Hubungan Prestasi Belajar Siswa Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI TKR di SMKN 1 Sumatera Barat

Authors

  • Aina Ramiza Harahap Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.169

Keywords:

Prestasi Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Minat Melanjutkan Pendidikan, Learning Achievement, Parental Education Level, Interest in Continuing Education

Abstract

Terdapat dua hal yang memengaruhi keinginan seseorang untuk meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi, yaitu internal seperti prestasi belajar dan eksternal tingkat pendidikan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pencapaian hasil belajar siswa dan jenjang pendidikan orang tua dengan keinginan siswa kelas XI TKR di SMKN 1 Sumatera Barat meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Penggunaan metode penelitian adalah kuantitatif tipe ex-post facto. Analisis data diterapkan dengan analisis regresi berganda. Analisis koefisien determinasi R² sebesar 0,686, yang berarti 68,6% variasi dalam keinginan siswa untuk meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dapat dijelaskan oleh pencapaian belajar dan jenjang pendidikan orang tua. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif antara pencapaian hasil belajar serta jenjang pendidikan orang tua dengan keinginan siswa meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

There are two factors influencing an individual's desire to pursue higher education: internal factors such as academic achievement and external factors like the parents' educational level. This study aims to explore the correlation between students' academic achievement and the educational level of parents with the desire of 11th-grade TKR students at SMKN 1 West Sumatra to continue their education to the university level. The research method used is a quantitative ex-post facto type, where the study is conducted after an event has taken place. Data analysis is applied through multiple regression analysis. The analysis of the coefficient of determination R² is 0.686, meaning that 68.6% of the variation in students' desire to continue their education to the university level can be explained by academic achievement and the educational level of parents. The positive relationship found in the research results indicates a correlation between academic achievement and the educational level of parents with students' desire to pursue higher education.

References

O. Oktariani, “Peranan Self Efficacy dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,” Jurnal Psikologi Kognisi, vol. 3, no. 1, hlm. 45–54, 2018.

W. Wagino, A. Dasla, H. Maksum, dan D. Fernandez, “Kontribusi Mata Pelajaran PKKJ Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh,” Ensiklopedia of Journal, vol. 5, no. 3, Art. no. 3, Jan 2023, doi: 10.33559/eoj.v5i3.1555.

B. M. A. I. A dan W. Wakhinuddin, “Mengidentifikasi Kendala Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berdasarkan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Pada Mata Kuliah Perawatan Kendaraan Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang,” 1, vol. 2, no. 4, Art. no. 4, Des 2021, doi: 10.46574/mted.v2i4.70.

T. Heri, “Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa,” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, vol. 15, no. 1, Art. no. 1, Feb 2019, doi: 10.31000/rf.v15i1.1369.

A. F. Noveli, H. Maksum, M. Nasir, dan N. Hidayat, “Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Jun 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i2.67.

H. Hariyadi, N. Jalinus, R. Ridwan, dan W. Wagino, “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Pembelajaran Online di SDN 53 Kampung Jambak, Kota Padang Tahun 2021/2022,” Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, vol. 16, no. 2, Art. no. 2, Jul 2022, doi: 10.31869/mi.v16i2.3429.

H. Tambunan, F. A. Hutasoit, Y. E. B. Damanik, I. T. Telaumbanua, S. Sentaria, dan C. L. Sinaga, “Bimbingan Belajar Gratis untuk Membangun Minat dan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan,” btjpm, vol. 4, no. 4, hlm. 1576, Des 2022, doi: 10.20527/btjpm.v4i4.6461.

D. Aulia, M. Martias, dan T. Sugiarto, “Kontribusi Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif FT-UNP,” MTED, vol. 1, no. 1, hlm. 1–8, Jan 2020, doi: 10.46574/mted.v1i1.9.

F. N. Safitri, “Pengaruh Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014,” Economic Education Analysis Journal, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, 2014, Diakses: 17 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/3865

A. Harefa, “Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Agu 2022, doi: 10.56248/educativo.v1i1.37.

N. Hidayat, F. S. Busro, A. P. Utami, F. Rahmadani, dan W. Abdillah, “Implementasi Pendidikan Karakter Sebagai Kontribusi Pembangunan Generasi Berkelanjutan Bagi Anak Nagari Kampung Dalam,” J-CoSE: Journal of Community Service & Empowerment, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Sep 2023, doi: 10.58536/j-cose.v1i2.65.

U. Fadillah dan A. Sabardila, “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMAN 1 Pangkalan Bun,” FJIK, vol. 8, no. 3, hlm. 339, Nov 2021, doi: 10.30998/fjik.v8i3.9935.

R. Simamora dan Y. M. R. Marbun, “Kontribusi Dukungan Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp,” MES, vol. 7, no. 2, hlm. 10–16, Mar 2022, doi: 10.30743/mes.v7i2.5138.

S. C. Putri, N. Erizon, D. Y. Sari, dan A. Arafat, “Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Terapan Program Studi D3 Teknik Mesin FT-UNP,” Vokasi Mekanika, vol. 3, no. 3, hlm. 15–21, Agu 2021, doi: 10.24036/vomek.v3i3.211.

R. Panggi, R. Madina, dan I. Idris, “Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo,” Student Journal of Guidance and Counseling, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Okt 2022, doi: 10.37411/sjgc.v2i1.1439.

G. Afrinaval dan S. Syamwil, “Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019,” Jurnal Ecogen, vol. 2, no. 4, Art. no. 4, Des 2019, doi: 10.24036/jmpe.v2i4.7840.

S. R. Ananda, K. A. Hakam, dan G. M. Ganeswara, “Internalisasi Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab Melalui Kisah Hikmah Serta Keteladanan Guru Pada Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah,” JPKa, vol. 13, no. 1, hlm. 77–86, Apr 2022, doi: 10.21831/jpka.v13i1.46385.

R. R. Harahap, R. Lapisa, M. Milana, dan D. Y. Sari, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Jan 2023, doi: 10.51169/ideguru.v8i2.537.

J. Abdussamad, F. P. Tui, F. Mohamad, dan S. Dunggio, “Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Melalui Program Bank Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Bolango,” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, vol. 9, no. 4, Art. no. 4, Nov 2022, doi: 10.37606/publik.v9i4.504.

A. Tanzeh dan S. Arikunto, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, vol. 43, hlm. 22–34, 2020.

M. Sari, H. Rachman, N. J. Astuti, M. W. Afgani, dan R. A. Siroj, “Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif,” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 3, no. 01, Art. no. 01, 2023, doi: 10.47709/jpsk.v3i01.1953.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Yusuf A.M., METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. 2019, hlm. 59.

E. S. Rini, “Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012,” Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 1, no. 2, 2012, Diakses: 24 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/viewFile/878/697

Nuristiqomah, I. N. Karma, dan I. Sitiningsih, “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN 33 Kota Bima,” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 3, Art. no. 3, Nov 2023, doi: 10.23969/jp.v8i3.10983.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Ramiza Harahap, A., Nasir, M., Maksum, H., & Hidayat, N. (2024). Hubungan Prestasi Belajar Siswa Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI TKR di SMKN 1 Sumatera Barat. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(2), 165–174. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.169

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>