Analisis Penggunaan Electric Turbocharger Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Modifikasi Injeksi
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.64Keywords:
Electric Turbocharger, Emisi Gas Buang, Konsumsi Bahan BakarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan electric turbocharcger terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan objek penelitian sepeda motor yang dimodifikasi injeksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara langsung dari sepeda motor dengan teknik analisis deskriptif persentase untuk mengukur konsumsi bahan bakar, karbon monoksida (CO), Karbon dioksida (CO2), dan Hidrokarbon (HC), baik dengan electric turbocharger maupun tanpa electric turbocharger. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan electric turbocharger pada sepeda motor dapat menghemat konsumsi bahan bakar sebesar 16,04% pada kecepatan 40 Km/J dan mengurangi emisi gas buang seperti karbon monoksida menurunkan emisi gas buang sebesar 94% pada putaran idle dan hidrokarbon menurunkan kadar emisi gas buang sebesar 49% pada putaran idle namun meningkatkan emisi gas karbon dioksida sebesar 10% pada putaran idle.
This study aims to determine the effect of using an electric turbocharger on exhaust emissions and fuel consumption produced by motorcycles modified with injection systems. This study used an experimental method with the research object being injection-modified motorbikes. The data collection technique in this study was carried out by collecting data directly from injection-modified motorcycles with a percentage descriptive analysis technique to measure fuel consumption, carbon monoxide (CO), carbon dioxide (CO2), and hydrocarbons (HC), both with and without an electric turbocharger. Based on the results of the research data, it can be concluded that the use of an electric turbocharger on an injection modified motorcycle can save fuel consumption by 16.04% at a speed of 40 Km/J and reduce exhaust emissions such as carbon monoxide reducing exhaust emissions by 94% at idle speed and hydrocarbons reducing exhaust emission levels by 49% at idle speed but increasing carbon dioxide gas emissions by 10% at idle speed.
References
Lee, W., Schubert, E., Li, Y., Li, S., Bobba, D., & Sarlioglu, B. (2016). Overview of electric turbocharger and supercharger for downsized internal combustion engines. IEEE Transactions on Transportation Electrification, 3(1), 36-47.
Yusron, M. (2018). Analisa Termodinamika Pemasangan Turbocharger Pada Mesin Bensin Toyota Kijang Innova 2000CC Tipe 1l-4 Terhadap Unjuk Kerja Daya Mesin (Doctoral dissertation).
Amin, Bahrul dan Fisal Ismet. 2016. Teknologi Motor Bensin. Jakarta: Kencana.
Hidayat, Wahyu. (2012). Motor Bensin Modern. Jakarta: Rineka Cipta
Hendrian, B., & Fikha, R. N. (2017). Pengaruh Variasi Pencampuran Bio Etanol Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin. Iteks, 9(1).
Putra, R. C., & Rosyidin, A. (2020). Pengaruh nilai oktan terhadap unjuk kerja motor bensin dan konsumsi bahan bakar dengan busi-koil standar-racing. Jurnal Polimesin, 18(1), 7-15.
Rosid, R., & Naubnome, V. (2017). Simulasi Karakteristik Proses Pembakaran pada Motor Bensin 3000 cc. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana (LJTMU), 4(1), 53-60.
Ramadhani, S. (2019). Analisa perhitungan pembakaran pada motor diesel empat langkah. Jurnal Laminar, 1(1), 1-7.
Najamudin, N. (2018). Analisa Pengaruh Penambahan Zat Aditif Alami Pada Bensin Terhadap Emisi Gas Buang Untuk Sepeda Motor 4 Langkah. Machine: Jurnal Teknik Mesin, 4(1), 6-13.
Purba, L. S. L., & Harefa, N. (2020). Pengaruh Kandungan Oksigen Udara Sekolah Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal EduMatSains, 4(2), 169-182.
Nudu Pati, B. M. (2020). SISTEM MONITORING KADAR UDARA BERDASARKAN BAKU MUTU STANDAR PENCEMARAN UDARA BERBASIS ANDROID (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Yogyakarta).
Soares, L. P. Z. M., & Putra, T. D. (2018). Pengaruh Perbandingan Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Main Jet Karburator Terhadap Performance Motor Bakar Bensin. Proton, 10(1).
Nugraheni, I. K., & Haryadi, R. (2017). Pengujian emisi gas buang motor bensin empat tak satu silinder menggunakan campuran bahan bakar premium dengan etanol. ELEMEN: JURNAL TEKNIK MESIN, 4(1), 22-28.
Mara, I. M., Nuarsa, I. M., Alit, I. B., & Sayoga, I. M. A. (2019). Analisis emisi gas buang kendaraan berbahan bakar etanol. Dinamika Teknik Mesin, 9(1), 45-57.
Mara, I. M., Nuarsa, I. M., Alit, I. B., & Sayoga, I. M. A. (2019). Analisis emisi gas buang kendaraan berbahan bakar etanol. Dinamika Teknik Mesin, 9(1), 45-57.
Jama Jalius dan Wagino, Teknologi Sepeda Motor Jilid I. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK, 2007.
Arimbawa Suka, Pasek Nugraha, dan Rihendra Dantes, “Analisis Pengaruh Campuran Bahan Bakar Pertalite dengan Naphthalene terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Torsi, dan Daya Pada Sepeda Motor 4 Langkah,” Jurnal Terapan Teknik Mesin, vol. 7 no. 1, 2019.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Alwi, Erzeddin, dkk. 2017. “Uji Penghematan Bahan Bakar Kendaraan Dengan Sistem Pembatasan Putaran Mesin”. Volume 2 No 1: Halaman 47- 54.
Shakti, Prakash. 2018. Perhitungan Performa & Pengembangan Mesin Sepeda Motor 125 CC Bensin Turbocharged Direct Injection. Gujarat India.
Rahman, R. Z., Mardji, M., & Paryono, P. (2022). Pengaruh penggunaan elektronik turbocharger terhadap emisi gas buang pada sepeda motor. Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan dan Pengajaran, 2(1), 22-29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jodhi Ananda Prima, Wawan Purwanto, Wakhinuddin S, Ahmad Arif, Hamid Nasrullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.