Analisis Variasi Flash Cable Terhadap Tegangan Primer Coil Pada Sepeda Motor FI
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.265Keywords:
Flash Cable, Tegangan Primer Coil, Sistem Pengapian, Sepeda Motor FIAbstract
Efisiensi sistem pengapian pada sepeda motor sangat penting untuk menunjang performa dan konsumsi bahan bakar yang optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh variasi flash cable terhadap tegangan primer coil pada sepeda motor injeksi (FI). Tiga jenis lilitan flash cable yaitu 11, 16, dan 21 lilitan diuji untuk melihat peningkatan tegangan yang dihasilkan. Metode eksperimen kuantitatif digunakan dengan alat pengukuran berupa peak voltage adaptor yang dihubungkan ke multimeter digital. Hasil menunjukkan bahwa variasi panjang flash cable secara signifikan memengaruhi tegangan primer coil, di mana flash cable dengan 21 lilitan memberikan peningkatan tegangan tertinggi sebesar 261,625 V, dibandingkan dengan kondisi tanpa flash cable yang hanya mencapai 219 V. Penggunaan flash cable dapat meningkatkan efisiensi pengapian, performa, dan efisiensi bahan bakar sepeda motor FI.
The ignition system's efficiency in motorcycles is critical to support optimal performance and fuel consumption. This study aims to analyze the effect of flash cable variations on the primary tension of the coil in injection motorcycles (FI). Three types of flash cable windings, i.e., 11, 16, and 21 windings, are tested to see the increase in voltage produced. The quantitative experiment method uses a measurement tool as a peak voltage adapter connected to a digital multimeter. The results showed that the variation in the length of the flash cable significantly affected the primary voltage of the coil, where the flash cable with 21 windings provided the highest voltage increase of 261.625 V, compared to the condition without the flash cable, which only reached 219 V. Flash cable can improve the ignition efficiency, performance, and fuel efficiency of FI motorcycles.
References
M. S. Firmansyah, W. Purwanto, H. Maksum, A. Arif, M. Y. Setiawan, dan C. A. Gusti, “Analisis Emisi Gas Buang (CO, CO2 dan HC) pada Sepeda Motor FI dengan Variasi Saat Pengapian, Saat Penginjeksian dan Jenis Bahan Bakar,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Feb 2023.
W. Purwanto, Y. D. Herlambang, K. M. Paboreal Dunque, F. Mulani, D. S. Putra, dan M. Martias, “Enhancements to the Work Ability of a High-Speed Motor Used in Machine Tools,” TEM Journal, hlm. 1443–1450, Agu 2023, doi: 10.18421/TEM123-24.
A. Arif, N. Hidayat, dan M. Y. Setiawan, “Pengaruh Pengaturan Waktu Injeksi dan Durasi Injeksi Terhadap Brake Mean Effective Pressure dan Thermal Efficiency Pada Mesin Diesel Dual Fuel,” INVOTEK, vol. 17, no. 2, hlm. 67–74, Des 2017, doi: 10.24036/invotek.v17i2.73.
A. Arif, Rifdarmon, Milana, Martias, dan N. Hidayat, “Effects of Fuel Type on Performance in Gasoline Engine with Electronic Fuel Injection System,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1594, no. 1, hlm. 012036, Jul 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1594/1/012036.
W. Purwanto, K. I. Yogandi, R. Ari Saputra, C. Ariati, D. S. Putra, dan A. Ikhsan, “Exploration of an Electrical Energy Harvesting System Utilizing the Flow of Exhaust Emissions on a Motorcycle,” dalam 2023 International Conference on Advanced Mechatronics, Intelligent Manufacture and Industrial Automation (ICAMIMIA), Nov 2023, hlm. 528–532. doi: 10.1109/ICAMIMIA60881.2023.10427885.
A. A. M. Putra, A. Finali, dan N. A. Mufarida, “Pengaruh Penggunaan Variasi Sistem Pengapian Terhadap Performa Motor 4 Tak 125cc,” Jurnal Smart Teknologi, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Nov 2020.
W. Purwanto, D. S. Putra, H. D. Saputra, Z. Abadi, Y. Nursyafti, dan T. Sugiarto, “The Invention of a Valve Skirting Device for Automobiles Utilising an Electric Motor with an AC Dimmer Setting,” dalam 2023 IEEE 7th International Conference on Information Technology, Information Systems and Electrical Engineering (ICITISEE), Nov 2023, hlm. 1–4. doi: 10.1109/ICITISEE58992.2023.10404618.
M. Ramadhan, D. S. Putra, W. Purwanto, M. Y. Setiawan, dan M. Muslikhin, “Implementation of Conventional Motorcycle Conversion into Electric Motorcycle Using BLDC Motor and LiFePO4 Battery,” 1, vol. 6, no. 3, Art. no. 3, Okt 2024, doi: 10.46574/motivection.v6i3.339.
W. Wagino dkk., “Eco-Friendly Motorcycle Technology: Examining the Impact of Banana Peel-Based Catalytic Converters on CO Emissions with Biogasoline Fuel,” E3S Web Conf., vol. 500, hlm. 03030, 2024, doi: 10.1051/e3sconf/202450003030.
Z. Hafizh, A. Deni, dan M. A. Riko, “Engine Management System Berbasis Mikrokontroler ATMega 2560,” other, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 2024. Diakses: 13 November 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://eprints.umsb.ac.id/2661/
M. H. Tullah, Y. M. D. E. Saputra, F. Fachruddin, M. P. Utomo, dan F. M. Rahman, “Rancang Bangun Perangkat Perekam Data Konsumsi Bahan Bakar Dan Rasio Udara-Bahan Bakar Digital Untuk Analisa Unjuk Kerja Mesin Bensin Pembakaran Dalam,” Jurnal Mekanik Terapan, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Nov 2020, doi: 10.32722/jmt.v1i2.3362.
W. Purwanto, F. Afif, R. Lapisa, D. Yuvenda, M. Y. Setiawan, dan H. D. Saputra, “Optimasi Penggunaan Jenis Busi, Oli, Dan Campuran Ethanol Bensin Terhadap Peningkatan Suhu Dan Jarak Tempuh Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi,” 1, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, Des 2022, doi: 10.24036/aeej.v3i2.150.
C. Shetty dkk., “Analytical Expressions for Inductances of 3-D Air-Core Inductors for Integrated Power Supply,” IEEE Journal of Emerging and Selected Topics in Power Electronics, vol. 10, no. 2, hlm. 1363–1383, Apr 2022, doi: 10.1109/JESTPE.2021.3077203.
M. Solomentsev dan A. J. Hanson, “At What Frequencies Should Air-Core Magnetics Be Used?,” IEEE Transactions on Power Electronics, vol. 38, no. 3, hlm. 3546–3558, Mar 2023, doi: 10.1109/TPEL.2022.3222993.
E. Asahina, M. Fukuoka, I. Masuda, A. Nagai, K. Maeda, dan M. Ishitobi, “Structure of Air-Core Power Inductor With High Energy Density and Low Copper Loss,” IEEE Transactions on Magnetics, vol. 59, no. 11, hlm. 1–5, Nov 2023, doi: 10.1109/TMAG.2023.3297333.
S. Jha, S. Acharya, dan S. Mishra, “Design and Performance Evaluation of an Air-Core Inductor for Point-of-Load (POL) Converter,” dalam 2020 IEEE Energy Conversion Congress and Exposition (ECCE), Okt 2020, hlm. 3280–3285. doi: 10.1109/ECCE44975.2020.9235327.
J. Kampkötter, M. Karagounis, dan R. Kokozinski, “A high frequency radiation hardened DC/DC-converter with low volume air core inductor,” J. Inst., vol. 19, no. 01, hlm. C01052, Jan 2024, doi: 10.1088/1748-0221/19/01/C01052.
H. Lin, G. Van der Plas, X. Sun, D. Velenis, E. Beyne, dan R. Lauwereins, “System Optimization: High-Frequency Buck Converter With 3-D In-Package Air-Core Inductor,” IEEE Transactions on Components, Packaging and Manufacturing Technology, vol. 12, no. 3, hlm. 401–409, Mar 2022, doi: 10.1109/TCPMT.2021.3102435.
W. Purwanto, A. Arif, H. D. S. Martias, Y. Nursyafti, dan A. Adrilana, “Check for updates The Impacts of Water Injection Application on the Performance of Internal Combustion Engines,” dalam Proceedings of the 4th Borobudur International Symposium on Science and Technology 2022 (BIS-STE 2022), Springer Nature, 2023, hlm. 20. Diakses: 4 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=iVXiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA20&dq=Here%27s+how+the+EFI+system+works&ots=WMPRnzhEWL&sig=B0bnyFqSKXgU5uZzprvpHdUW76M
A. I. R. Cahyo, H. Eteruddin, D. Setiawan, dan Darmansyah, “Analisis Penggunaan Energi Listrik Pada Mobil Listrik Terhadap Intensitas Cahaya,” SainETIn : Jurnal Sains, Energi, Teknologi, dan Industri, vol. 8, no. 1, hlm. 21–27, Des 2023, doi: 10.31849/sainetin.v8i1.11016.
M. F. Janitra dan A. R. A. Rohman, “Analisis Perbandingan CDI Shindengen dan CDI Brt Dual Band Terhadap Torsi Dan Horse Power Mesin Sepeda Motor Kawasaki KLX 150 Tahun 2014,” Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin, vol. 8, no. 3, Art. no. 3, Sep 2024, doi: 10.31000/mbjtm.v8i3.11680.
S. Hartanto dan Handoko, Materi Ajar Praktek Tune Up Sepeda Motor 4 Tak Berbasis Kebutuhan Dunia Kerja untuk Siswa SMK. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
Wiranto, Nehru, dan Y. R. Hais, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Dan Kontrol PLTS Berbasis Web Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Jambi,” SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, vol. 2, no. 1, hlm. 73–87, 2023.
H. Maksum dan W. Purwanto, “The Development of Electronic Teaching Module for Implementation of Project-Based Learning during the Pandemic,” International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, vol. 10, no. 2, Art. no. 2, Mar 2022, doi: 10.46328/ijemst.2247.
B. Wilantara dkk., “Uji Modifikasi Komponen dan Sistem Pengapian Yamaha 5D9 Terhadap Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar,” AEEJ, vol. 2, no. 1, hlm. 53–60, Jun 2021, doi: 10.24036/aeej.v2i1.68.
T. Winarno, D. C. Riawan, dan H. Suryoatmojo, “Studi Komparasi dan Analisis Kumparan pada Wireless Power Transfer dengan Mempertimbangkan Variasi Jarak dan Misalignment,” Seminar Nasional Teknik Elektro, Nov 2023, Diakses: 13 November 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://snte.fortei.org/list/index.php/snte/article/view/26
A. Syakur, O. R. Nugraha, F. D. P. Riyanto, dan R. D. A. Putra, “Desain Generator Tegangan Tinggi Impuls 31,4 kV menggunakan Ignition Coil,” ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, vol. 11, no. 2, Art. no. 2, Apr 2023, doi: 10.26760/elkomika.v11i2.494.
D. Sugiono, A. Lostari, N. I. Riani, dan A. Kusdyanto, “Studi Eksperimental Pengaruh Variasi CDI Terhadap Performa Kendaraan Empat Langkah,” Infotekmesin, vol. 14, no. 1, Art. no. 1, Jan 2023, doi: 10.35970/infotekmesin.v14i1.1656.
N. Hidayat, M. Y. Setiawan, dan A. Arif, “Studi Eksperimental Kemampuan Pelepasan Panas pada Radiator Straight Fin Jenis Flat Tube dengan Variasi Cooling Liquid,” Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 20, no. 3, Art. no. 3, 2020.
T. S. Karan Supriadi, Wagino, “Pengaruh Variasi Oversize Piston Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Mio Sporty,” Jurusan Teknik Otomotif FT UNP, vol. 1, no. 2, hlm. 1–7, 2018.
O. A. Kurniawan, A. Arif, D. Fernandez, M. Y. Setiawan, dan H. N. Sari, “Analisis Penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) Terhadap Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Fuel Injection,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 4, Art. no. 4, Okt 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i4.126.
S. Mulyanto dan M. E. P. Widagda, “Pengaruh Tegangan dan Beban Daya Listrik terhadap Arus dan Putaran Mesin pada Gentset Berbahan Bakar LPG,” DJITM, vol. 11, no. 1, hlm. 40, Des 2019, doi: 10.33772/djitm.v11i1.8764.
A. Mulyadi dan C. Huda, “Magneto: Desain dan Simulasi,” Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, vol. 16, no. 1, Art. no. 1, Mei 2024, doi: 10.28989/angkasa.v16i1.1916.
K. N. Faizin, “Pengaruh Variasi Diameter Pulley Alternator dan Daya Motor Terhadap Arus dan Kecepatan Proses Pengisian Baterai 12 Volt,” Journal of Electrical Electronic Control and Automotive Engineering (JEECAE), vol. 1, no. 1, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bintang Abimanyu, Ahmad Arif, Wawan Purwanto, Dwi Sudarno Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.