Modifikasi Pengaktifan VTEC Engine Swap F23a Honda Accord Cielo 1995 Dengan Rangkaian Swicth Control Pedal Gas Terhadap Torsi Dan Daya

Authors

  • Zaka Asshadri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Martias Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Iffarial Nanda Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.318

Keywords:

VTEC, Torsi dan Daya, VTEC Switch Control Pedal Gas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pengaktifan VTEC menggunakan alternatif pemasangan VTEC Switch Control Pedal Gas terhadap torsi dan daya Honda Accord Cielo 1995 Engine Swap F23A. Penelitian ini membandingkan torsi dan daya VTEC Off (tanpa menggunakan VTEC Switch Control Pedal Gas) dengan VTEC On (menggunakan VTEC Switch Control Pedal Gas). Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan torsi dan daya yang signifikan pada Honda Accord Cielo 1995 Engine Swap F23A dengan menggunakan VTEC Switch Control Pedal Gas (VTEC On) dengan hasil t hitung=6,3600 untuk torsi, dan t hitung=252,8458  untuk daya yang lebih besar dari t tabel=2,3534. Hasil persentase peningkatan torsi dan daya juga  memuaskan, dengan hasil peningkatan 7,08% untuk torsi dan 68,51% untuk daya.

The purpose of this study is to examine the effect of activating VTEC using an alternative installation of VTEC Switch Control Pedal Gas on the torque and power of Honda Accord Cielo 1995 Engine Swap F23A. This study compares the torque and power of VTEC Off (without using VTEC Switch Control Pedal Gas) with VTEC On (using VTEC Switch Control Pedal Gas). This research method uses an experimental method. The results of this study showed a significant increase in torque and power in the Honda Accord Cielo 1995 Engine Swap F23A using VTEC Switch Control Pedal Gas (VTEC On) with the results of t counts = 6.3600 for torque, and t counts = 252.8458 for power greater than t table = 2.3534. The results of the percentage increase in torque and power are also satisfactory, with results increasing by 7.08% for torque and 68,51% for power.

References

R. Paslah, “Analisis Penggunaan Ecu Standar Dan Ecu Remap Sepeda Motor Honda Beat Fi 2018 Terhadap Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang,” Universitas Negeri Padang, 2022.

A. T. O. Zulfan, Martias, E. Alwi, and D. S. Putra, “Analisis Penggunaan Piggyback Fuel Adjuster pada Sepeda Motor Fuel Injection Terhadap Performa Mesin dan Pembukaan Injektor,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 2, no. 1, pp. 87–100, Nov. 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v2i1.147.

Azhar, Fauzan, and Zain, “Pengaruh Perubahan Sistem Pemasukan Bahan Bakar dan Rasio Kompresi Motor Bakar 4-Tak Single Cylinder terhadap Torsi dan Daya,” Tek. Terap. Politek. Negeri Jember, 2023.

T. Hosaka and M. Hamazaki, “Development of the Variable Valve Timing and Lift (VTEC) Engine for the Honda NSX,” sae.org, p. 7, Jan. 01, 1991. doi: 10.4271/910008.

E. S. Hasibuan, T. Sugiarto, R. Rifdarmon, and N. Hidayat, “Analisis Penggunaan Clutch Disc dan Clutch Spring Aftermarket Terhadap Torsi dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 FI Analysis Use Of Aftermarket Clutch Disc and Clutch Spring on Torque and Power on The Honda Supra X 125 FI Motorcycle,” vol. 02, no. September, pp. 509–516, 2024, doi: https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.223.

Varis Dwi Isnanto, Martias, M. Nasir, and Muslim, “Analisis Pemasangan Groundstrap Terhadap Emisi Gas Buang, Daya dan Torsi pada Sepeda Motor New Vixion Tahun 2013,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. 2, pp. 287–296, Jul. 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i2.76.

H. Maksum, Teknologi Motor Bakar. Padang: UNP Press, 2012.

M. Nasir, L. Syaifullah, R. Rifdarmon, and N. Hidayat, “Analysis of Citronella Oil Additive Mixing on Engine Performance on 4-Stroke Motorcycles,” Motiv. J. Mech. Electr. Ind. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 127–138, 2023, doi: 10.46574/motivection.v5i1.202.

A. Aziz, M. Nasir, and D. S. Putra, “Pengaruh Pemasangan Throttle Body Racing Terhadap Performa Mesin Pada Sepeda Motor Aerox Tahun 2019 The Effect of Throttle Body Racing Installation on Engine Performance on Aerox Motorcycles in 2019,” pp. 215–222, 2024.

B. Giovani and R. Lapisa, “Pengaruh Penambahan Bahan Bakar Pirolisis Plastik Terhadap Daya dan Torsi pada Sepeda Motor Injeksi 108 cc,” AEEJ J. Automot. Eng. Vocat. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 101–110, 2020, doi: 10.24036/aeej.v1i2.14.

Y. Liu, “Analysis of the structures and performances of Honda VTEC system,” IET Conf. Proc., vol. 2024, no. 24, pp. 142–146, Jan. 2025, doi: 10.1049/icp.2024.4470.

G. Hidayat and A. Winarno, “Modifikasi Mesin Honda Jazz Vtec Ge8 Untuk Kompetisi Balap One Make Race (Omr),” SINTEK J. J. Ilm. Tek. Mesin, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2015, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek/article/view/290

T. K. Wijaya and S. Sitohang, “PERANCANGAN PANEL AOUTOMATIC TRANSFER SWITCH DAN AUOTOMATIC DENGAN KONTROL BERBASIS ARDUINO MAIN FAILURE,” SIGMA Tek., vol. 2, no. 2, pp. 207–223, Nov. 2019, doi: 10.33373/sigma.v2i2.2058.

V. Razaqta, S. Sumaryo, and P. Pangaribuan, “PERANCANGAN SISTEM ELEKTRONIK KUNCI KONTAK KEYLESS PADA SEPEDA MOTOR,” vol. 5, no. Desember, pp. 4112–4119, 2018, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/299926808.pdf

I. Ferdiansyah, D. Dirhamsyah, and A. Ardiansyah, “Pemodelan Sistem Kontrol Exhaust Fan Ter-Integrasi Gas Detector CO Pada Kamar Pompa (Pump Room) Kapal Tanker,” Kapal, vol. 14, no. 2, p. 33, Aug. 2017, doi: 10.14710/kpl.v14i2.14631.

Taryana1, Y. Suprihartini, R. Soebiantoro, H. Widiarto, and N. Desriyanto, “PEMAHAMAN STANDAR PEMASANGAN INSTALASI PENERANGAN RUMAH TINGGAL,” J. Pengabdi. Mandiri, vol. 2, no. 1, pp. 251–260, 2023, doi: https://doi.org/10.53625/jpm.v2i1.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

I. Nanda and T. Sugiarto, “Analisis Pencampuran Oli Bekas dengan Solar Sebagai Bahan Bakar Terhadap Ketebalan Asap pada Motor Diesel,” pp. 15–22, 2019.

A. Hamzah, “Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif Dan Kualitatif Proses Dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal DesainUji Kualitatif dan Kuantitatif,” 2021.

R. Rifdarmon, P. Nefri Zofa, E. Alwi, and D. Fernandez, “TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR MATIC 4 TAK HASIL KEMIRINGAN SUDUT DRIVE PULLEY,” Ensiklopedia Educ. Rev., vol. 4, no. 3, pp. 237–244, Dec. 2022, doi: 10.33559/eer.v4i3.1543.

Hafiz Hidayat, N. Hidayat, Martias, and D. S. Putra, “Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone Electric terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Mobil,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 2, no. 1, pp. 41–50, Oct. 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v2i1.133.

Downloads

Published

2025-07-12

How to Cite

Asshadri, Z., Martias, Rifdarmon, & Nanda, I. (2025). Modifikasi Pengaktifan VTEC Engine Swap F23a Honda Accord Cielo 1995 Dengan Rangkaian Swicth Control Pedal Gas Terhadap Torsi Dan Daya. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(2), 737–746. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.318

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>