Analisis Dampak Variasi Pulley Primer dan Rasio Gearbox terhadap Performa Akselerasi dan Kecepatan Puncak Sepeda Motor Honda Beat ESP 2018
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.330Keywords:
Honda Beat ESP, pulley primer, Gearbox, akselerasi, top speedAbstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh modifikasi sudut kemiringan pulley primer dan perubahan rasio Gearbox terhadap akselerasi dan top speed sepeda motor Honda Beat ESP tahun 2018. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tingginya penggunaan sepeda motor di Indonesia dan kebutuhan peningkatan performa kendaraan untuk penggunaan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan pengujian langsung menggunakan alat Dyno Test. Variasi yang diuji mencakup sudut pulley primer 13,5° dan 13,8° serta rasio Gearbox 14-44 dan 15-43 dibandingkan dengan konfigurasi standar (14° dan 12-45). Hasil menunjukkan konfigurasi standar menghasilkan akselerasi 7,39 m/s² dan top speed 95,32 km/h, sedangkan kombinasi rasio Gearbox 15-43 dengan pulley primer 13,8° menghasilkan top speed tertinggi 144,26 km/h dan akselerasi 5,01 m/s². Temuan ini mengimplikasikan bahwa modifikasi komponen transmisi dapat meningkatkan performa kendaraan secara signifikan, meskipun terdapat kompromi antara akselerasi awal dan kecepatan maksimum.
This study investigates the effect of primary pulley angle modification and Gearbox ratio changes on the acceleration and top speed of the 2018 Honda Beat ESP motorcycle. The research background is rooted in the increasing use of motorcycles in Indonesia and the demand for improved performance in daily riding conditions. A quantitative experimental method was employed using a Dyno Test to evaluate performance. The tested variations included primary pulley angles of 13.5° and 13.8°, and Gearbox ratios of 14-44 and 15-43, compared to the standard configuration of 14° and 12-45. Results showed that the standard configuration achieved an acceleration of 7.39 m/s² and a top speed of 95.32 km/h, while the combination of a 15-43 Gearbox ratio and a 13.8° pulley achieved the highest top speed of 144.26 km/h with an acceleration of 5.01 m/s². These findings imply that transmission component modifications can significantly enhance vehicle performance, although a trade-off exists between initial acceleration and maximum speed.
References
I. Nanda, M. Martias, dan T. Sugiarto, “Analysis of Mixing Used Oil with Solar As Fuel Against Smoke Thickness in Diesel Motors,” Motiv. J. Mech. Electr. Ind. Eng., vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Jan 2019, doi: 10.46574/motivection.v1i1.5.
B. Radityo, R. Setiawan, dan I. N. Gusniar, “PENGARUH PERUBAHAN SUDUT PRIMARY PULLEY CONTINOUS VARIABLE TRANSMISSION TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT 110CC,” Feb 2025.
I. N. Sutarna, I. N. L. Antara, dan I. K. Suherman, “Analisis modifikasi sistem kopling otomatis ke sistem kopling manual terhadap akselerasi sepeda motor Supra-X tahun 2014,” 2022.
A. S. Almahbubi, P. Paryono, dan F. I. Kusuma, “PENGARUH PANJANG KAMPAS KOPLING TERHADAP AKSELERASI DAN TOP SPEED SEPEDA MOTOR MATIC,” J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan Dan Pengajaran, vol. 4, no. 1, hlm. 18, Mar 2022, doi: 10.17977/um074v4i12020p18-22.
Y. A. Winoko dan T. A. Rantetampang, “Pengaruh Modifikasi Puli Primer CVT Terhadap Performa Sepeda Motor Matic 110 cc,” J. Tek. Mesin Sinergi, vol. 20, no. 1, hlm. 50–56, Apr 2022, doi: 10.31963/sinergi.v20i1.3385.
J. Waluyo, “Pengaruh Kemiringan Sudut Kontak Drive Pulley Continuously Variable Transmission (CVT) Standar dan Modifikasi pada Sepeda Motor Yamaha SOUL GT Terhadap Keluaran Daya,” SIMETRIS, vol. 15, no. 1, hlm. 43–47, Jul 2021, doi: 10.51901/simetris.v15i01.184.
K. A. I. Saputra, K. R. Dantes, dan I. G. Wiratmaja, “Analisis Pengaruh Variasi Sudut Derajat Primary Pulley Terhadap Peningkatan Torsi Dan Daya Pada Kendaraan Dengan Sistem Continuous Variable Transmission,” Majamecha, vol. 3, no. 2, hlm. 112–120, Des 2021, doi: 10.36815/majamecha.v3i2.1544.
Noviana Sari, Ryo Armando Pratama, M.Abiyyu Raafi, Lihananda Septianur Falah, dan Trisma Jaya Saputra, “Pengaruh Variasi Kemiringan Sudut Kontak Primary Pulley DanVariasi Massa Roller Terhadap Kinerja Motor Bakar Matic Injeksi 110 Cc,” J. Tek. Mesin Ind. Elektro Dan Inform., vol. 2, no. 3, hlm. 163–169, Jul 2023, doi: 10.55606/jtmei.v2i3.2129.
Awang Surya dan Hendly Kevin Ramadhony, “MODIFIKASI GEARBOX CLOSE RATIO UNTUK MENINGKATKAN AKSELERASI SEPEDA MOTOR KAWASAKI NINJA RR 150CC,” JTTM J. Terap. Tek. Mesin, vol. 1, no. 2, hlm. 75–84, Okt 2020, doi: 10.37373/msn.v1i2.50.
S. Soebyakto, T. Edward, A. Wibowo, dan M. A. Shidiq, “Sistem Transfer Daya Dari Dua Jenis Mesin Yang Berbeda,” Mestro J. Tek. Mesin Dan Elektro, vol. 4, no. 03, Art. no. 03, Mar 2023, doi: 10.47685/mestro.v4i01.384.
A. Junaidi, R. Rifdarmon, W. Purwanto, dan H. Maksum, “Analisis Penggunaan Variasi Driven Face Spring Terhadap Torsi, Daya Dan Top speed Pada Sepeda Motor Honda Vario All New 125 cc,” JTPVI J. Teknol. Dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. 1, hlm. 75–84, Feb 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i1.15.
Muhammad Fikri Alifudin dan Purwoko Purwoko, “Pengaruh Perubahan Massa Roller dan Konstanta Pegas Sistem Cvt Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor 109 Cc,” Venus J. Publ. Rumpun Ilmu Tek., vol. 2, no. 3, hlm. 280–291, Jun 2024, doi: 10.61132/venus.v2i3.364.
A. N. Akhmadi, “Analisis Pengaruh Berat Roller Standard Dan Racing Pada Sistem Cvt Terhadap Rpm Sepeda Motor Honda Beat Pgm-Fi Tahun 2015,” vol. 4, no. 1, 2021.
A. Ghazali, “ANALISIS VARIASI PENGGUNAAN ROLLER PADA UKURAN 14 GRAM, 12 GRAM, DAN 10 GRAM TERHADAP TOP SPEED YANG DIHASILKAN MOTOR BEAT ESP 110CC TAHUN 2017,” 2017.
Muhammad Yusuf Firdaus dan Listiyono Listiyono, “Pengaruh Sudut Pulley dan Mangkok Kartel Terhadap Daya dan SFC Motor 160 cc,” Mars J. Tek. Mesin Ind. Elektro Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, hlm. 117–130, Jul 2024, doi: 10.61132/mars.v2i4.241.
R. Afriliardi, M. Y. Setiawan, Andrizal, dan Rifdarmon, “Peningkatan Performa Sepeda Motor Matic Injeksi: Eksperimen Modifikasi Drive pulley dan Roller Tipe Sliding,” JTPVI J. Teknol. Dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 2, no. 4, Art. no. 4, Sep 2024, doi: 10.24036/jtpvi.v2i4.229.
Y. A. Febrian, H. Suryanto, dan E. H. Herraprastanti, “Pengaruh Berat Roller Pada Countinuously Variable Transmission (CVT) Terhadap Performa Sepeda Motor,” vol. 18, no. 1, 2024.
Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. 2013.
R. Rifdarmon, P. Nefri Zofa, E. Alwi, dan D. Fernandez, “TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR MATIC 4 TAK HASIL KEMIRINGAN SUDUT DRIVE PULLEY,” Ensiklopedia Educ. Rev., vol. 4, no. 3, hlm. 237–244, Des 2022, doi: 10.33559/eer.v4i3.1543.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 riko riko hamdani, Erzeddin alwi, Donny Fernandez, Iffarial Nanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.