Kontribusi Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X TBSM Di SMK Nasional Kayutanam
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.232Keywords:
Kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar siswa kelas X TBSM pada mata pelajaran DDPK di SMK Nasional Kayutanam. Sementara itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian hubungan kuantitatif korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM di SMK Nasional Kayutanam. Jumlah responden yang digunakan untuk mengisi sebuah angket terdapat 45 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik total sampling. Kemudian setelah data terkumpul data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 25 dan bantuan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kurikulum merdeka mempunyai kontribusi sebesar 9,7% terhadap motivasi belajar siswa.
This research aims to find out how much the application of independence criteria affects the learning motivation of class X TBSM students in DDPK subjects at SMK Nasional Kayutanam. Meanwhile, this research uses a quantitative correlation research method. The population used in this research were class X TBSM students at SMK Nasional Kayutanam. The number of respondents used to fill a transport was 45 respondents. The sampling technique in this research was a total sampling technique. Then after the data was collected, the data was processed using SPSS 25 and excel microsoft. The research results show that the independent curriculum variable has an contribution of 9.7% on student learning motivation.
References
A. Arif et al., “Pengaruh Peranan Bimbingan dan Konseling Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK,” vol. 21, no. 2, 2023.
F. Sukmayadi, A. Firdaus, and C. Juliane, “Klasterisasi Konsentrasi Keahlian Siswa SMK Berdasarkan Kurikulum Merdeka,” vol. 6, 2022.
R. Vhalery, A. M. Setyastanto, and A. W. Leksono, “KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR”.
R. Rahayu, R. Rosita, Y. S. Rahayuningsih, and A. H. Hernawan, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak,” vol. 6, no. 4, 2022.
D. Setiawan, H. D. Saputra, and M. Nasir, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa,” vol. 19, no. 1, p. 8.
F. Sukmayadi, A. Firdaus, and C. Juliane, “Klasterisasi Konsentrasi Keahlian Siswa SMK Berdasarkan Kurikulum Merdeka,” vol. 6, 2022.
S. Wahyuni, “Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”.
A. Arif, M. Milana, T. Sugiarto, W. Purwanto, and N. Hidayat, “Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Media Pembelajaran Programmed Fuel Injection,” 2022.
S. Setiyaningsih, “Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar”.
F. Saputra, “Implementasi Kurikulum Merdeka: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri dan Pola Belajar,” vol. 1, no. 1, 2023.
D. F. I. Muda, P. T. D. Rompas, and J. R. Batmetan, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA SISWA SMK,” vol. 2, 2022.
R. Suseno, M. Afdal, and A. Nizori, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MAHASISWA,” 2022.
H. D. Saputra, W. Purwanto, T. Sugiarto, F. Zaharbaini, A. Arif, and F. Hidayat, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan,” J Educ, vol. 20, no. 2, pp. 273–286, Dec. 2022, doi: 10.31571/edukasi.v20i2.4470.
H. D. Saputra, W. Purwanto, T. Sugiarto, F. Zaharbaini, A. Arif, and F. Hidayat, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN,” vol. 20, 2022.
Institut Agama Islam Negeri Syekhnurjari Cirebon, N. Salim, M. Nasuka, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, M. N. Abid, and Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI STRATEGI DIRECT INSTRUCTION,” At-Tarbiyat, vol. 3, no. 1, pp. 67–85, Dec. 2018, doi: 10.37758/jat.v3i1.202.
I. Hamidah and S. Y. Citra, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA”.
Hm. Zainuddin, “IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK BANGSA,” universum, vol. 9, no. 1, Jan. 2015, doi: 10.30762/universum.v9i1.80.
A. Arif, N. Jalinus, H. Maksum, T. Sugiarto, M. Y. Setiawan, and Y. P. Lisna, “Correlation Between Interest in Becoming a Teacher and Educational Subject Learning Outcomes for Automotive Engineering Education Students,” vol. 3, no. 2, 2022.
H. D. Saputra, F. Ismet, and A. Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” INVOTEK, vol. 18, no. 1, pp. 25–30, Apr. 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.
Y. G. Sari, B. E. Putra, Y. Miranti, and M. Setiawati, “Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi,” vol. 1, no. 4, 2022.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Aflabeta, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rival Agusrianto, Ahmad Arif, Hasan Maksum, Wawan Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.