Analisis Penggunaan Variasi Driven Face Spring Terhadap Torsi, Daya Dan Top Speed Pada Sepeda Motor Honda Vario All New 125 cc

Authors

  • Ahmad Junaidi Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.15

Keywords:

Analisis, Driven face spring, Torsi, Daya, Top speed

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis penggunaan variasi driven face spring (1000RPM, 1500RPM, 2000 RPM), dimana variasi driven face spring 1000RPM, 1500RPM dan 2000 RPM bertujuan untuk melihat berapa besar nilai torsi, daya dan top speed pada sepeda motor Honda Vario All New 125cc. Penelitian pada sepeda motor Honda Vario All New 125cc dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Berdasarkan penelitian didapatkan nilai torsi tertinggi yaitu menggunakan driven face spring 1000RPM dengan nilai torsi sebesar 10,46 Nm, pengujian daya dengan nilai tertinggi menggunakan driven face spring 2000RPM dengan nilai daya sebesar 7,60 Kw dan pengujian top speed tertinggi yaitu menggunakan driven face spring 1000RPM dan 1500RPM dengan nilai top speed sebesar 111,9 KM/h.

This study discusses the analysis of the use of driven face spring variations (1000RPM, 1500RPM, 2000 RPM), where the driven face spring variations 1000RPM, 1500RPM and 2000 RPM aim to see how much the value of torque, power and top speed is on the Honda Vario All New 125cc motorcycle. Research on Honda Vario All New 125cc motorbikes using experimental research methods. Based on the research, the highest torque value was obtained using a driven face spring 1000RPM with a torque value of 10.46 Nm, the power test with the highest value using a driven face spring 2000RPM with a power value of 7.60 Kw and the highest top speed test using a driven face spring 1000RPM and 1500RPM with a top speed value of 111.9 KM/h.

Author Biographies

Ahmad Junaidi, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Rifdarmon Rifdarmon, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Wawan Purwanto, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Hasan Maksum, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

Y. Dwi Prasetyo dan D. Suwahyo, “PENGARUH VARIASI SPRING DAN MASSA ROLLER CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA HONDA VARIO 125CC PGM FI,” 2020.

Made Dwi Budiana P dkk, “Variasi berat roller sentrifugal Pada continuosly variable transmission (CTV) terhadap kinerja traksi sepeda motor ,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM, vol. 2 no.2, Des 2008.

Y Fenandes, Hasan Maksum, Wawan Purwanto, dan E Indrawan, “Kontribusi Kreativitas dan Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan,” Mimbar Ilmu, vol. 26 no.1, Apr 2021.

A.F. Akbar, Hasan Maksum, dan Donny Fernandez, “Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller Cvt Terhadap Kecepatan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty,” Automotive Engineering Education Journals, vol. 4 no. 2, Mar 2015.

Marsudi, Teknisi Otodidak Sepeda Motor Matic. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2016.

Irvan Ilmy dan I Nyoman Sutantra, “Pengaruh Variasi Konstanta Pegas dan Massa Roller CVT Terhadap Performa Honda Vario 150 cc,” JURNAL TEKNIK ITS, vol. 7 no. 1, 2018.

B. Setiawan, D. Martias, M. Pd, S. Wagino, "Pengaruh Penggunaan Pegas Sliding Sheave Racing Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor." Automotive Engineering Education Journals 6.4 (2017).

Maksum Hasan, Teknologi Motor Bakar. Padang: UNP Press, 2012.

A. Prasetiyo dan R. Rifdarmon, “Analisis Variasi Penggunaan Busi pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang,” AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. 1, no. 1, hlm. 31–38, Jun 2020, doi: 10.24036/aeej.v1i1.4.

Jatmiko Riva Suro dan Kuntang Winangun, “Pengaruh Pencampuran Bahan Bakar Pertalite dengan Bio Etanol terhadap Peforma Mesin Injeksi Yamaha Vixion 150 cc Tahun 2011,” Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro, vol. 8 No. 1, 2019.

Wiratmaja I Gede, “Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogassoline,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, hlm. 16–25, 2019.

A Asri, Hasan Maksum, dan Donny Fernandez, “Pengaruh Pemakaian Oktan Booster Terhadap Pemakaian Bahan Bakar Spesifik Premium dan Daya Pada Sepeda Motor Empat Langkah,” Automotive Engineering Education Journals, vol. 7 no. 4, Apr 2018.

E. Alwi, D. S. Putra, dan H. Khoiri, “VEHICLE FUEL SAVING TEST WITH LIMITATION OF ROTATION MACHINES,” 47 | VANOS Journal Of Mechanical Engineering Education, vol. 2, no. 1, 2017, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Widoyoko Eko Putro, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2016.

Arif Ahmad dkk, “Effects of Fuel Type on Performance in Gasoline Engine with Electronic Fuel Injection System,” dalam Journal of Physics: Conference Series, Agu 2020, vol. 1594, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/1594/1/012036.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Junaidi, A., Rifdarmon, R., Purwanto, W., & Maksum, H. (2023). Analisis Penggunaan Variasi Driven Face Spring Terhadap Torsi, Daya Dan Top Speed Pada Sepeda Motor Honda Vario All New 125 cc. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.15

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>