Analisis Penggunaan Clutch Disc dan Clutch Spring Aftermarket Terhadap Torsi dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 FI

Authors

  • Erwin Saleh Hasibuan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.223

Keywords:

Clutch Disc, Clutch Spring, Torsi dan Daya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak terhadap torsi dan daya sepeda motor saat menggunakan clutch disc dan clutch spring standar dengan aftermarket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen menggunakan sepeda motor Honda Supra X 125 FI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data secara langsung pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI, kemudian hasil uji diolah menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Penelitian ini membandingkan torsi dan daya yang dihasilkan saat menggunakan clutch disc dan clutch spring standar dengan aftermarket.  Penggunaan clutch disc standar dengan clutch spring aftermarket yang paling ideal dalam meningkatkan torsi dan daya, dengan peningkatan torsi sekitar 0,3% dan peningkatan daya sekitar 4,3%. Dibandingkan dengan penggunaan clutch disc standar dengan clutch spring standar.

This research aims to analyze the impact on motorbike torque and power when using standard and aftermarket of  clutch disc and clutch springs. The method used in this research was an experiment with the Honda Supra X 125 FI motorcycle. The data collection technique in this research was carried out by collecting data directly on the Honda Supra X 125 FI motorcycle, then the test results were processed using descriptive percentage analysis techniques. This research compares the torque and power produced when using standard clutch disc and aftermarket clutch springs ones. Using standard clutch disc with spring aftermarket clutches is the most ideal increased torque and power with an increase in torque of around 0.3% and an increase in power of around 4.3%. Compared to using standard clutch disc with standard clutch springs.

References

Hidayat, H., Hidayat, N., & Putra, D. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone Electric terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Mobil. JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(1), 41-50.

Saputro, Y., Prasetyo, I., & Nadhief, M. T. (2021). Pengaruh Variasi Ukuran Sprocket Belakang Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion tahun 2015.

Jama, J. Dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 3. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Buntarto. 2014. Servis Sistem Clutch pada Sepeda Motor. Yogyakarta: Pustaka baru press.

Handoyono, N. A., & Purnomo, S. (2023). Teknologi Chasis Otomotif.

Lesmana, G., Sugiarto, T., Wagino, W., Arif, A., & Syaifullah, L. (2023). Analisis Penambahan Shim Pegas Clutch terhadap Akselerasi dan Top speed pada Sepeda Motor Yamaha V-Ixion. JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 433-444.

Kishore, S. J. dan Kumar, M. Lava. 2013. Structural Analysis Of Multi-Plate Clutch. International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT) – volume 4 Issue 7–July 2013. 2279-2283.

Wahyudi, W. (2020). Pengaruh Jumlah Pegas Clutch terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Supra X 100 cc. Automotive Science and Education Journal, 9(1), 37-42.

Harahap, M. R. 2017. Fungsi Kerusakan dan Perbaikan Clutch Kendaraan Ringan. Buletin Utama Teknik. Vol. 13, No. 1: 7-14.

A. Prasetiyo dan R. Rifdarmon, “Analisis Variasi Penggunaan Busi pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang,” AEEJ : Journal of Automotive Enginering and Vocational, vol. 1 no. 1, hlm. 31-38, Jun 2020, doi: 10.24036/aeej.vlil.4.

Budiyono, B. (2018). Pengaruh Modifikasi Noken As Suzuki Satria F150 Menggunakan Bearing (Needle Roller Bearing) Terhadap Perubahan Torsi Dan Puncak Tenaga (Peak Power). Surya Teknika, 24-31.

Nasir, M., Syaifullah, L., & Rifdarmon, N. H. Analysis of Citronella Oil Additive Mixing on Engine Performance on 4-Stroke Motorcycles Analisis Pencampuran Zat Aditif Minyak Serai Wangi Terhadap Performa Mesin Pada Sepeda Motor 4 Langkah.

hasan Maksum, dkk. 2012. Teknologi Motor Bakar. Padang. UNP Press.

Lapisa, R., Paslah, R., Andrizal, A., & Hidayat, N. (2023). Penggunaan ECU Standar dan Remap Pada Motor Honda Beat PGM-FI Tahun 2014 Torsi, Tenaga, Konsumsi Bahan Bakar, dan Emisi Gas Buang. Ensiklopedia of Journal, 5(3), 46-51.

Amane, A. P. O., & Laali, S. A. (2022). Metode Penelitian (Lasaudin. Insan Cendekia Mandiri.

Aka, K. A. (2019, October). Integration Borg & Gall (1983) and Lee & Owen (2004) models as an alternative model of design-based research of interactive multimedia in elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012022). IOP Publishing.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Saleh Hasibuan, E., Sugiarto, T., Rifdarmon, & Hidayat, N. (2024). Analisis Penggunaan Clutch Disc dan Clutch Spring Aftermarket Terhadap Torsi dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 FI . JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 509–516. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.223

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>