Analisis Pengaruh Oil Mixtures Bahan Bakar Minyak Terhadap Torsi Tenaga dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 150cc Dua Langkah

Authors

  • Rino Kurniawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin Simatupang Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.69

Keywords:

Sepeda Motor Dua Langkah, Oil Mixture, Torsi, Daya, Emisi Gas Buang

Abstract

Torsi, daya dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor 2 langkah merupakan permasalahan mendasar yang ditemui yang berhubungan dengan oil mixture yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji torsi, tenaga, dan emisi sepeda motor Ninja 150R. Penelitian ini bersifat eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan perubahan yang substansial dari setiap variabel. Torsi dan daya motor Ninja 150R dapat ditingkatkan secara signifikan menggunakan oli Ipone R2000rs dan Castrol A747 dengan hasil thitung 4,064 dan 7,973 untuk torsi, serta 4,086 dan 7,825 untuk daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan Oli Motul 510 2t dan Oli Standar, Oli Castrol A747 dan Oli Ipone R2000rs memiliki tingkat emisi yang lebih rendah dengan thitung 20,438 dan 26,614 yang lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,776. Dapat disimpulkan hasil ini memberi pengetahuan yang lebih baik tentang karakteristik torsi, daya, dan emisi pada sepeda motor 2 langkah berdasarkan varian oil mixture.

The torque, power, and exhaust pollutants generated by the oil mixture used in 2-stroke motorcycles are the primary issues. The purpose of this study is to assess the Ninja 150R's torque, horsepower, and emissions. This is experimental research and the study's results indicate a significant shift in each metric. Ipone R2000RS and Castrol A747 oil, with torque and power tcounts of 4.064 and 7.973 and 4.086 and 7.825, may significantly increase the torque and power of the Ninja 150R engine. Results indicated that Castrol A747 Oil and Ipone R2000rs Oil had lower emission levels than Motul 510 2t Oil and Standard Oil, with tcounts of 20.438 and 26.614, respectively, which were greater than the ttable values of 2.776. These findings, based on the variety of oil mixtures, can be extrapolated to provide a deeper comprehension of the torque, power, and emissions characteristics of a 2-stroke motorcycle.

Author Biographies

Rino Kurniawan, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

Wakhinuddin Simatupang, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

Rifdarmon Rifdarmon, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Ahmad Arif, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

B. M. Zakhim, “Pengaruh Penggunaan Catalytic Converter Berbahan Aluminium Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor,” Jan 2016. Diakses: 19 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Penggunaan-Catalytic-Converter-Berbahan-Zakhim/80a1c1e099e1df870ed007d79cfb37554365d184

N. Suharwanto, “Kaji Eksperimental Pengaruh Tebal Plat, Jumlah Plat Dan Jarak Antar Lubang Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor Bensin 4 Langkah,” 2020. https://www.semanticscholar.org/author/Npm.-Suharwanto/2037320256 (diakses 19 Juni 2023).

S. A. Ma’ruf, M. Milana, M. Martias, dan N. Hidayat, “Optimasi Hasil Uji Emisi Gas Buang Sepeda Motor dengan Penambahan Carbon Cleaner,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Feb 2023.

D. Fernandez, A. Rifani, W. S, dan T. Sugiarto, “Analisis Penggunaan Bioaditif Minyak Atsiri Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Pertalite Sepeda Motor 4 Langkah,” Ensiklopedia of Journal, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Nov 2022, doi: 10.33559/eoj.v5i1.907.

F. Yuliono, “Catalytic Converter Berbahan Kuningan Berbentuk Sarang Laba-Laba Pada Knalpot Supra X 125 Fi Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang,” Feb 2017. Diakses: 19 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/CATALYTIC-CONVERTER-BERBAHAN-KUNINGAN-BERBENTUK-X-Yuliono/7ed056aaa846ef686790409211a690cf640154fd

S. Sugiartono, W. Wagino, D. Afdal, dan R. Wahyudi, “Pemanfaatan Bioetanol Limbah Kelapa Muda dan Pengaruhnya Terhadap Emisi Sepeda Motor Empat Langkah Injeksi,” AEEJ, vol. 1, no. 1, hlm. 1–8, Jun 2020, doi: 10.24036/aeej.v1i1.1.

Mulyadi dan Y. Nata, “Optimasi Penggunaan Viskositas Pelumas, Penyetelan Celah Katup, dan Celah Elektoda Busi Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor,” rekayasa, vol. 4, no. 2, hlm. 14–20, Sep 2021, doi: 10.52005/rekayasa.v4i2.124.

F. Pujiyanto dan E. Darmana, “Analisis Perubahan Temperatur Induksi Motor 3 Phase Berbasis Fuzzy Inference System (FIS),” JSTM, vol. 23, no. 1, hlm. 15, Sep 2022, doi: 10.33556/jstm.v23i1.319.

A. H. Elfa, “Studi Emisi Gas Buang CO2 Terhadap Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Empat Langkah dan Dua Langkah,” Okt 2019. Diakses: 19 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.semanticscholar.org/paper/Studi-Emisi-Gas-Buang-CO2-Terhadap-Bahan-Bakar-Pada-Elfa/6fb1726d825a579dd949997b7cde056e19e20bae

D. Bangun dan S. Sunomo, “Pengaruh Jenis Kendaraan Bermotor dan Jenis Bahan Bakar terhadap Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Dua Tak,” 2009. https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Jenis-Kendaraan-Bermotor-dan-Jenis-Bahan-Bangun-Sunomo/00e7e093219a9f9e30de0bfc7af0ff737e5c5a2b (diakses 19 Juni 2023).

N. Hidayat, A. Arif, M. Y. Setiawan, dan M. Masykur, “Perbedaan Penggunaan Camshaft Racing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Spesifik dan Emisi Gas Buang Pada Motor 4 Tak,” Jurnal Mekanova : Mekanikal, Inovasi dan Teknologi, vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Okt 2022, doi: 10.35308/jmkn.v8i2.5244.

A. Prasetiyo dan R. Rifdarmon, “Analisis Variasi Penggunaan Busi pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang,” AEEJ, vol. 1, no. 1, hlm. 31–38, Jun 2020, doi: 10.24036/aeej.v1i1.4.

T. Dharmanasa, D. Danial, dan M. Ivanto, “Analisa Perbandingan Bahan Bakar Pertalite Dan Pertamax Terhadap Karakteristik Motor Honda Fit X NF 100 SE,” JTRAIN: Jurnal Teknologi Rekayasa Teknik Mesin, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Agu 2021.

M. Ramdhan, Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.

D. A. H. M.A, Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.

A. Tanzeh dan S. Arikunto, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, vol. 43, hlm. 22–34, 2020.

S. Saifudin, “Pengaruh Variasi Jenis Oli Samping (Oil Mixture) Terhadap Prestasi Mesin dan Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Bermotor 2 Tak,” ReTII, 2013, Diakses: 22 Juni 2023. [Daring]. Tersedia pada: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/145

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Kurniawan, R., Simatupang, W., Rifdarmon, R., & Arif, A. (2023). Analisis Pengaruh Oil Mixtures Bahan Bakar Minyak Terhadap Torsi Tenaga dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 150cc Dua Langkah. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.69

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>