Hubungan Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO SMK Negeri 2 Solok

Authors

  • Zamzami Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Erzeddin Alwi Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin S Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.98

Keywords:

Siswa SMK, Fasilitas, Hasil belajar siswa

Abstract

Pendidikan berkualitas ditandai oleh proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa yang dicapai. Namun, beberapa siswa belum mencapai standar kelulusan. Ini bisa berkaitan dengan ketersediaan fasilitas praktikum sekolah yang memengaruhi keterampilan dan pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara kelengkapan fasilitas bengkel otomotif dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PMKR kelas XI TKR. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasi, yang mengumpulkan data untuk menentukan hubungan antara variabel. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan metode statistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa fasilitas bengkel memiliki hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa kelas XI PMKR di SMKN 2 Solok, dengan koefisien korelasi r hitung (0,613) > r tabel (0,312), dan t hitung > t tabel (4,908 > 2,02269) pada tingkat signifikansi α = 0,05.

Quality education is characterized by the learning process and the academic achievements of students. However, some students have not reached the graduation standards. This could be related to the availability of school laboratory facilities, which can impact the skills and knowledge of students. This research aims to evaluate the relationship between the completeness of automotive workshop facilities and the academic performance of students in the subject of PMKR in the 11th-grade TKR class. The research method used is a correlation study, which collects data to determine the relationship between variables. Data analysis is conducted qualitatively and quantitatively using statistical methods. The results of hypothesis testing show that workshop facilities have a positive and significant relationship with the academic performance of 11th-grade PMKR students at SMKN 2 Solok, with a correlation coefficient of r observed (0.613) > r table (0.312), and t observed > t table (4.908 > 2.02269) at a significance level of α = 0.05.

References

Jasman dkk. (2018). Presepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 5 Padang.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11

Aif, A., Muslim, M., Wagino, W., Hidayat, N., & Setiwan, M. Y. (2020). Keterampilan Tuna Karya Bidang Perawatan dan Service Sepeda Motor.

Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Alwi,E., Harahap,M., Fernandes,D., & Milana,M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI TKR SMK Negeri 2 Padang Sidempuan. EER, vol. 4,(3),231-236.

Taufiqur, R. (2018). Aplikasi Model Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.

Maksum, H., & Nasir, M. (2023). Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Lintau Buo. Vol.1(1)

Nana Sudjana. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sulis Prianto. 2013. Pengaruh Kemandirian dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan. Vol.2(1).

M. Nur Ghufron & Rini Risnawati. 2017. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto. 2018. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar.

Mulyanto, M., Purwanto, W., Maksum, H., & Indrawan, E. (2021). Kontribusi Disiplin Belajar, Efikasi Diri dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 85-94.

Fauzan, F., Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO). Mimbar Ilmu, 26(1), 45-51.

Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfa, N. (2020). Pengaruh Ketersedian Bengkel Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika, skripsi, UIN Ar-raniry Banda Aceh

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Zamzami, Alwi, E., S, W., & Sugiarto, T. (2023). Hubungan Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO SMK Negeri 2 Solok. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(4), 509–520. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.98

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>