Analisis Pemasangan Groundstrap Terhadap Emisi Gas Buang, Daya dan Torsi pada Sepeda Motor New Vixion Tahun 2013

Authors

  • Varis Dwi Isnanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Martias Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Muslim Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.76

Keywords:

Emisi Gas Buang, daya, torsi, groundstrap

Abstract

Proses pembakaran yang tidak sempurna berdampak pada performa mesin yang menurun, dan akan berpengaruh terhadap emisi gas buang, daya dan torsi kendaraan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemasangan Groundstarp terhadap emisi gas buang, daya dan torsi pada objek penelitian. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Objek penelitian adalah sepeda motor New Vixion 2013. Instrumen penelitian adalah Dynamometer dan Gas Analyzer. Penggunaan Groundstrap berbahan kawat perak dapat menurunkan kadar HC emisi gas buang kendaraan pada putaran mesin idle sebesar 10, 09%. Selanjutnya dapat meningkatkan daya pada sepeda motor sebesar 1.75% dan torsi pada sepeda motor sebesar 2.21%. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penggunaan Groundstrap mampu mengurangi emisi gas buang serta meningkatkan daya dan torsi pada kendaraan.

The incomplete combustion process has an impact on decreasing engine performance, and will affect exhaust emissions, power and vehicle torque. The purpose of this study was to analyze the Groundstarp installation of exhaust emissions, power and torque on the research object. The research was conducted by experimental method. The research object was the 2013 New Vixion motorcycle. The research instruments were a Dynamometer and a Gas Analyzer. The use of Groundstrap made from silver wire can reduce the HC levels of vehicle exhaust emissions at engine idle speed by 10.09%. Furthermore, it can increase the power of the motorcycle by 1.75% and the torque on the motorcycle by 2.21%. The research results obtained are the use of Groundstrap can reduce exhaust emissions and increase the power and torque of the vehicle.

References

Badan Pusat Statistik RI, “Badan Pusat Statistik Kendaraan,” 2022. https://databoks.katadata. co.id/datapublish/2021/11/29/jumlah-kendaraan-bermotor-ri-capai-13613 -juta-pada-2020-pulau-jawa-terbanyak (accessed Sep. 10, 2022).

N. Adhi Yoga Pambayun, W. Suyanto, and K. Kunci, “Konsep Modifikasi Untuk Meningkatkan Daya Mesin Sepeda Motor,” Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2018.

A. Fatkhuniam, M. Burhan, R. Wijaya, and A. Septiyanto, “Perbandingan Penggunaan Filter Udara Standar dan Racing Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Mesin Sepeda Motor Empat Langkah,” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2018.

S. Arifan Ma and N. Hidayat, “Optimasi Hasil Uji Emisi Gas Buang Sepeda Motor dengan Penambahan Carbon Cleaner Optimal Motorcycle Exhaust Emission Test Results with The Addition Of Carbon Cleaner”, doi: 10.24036/jtpvi.v1i2.26.

J. Sriyanto, “Pengaruh tipe busi terhadap emisi gas buang sepeda motor,” Automotive Experiences, vol. 1, no. 3, pp. 64–69, 2018, doi: 10.31603/ae.v1i03.2362.

S. Gafar, I. Gunawan, and I. Usman, “Pengaruh Penggunaan Cdi Standar dan Cdi Racing Tipe Juken 5 dengan Menggunakan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Yamaha Mio M3 125 Cc,” Dinamika Jurnal Teknik Mesin Unkhair, vol. 6, no. 1, 2021.

T. T. Martono, D. T. Wahyudi, and M. Fathuddin Noor, “Uji Eksperimen Variasi Kawat Dan Rpm Groundstrap Pada Peforma Mesin (4 Langkah),” Combustion: Jurnal Teknik Mesin, vol. 1, no. 1, pp. 1–4, 2022.

A. Sebastian, A. S. Lehman, and J. Sanjaya, “Perancangan Sistem Pengamanan Pada Sepeda Motor,” Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 15, no. 1, pp. 1–10, 2020.

A. F. Kurniawan, R. Lapisa, and I. Y. Basri, “Analisis Pengaruh Pemasangan Groundstrap Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor,” RanahResearch: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, vol. 1, no. 3, pp. 1–6, 2019.

N. Adhi Yoga Pambayun, W. Suyanto, and K. Kunci, “Konsep Modifikasi Untuk Meningkatkan Daya Mesin Sepeda Motor,” Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2018, [Online]. Available: www.astramotor.co.id

B. Amin and F. Ismet, Teknologi Motor Bensin. Jakarta: Kencana, 2016.

H. P. Wijaya, K. R. Dantes, and I. G. Wiratmaja, “Analisis Perbandingan Unjuk Kerja Motor Bensin Dengan Penambahan Groundstrap dengan Material Tembaga Dan Perak Pada Kabel Koil Busi,” Quantum Teknika : Jurnal Teknik Mesin Terapan, vol. 2, no. 2, pp. 59–65, Apr. 2021, doi: 10.18196/jqt.v2i2.10787.

A. F. Kurniawan, R. Lapisa, and I. Y. Basri, “Analisa Pengaruh Groundstrap Pada Karakteristik Tegangan Kabel Busi Sepeda Motor,” Automotive Engineering Education Journals, vol. 7, no. 7, pp. 1–7, 2018.

H. Maksum, W. Purwanto, and Reffles, Teknologi Motor Bakar. Padang: UNP Press, 2012.

I. K. S. Arimbawa, I. N. P. Nugraha, and K. R. Dantes, “Analisis Pengaruh Campuran Bahan Bakar Pertalite Dengan Naphthalene Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Torsi dan Daya Pada Sepeda Motor 4 Langkah,” JJTM, vol. 7, no. 1, 2019.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Varis Dwi Isnanto, Martias, Nasir, M., & Muslim. (2023). Analisis Pemasangan Groundstrap Terhadap Emisi Gas Buang, Daya dan Torsi pada Sepeda Motor New Vixion Tahun 2013. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 287–296. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.76

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>