(2), 69-78.

Surya, A., & Ramadhony, H. K. (2020). MODIFIKASI GEARBOX CLOSE RATIO UNTUK MENINGKATKAN AKSELERASI SEPEDA MOTOR KAWASAKI NINJA RR 150CC. JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin, 1(2), 75-84.

Syarifudin, “Perbandingan Akselerasi Mobil Listrik TUXUCI Menggunakan Sistem Penggerak Model Gear Rasio Dengan Model In Wheel,” Jurnal Nozzle, vol. 5 nomor 2, Jun 2016.

Junaidi, A., Rifdarmon, R., Purwanto, W., & Maksum, H. (2023). Analisis Penggunaan Variasi Driven Face Spring Terhadap Torsi, Daya Dan Top Speed Pada Sepeda Motor Honda Vario All New 125 cc. JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(1), 75-84.

Alwi, D. S. Putra, dan H. Khoiri, “VEHICLE FUEL SAVING TEST WITH LIMITATION OF ROTATION MACHINES,” 47 | VANOS Journal Of Mechanical Engineering Education, vol. 2, no. 1, 2017, [Daring]. Available: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Lesmana, G., Sugiarto, T., Wagino, W., Arif, A., & Syaifullah, L. (2023). Analisis Penambahan Shim Pegas Kopling terhadap Akselerasi dan Top speed pada Sepeda Motor Yamaha V-Ixion. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 433–444. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.61

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>