Optimasi Cairan Water Injection dalam Menurunkan Emisi Gas Buang Sepeda Motor dengan Metode Taguchi

Authors

  • Herlando Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Milana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.143

Keywords:

biogasoline, emisi gas buang, metode taguchi, optimasi, water injection

Abstract

Penggunaan cairan water injection yang kurang tepat menyebabkan meningkatnya emisi gas buang kendaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cairan dan kombinasi level faktor optimal dalam menurunkan emisi gas buang sepeda motor yang telah menerapkan sistem water injection. Penelitian ini dilakukan dengan metode taguchi, yang tergolong penelitian eksperimen untuk mendapatkan level optimum dari suatu faktor yang diperoleh dari desain eksperimen. Faktor dan level yang digunakan adalah campuran biogasoline (E10, E15, dan E20), cairan water injection (limbah air AC, aquades, dan air coolant), derajat pengapian (standar 6° BTDC, +2°, dan +4°), dan busi (nikel, iridium, dan platinum). Hasil penelitian menunjukkan cairan water injection optimal adalah limbah air AC dengan kombinasi level faktor optimal A2 (E15), B1 (limbah air AC), C2 (+2°), dan D3 (platinum).

The use of improper water injection fluid  causes an increase in vehicle exhaust emissions. The purpose of this study was to determine the optimal fluid and combination of factor levels in reducing exhaust emissions of motorcycles that have implemented a water injection system. This research was conducted using the Taguchi method, which is classified as experimental research to obtain the optimum level of a factor obtained from experimental design. The factors and levels used are a mixture of biogasoline (E10,  E15, and E20), water injection fluid (wastewater AC, aquades, and air coolant), ignition degree (standard 6° BTDC, +2°, and +4°), and spark plugs (nickel, iridium, and platinum). The results showed that  the optimal water injection liquid  is AC wastewater with a combination of optimal factor levels A2 (E15), B1 (AC water waste), C2 (+2°), and D3 (platinum).

References

R. Kurniawan and A. Kurniawan, "Jumlah Kendaraan di Indonesia 147 Juta Unit, 87 Persen Motor," Kompas.com, 10 Februari 2023. [Online]. Available: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/10/070200315/jumlah-kendaraan-di-indonesia-147-juta-unit-87-persen-motor. [Accessed 30 10 2023].

J. Sriyanto, "Pengaruh Tipe Busi Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor," Automotive Experiences, vol. l, no. 3, pp. Hlm. 64-69, 2018.

H. Supriyadi, "Kajian Eksperimental Penerapan Water Injection System pada Engine Sepeda Motor," Dissertation, Universitas Pasundan Bandung, 2021.

M. A. D. Anugerah, M. Harly and M. Ihwanudin, "Pengaruh Penggunaan Saturated Water Injection terhadap Intake Air Temperature dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Honda Vario Injeksi 125cc," Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran, vol. VI, no. 1, pp. 35-42, 2022.

R. Haffis, "Aplikasi water and methanol injection pada intake manifold terhadap daya dan nilai emisi gas CO dan HC pada sepeda motor Suzuki Arashi 125 cc," Dissertation, Universitas Negeri Malang, 2019.

E. Retnowati, "Laporan Kinerja Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi 2022," BPH MIGAS, Jakarta, 2023.

L. Parinduri and T. Parinduri, "Konversi Biomassa Sebagai Sumber Energi Terbarukan," Journal of Electrical Technology, vol. V, no. 2, pp. 88-92, 2020.

M. D. Wijayanti, Energi Etanol, Bumi Aksara, 2023.

A. F. Rifa, W. A. Pamungkas, R. B. Setyawati, C. P. Setiawan and J. Waluyo, "Kajian Teknoekonomi Bioethanol Berbahan Molasses Sebagai Alternatif Substitusi BBM," Equilibrium Journal of Chemical Engineering, vol. VI, no. 1, pp. 57-68, 2022.

M. I. Fahmiy, I. Wardana and Sudjito, "Permodelan Ethanol sebagai RON Booster Untuk Campuran Bahan Bakar Pertalite," Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI), vol. ll, no. 1, pp. 272-277, 2022.

R. G. Halim, A. Riza and S. Darmawan, "Pengaruh Nilai Oktan Terhadap Unjuk Kerja Mesin dan Kajian Analisis Pembakaran Akibat Delay Combution pada Mesin Otto Satu Silinder," Jurnal Cahaya Mandalika, vol. lll, no. 1, pp. 223-230, 2023.

B. Amin and F. Ismet, Teknologi Motor Bensin, Jakarta: Prenada Media Group, 2016.

N. W. Setyanto and R. P. Lukodono, Teori dan Aplikasi Desain Eksperimen Taguchi, Malang: UBPress, 2017.

BNS, "Cara Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Kategori L pada Kondisi Idle," SNI 09-7118.3-2005, 2004.

D. A. Laela and Hairunnisa, "Prarancangan Pabrik Etilen Glikol dari Etilen Oksida dengan Proses Hidrasi Non Katalitik Kapasitas 200.000 Ton/Tahun," Jurnal Tugas Akhir Teknik Kimia, vol. IV, no. 1, pp. 19-24, 2021.

T. Indrawati and N. I. D. Ningsih, "Penerapan Statistics Process Control dalam Pengamatan Sifat Fisika dan Kimia Air Buangan dari Air Conditioning (AC)," Integrated Lab Journal, vol. VI, no. 2, pp. 39-46, 2018.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Herlando, Purwanto, W., Setiawan, M. Y., & Milana. (2023). Optimasi Cairan Water Injection dalam Menurunkan Emisi Gas Buang Sepeda Motor dengan Metode Taguchi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(1), 101–108. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.143

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>