Korelasi Antara Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TSM di SMK N 1 Padang Gelugur
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.180Keywords:
Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Vokasi, Korelasi Disiplin dan Prestasi, SMKAbstract
Temuan rendahnya prestasi belajar di SMK Negeri 1 Padang Gelugur, menjadi salah satu faktornya adalah kurangnya kedisiplinan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara tingkat kedisiplinan belajar dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Dari 73 orang siswa kelas XI TSM di SMK N 1 Padang Gelugur, dengan menggunakan Teknik simple random sampling diambil sampel sebanyak 42 orang. Data dikumpulkan melalui angket tentang disiplin belajar siswa dan dokumentasi nilai ujian. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar siswa sebesar 0,670 dengan kekuatan korelasi kuat. Implikasi temuan ini adalah pentingnya meningkatkan kedisiplinan belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar mereka. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi hubungan antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar siswa.
One of the reasons for the low learning achievement at SMK Negeri 1 Padang Gelugur is a lack of discipline in learning. This study aims to investigate the relationship between the level of learning discipline and student achievement. The research method used is quantitative with a correlational research design. From 73 class XI TSM students at SMK N 1 Padang Gelugur, using a simple random sampling technique, 42 people were sampled. Data was collected through questionnaires on student learning discipline and documentation of test scores. The results of the data analysis showed a significant relationship between learning discipline and student achievement of 0.670 with a strong correlation. The implication of these findings is the importance of improving student learning discipline to improve their learning achievement. Suggestions for future research are to explore other factors that might influence the relationship between learning discipline and student achievement.
References
T. Irwani, “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Banda Aceh,” Jurnal Sosial Humaniora Sigli, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, Des 2020, doi: 10.47647/jsh.v3i2.317.
S. M. Sholikhah, Mujiburrohman, dan I. Nurhidayati, “Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Moral Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam,” Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 5, no. 2, Art. no. 2, 2023, doi: 10.31949/am.v5i2.8041.
D. Oktavia, N. Cahya, A. Haris, dan F. Amaliyah, “Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Sadang,” Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Jul 2023, doi: 10.22021/pacu.v3i1.405.
D. Feramitha, “Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 26 Kota Malang,” Thesis, Universitas Islam Malang, 2020. Diakses: 4 April 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/835
V. Wahab, N. Rahman, dan M. Fitri, “Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere,” Economic and Education Journal (Ecoducation), vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Mar 2021, doi: 10.33503/ecoducation.v3i1.1182.
H. Hasyim dan D. Rodifah, “Pengaruh Kedisiplinan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak,” IBTIDA’, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Apr 2020, doi: 10.37850/ibtida.v1i1.117.
W. Wagino, H. Maksum, W. Purwanto, K. Krismadinata, S. Suhendar, dan R. D. Koto, “Exploring the Full Potential of Collaborative Learning and E-Learning Environments in Universities: A Systematic Review,” TEM Journal, hlm. 1772–1785, Agu 2023, doi: 10.18421/TEM123-60.
O. Viberg, M. Khalil, dan M. Baars, “Self-regulated learning and learning analytics in online learning environments: a review of empirical research,” dalam Proceedings of the Tenth International Conference on Learning Analytics & Knowledge, dalam LAK ’20. New York, NY, USA: Association for Computing Machinery, Mar 2020, hlm. 524–533. doi: 10.1145/3375462.3375483.
Y. Gambo dan M. Z. Shakir, “Review on self-regulated learning in smart learning environment,” Smart Learn. Environ., vol. 8, no. 1, hlm. 12, Jul 2021, doi: 10.1186/s40561-021-00157-8.
A. F. Noveli, H. Maksum, M. Nasir, dan N. Hidayat, “Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Jun 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i2.67.
T. Taqwa, A. Wiratman, A. Alimuddin, H. Thaha, T. Tahrim, dan M. I. Setyawan, “Optimalisasi Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo,” Journal of Cross Knowledge, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Jan 2024.
A. Narimo, “Pengaruh Fasilitas, Motivasi, dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar MIPA di Sekolah Menengah Atas,” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 6, no. 2, Art. no. 2, Feb 2020, doi: 10.20961/jpi.v6i2.46973.
H. D. Saputra, T. Sugiarto, W. Purwanto, F. H. Afifi, F. Hidayat, dan E. Alwi, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK,” AEEJ, vol. 3, no. 2, hlm. 105–112, Des 2022, doi: 10.24036/aeej.v3i2.138.
D. Talelu, O. Mamoh, dan K. Y. Klau, “Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun,” Numeracy, vol. 9, no. 1, hlm. 39–51, Apr 2022, doi: 10.46244/numeracy.v9i1.1741.
H. D. Saputra, F. Ismet, dan A. Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” INVOTEK, vol. 18, no. 1, hlm. 25–30, Apr 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.
S. Maimunah dan R. Islam, “Membentuk Karakter dan Menigkatkan Kedisplinan Peserta Didik Melalui Apel Pagi,” SE, Agu 2022, Diakses: 4 April 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/7
H. Hidayah, “Korelasi Sikap Keberagamaan dan Konsep Diri dengan Kedisiplinan Peserta Didik di MAN 2 Mataram,” Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Jan 2022.
S. Subaidi, “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik,” Journal of Education and Teaching (JET), vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Jan 2023, doi: 10.51454/jet.v4i2.233.
R. Wijayanti dan A. R. Hakim, “Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan,” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 0, Art. no. 0, Jun 2023, Diakses: 4 April 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6537
D. I. Rahmawati dan B. Rosy, “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran,” Journal of Office Administration : Education and Practice, vol. 1, no. 2, hlm. 108–123, Jul 2021, doi: 10.26740/joaep.v1n2.p108-123.
S. T. Umaroh, S. Soeryanto, W. Warju, dan S. Muslim, “Peningkatan Kualitas Proses dan Prestasi Belajar Siswa SMK Teknik Otomotif dengan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Jan 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.2068.
D. Setiawan, R. Rifdarmon, D. Yuvenda, dan M. Nasir, “Pengaruh Metode Diskusi Menggunakan Aplikasi Zoom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Mar 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.1870.
H. Maksum, D. Yuvenda, dan W. Purwanto, “Improvement of Metacognitive and Critical Thinking Skills through Development of a ‘Teaching Factory Based on Troubleshooting’ (TEFA-T) Model in Automotive Vocational Learning,” Journal of Turkish Science Education, vol. 19, no. 3, Art. no. 3, Okt 2022, Diakses: 20 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.tused.org/index.php/tused/article/view/1831
R. Roswirman dan E. Elazhari, “Pengaruh Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Era New Normal di SMK Swasta PAB 2 Helvetia,” All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, vol. 1, no. 4, Art. no. 4, 2021, doi: 10.58939/afosj-las.v1i4.139.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
A. Tanzeh dan S. Arikunto, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, vol. 43, hlm. 22–34, 2020.
A. Hamzah, Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.
N. Sari, V. Ramadhani, dan E. Tridiana, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii di MTsN 1 Bukit Tinggi,” Jurnal Citra Pendidikan, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Jan 2024, doi: 10.38048/jcp.v4i1.3194.
S. Noor, O. Tajik, dan J. Golzar, “Simple Random Sampling,” International Journal of Education & Language Studies, vol. 1, no. 2, hlm. 78–82, Des 2022, doi: 10.22034/ijels.2022.162982.
S. P. Hengky Makka, “Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Ebenheizer Pada Semeter Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019,” Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), vol. 4, no. 2, hlm. 75–79, Mei 2021.
P. P. Riwana, S. Syahril, I. Irsyad, dan S. Sulastri, “Kedisiplinan Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran di SMK N 6 Padang,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 2, hlm. 4349–4357, Agu 2021, doi: 10.31004/jptam.v5i2.1556.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chintya Meyuline, Hasan Maksum., Rifdarmon., Hendra Dani Saputra., Budi Alam Kasuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.