Kontribusi Pengalaman Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKK Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMKN 1 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.270Keywords:
Minat Berwirausaha, Pengalaman Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Sekolah Menengah kejuruan (SMK) dalam menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi eksklusif, berupaya untuk mendidik tamatannya menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi wirausahawan. Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui kontribusi pengalaman belajar dan motivasi belajar pada mata pelajaran PKK terhadap minat berwirausaha siswa di SMKN 1 Bukittinggi. Penelitian deskriptif dengan jenis korelasional serta survei. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas XI teknik otomotif SMKN 1 Bukitinggi dan populasi sebanyak 90 orang, menggunakan rumus slovin didapatkan sampel sebanyak 48 orang. Penelitian ini mengunakan kuesioner dalam bentuk Gform. Teknik analisis yang digunakan yakni uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji T, uji F, koefisien determinasi serta uji multikolinearitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya dampak positif serta signifikan antara pengalaman belajar serta motivasi belajar terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik otomotif SMKN 1 Bukittinggi.
Vocational High Schools (SMK) in producing graduates who have exclusive competencies, strive to educate their graduates using the knowledge and skills needed to become entrepreneurs. This study was conducted to determine the contribution of learning experiences and learning motivation in PKK subjects to students' entrepreneurial interests at SMKN 1 Bukittinggi. Descriptive research with correlational and survey types. The subjects of this study were class XI automotive engineering students of SMKN 1 Bukitinggi and a population of 90 people, using the slovin formula, a sample of 48 people was obtained. This study used a questionnaire in the form of Gform. The analysis techniques used were simple linear regression tests, multiple linear regression tests, T tests, F tests, coefficients of determination and multicollinearity tests. The conclusion of this study is that there is a positive and significant impact between learning experiences and learning motivation on the entrepreneurial interests of class XI students of the Automotive Engineering Department of SMKN 1 Bukittinggi.
References
Eka Putra, A. 2019. Kontribusi minat berwirausaha terhadap prestasi belajar mata diklat sistem kelistrikan otomotif siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Teknologi Plus Padang. Fakultas Teknik.UNP, Padang.
Setiawan, N. 2020. Pengembangan modul pada mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan untuk siswa kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif SMKN 2 Pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Yulianto, A. R. (2021). Kontribusi Lingkungan dan Pembelajaran Wirausaha dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 94-103.
Ristina, C. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Di Bidang Jasa Boga Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Keluarga, 5.
H. Saputra, S. Anori, D. Fernandez, and D. Setiawan, “Analysis of student’s learning outcomes test questions Department of Automotive Engineering FT UNP”, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 22, no. 1, pp. 21-28, May 2022.
H. Saputra, T. Sugiarto, W. Purwanto, F. Afifi, F. Hidayat, and E. Alwi, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK”, AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. 3, no. 2, pp. 105-112, Dec. 2022.
Falah, A. 2019. Buku Daros: Meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar. STAIN Kudus.
Sanjaya, W. 2018. Strateg pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. kencana media group, jakarta.
Wiyani, N. A. 2019. Karakter anak usia dini (panduan orang tua dan guru dalam membentuk kemandirian dan kedisiplinan anak usia dini. Ar-ruzz media, Yogyakarta.
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Nashar. 2014. Peranan Motivasi dan kemampuan awal. Delia Press, jakarta.
A. J. A. Sabah, E. Alwi, W. S, and H. Dani Saputra, “Hubungan Motivasi Belajar Siswa XI TKRO Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKKR DI SMKN 1 Bukittinggi”, jtpvi, vol. 1, no. 2, pp. 201–208, Jun. 2023.
A. Candra, H. Dani Saputra, M. Nasir, and N. Hidayat, “Hubungan Kecukupan Peralatan Praktik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat”, jtpvi, vol. 1, no. 2, pp. 241–250, Jun. 2023.
Yoga Sepriadi, H. D. Saputra, Wagino, and Muslim, “Kontribusi Kelengkapan Peralatan Praktikum Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Kuliah Teknologi Pengecatan Mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang”, jtpvi, vol. 2, no. 3, pp. 327–336, Jun. 2024.
Slameto. (2020). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka cipta, Jakarta.
Naufal Alifka, D. S. Putra, Wagino, A. Arif, and Rusdiman, “Pengaruh Minat Belajar dan Latar Belakang Ekonomi Orang Tua Terhadap Keinginan Siswa SMK Negeri 4 Solok Selatan untuk Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi”, jtpvi, vol. 1, no. 3, pp. 353–360, Aug. 2023.
A. F. Noveli, H. Maksum, M. Nasir, and N. Hidayat, “Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua”, jtpvi, vol. 1, no. 2, pp. 217–226, Jun. 2023.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deni Setiadi, Milana, Hasan Maksum, Muslim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.