Hubungan Kelengkapan Peralatan Praktikum Sekolah Terhadap Hasil Belajar SMK Negeri 2 Payakumbuh

Authors

  • Whustha Khairul Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Donny Fernandez Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Erzeddin Alwi Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.62

Keywords:

Kelengkapan peralatan praktikum, Hasil Belajar, Teknologi alat berat

Abstract

Ketidak lengkapan peralatan akan menganggu proses pembelajaran di sekolah maka penelitian korelasi ini bertujuan mengetahui kontribusi kelengkapan peralatan praktikum sekolah dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini Deskriptif Kuantitatif. Uji coba penelitian dilakukan pada kelas X TAB berjumlah 30 siswa, untuk menentukan validitas angket digunakan rumus product momen dengan taraf signifikan 5%. Terdapat instrumen yang tidak valid sebanyak 8 item. Maka dilakukan uji interumen penelitian kepada kelas XI TAB yang berjumlah 31 siswa dengan menggunakan data valid 52 item pernyataan, dari hasil penelitian untuk variabel [X] sebesar 51% dalam kategori lengkap, sedangkan variabel [Y] sebesar 25% dalam kategori rendah. Berdasarkan pengujian hipotesis korelasi nilai Rhitung 0,726 > Rtabel  0,355 sedangkan hasil uji-t Thitung 1,699 > Ttabel 1,696 hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara kelengkapan peralatan praktikum terhadap hasil belajar sebesar 4.8 % pada mata pelajaran Powertrain sebesar 4,8%. 

The purpose of this correlation research is to ascertain the contribution of the completeness of school practicum equipment because inadequate equipment would interfere with the educational process in schools. Quantitative Descriptive research is this kind of study. 30 pupils took part in the study trial in class X TAB. With a significant level of 5%, the product moment formula was employed to assess the questionnaire's validity. Eight instruments are not valid. Then, utilizing accurate data from 52 statement items, the research instrument test for class XI TAB was conducted with a total of 31 students. The research results showed that variable [X] scored 51% in the full category and variable [Y] scored 25% in the low category. Based on evaluating the correlation hypothesis, Rcount is more than Rtable by 0.355 and Tcount is greater than Ttable by 1.699 in the t-test. This is a favorable correlation between learning results in Powertrain courses by 4.8% and the completeness of practical equipment.

References

E. Alwi, M. Harahap, D. Fernandez, dan M. Milana, “Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI TKR SMK Negeri 2 Padang Sidempuan,” EER, vol. 4, no. 3, hlm. 231–236, Des 2022, doi: 10.33559/eer.v4i3.1542.

M. A. Nasrinur, M. Milana, W. Wagino, dan D. Setiawan, “Pengaruh Pengetahuan K3 Terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Melaksanakan Praktikum di Kelas XI TKR Jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Padang,” 2023.

W. Wagino, “Evaluasi Hasil Belajar Mata Kuliah Teknologi Alat Berat di Jurusan Teknik Otomotif FT UNP Berdasarkan Standar EMI LPTK,” PAKAR, vol. 13, no. 1, hlm. 68–78, Jan 2015, doi: 10.24036/pakar.v13i1.90.

W. Wagino, M. R. Rinaldi, D. S. Putra, dan A. Arif, “Hubungan Penerapan Media Pembelajaran E-Learning dengan Metode Pembelajaran Berbasis Penugasan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Otomotif Pada Kuliah Teknologi Alat Berat,” Ensiklopedia of Journal, vol. 5, no. 3, Art. no. 3, Feb 2023, doi: 10.33559/eoj.v5i3.1531.

W. Wagino, A. Dasla, H. Maksum, dan D. Fernandez, “Kontribusi Mata Pelajaran PKKJ Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh,” Ensiklopedia of Journal, vol. 5, no. 3, Art. no. 3, Jan 2023, doi: 10.33559/eoj.v5i3.1555.

P. R. Indonesia, Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Cipta Jaya, 2005.

I. Indrawan, Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Deepublish, 2015.

R. Taufiqur, Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara, 2018.

H. Maksum dan M. Nasir, “Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Lintau Buo,” vol. 1, no. 1, 2023.

R.- Rifdarmon, I. Y. Basri, dan H. Maksum, “PKM Pelatihan Keterampilan Membangun Wirausaha Bengkel Kendaraan Ringan Di Smkn 1 Kec. Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota,” Sulben, vol. 22, no. 3, hlm. 614, Des 2022, doi: 10.24036/sb.03350.

M. Ramdhan, Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.

R. Silaban, A. Erzeddin, dan W. Wagino, “Hubungan Persepsi Siswa tentang Disiplin Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Teknik Dasar-Dasar Otomotif Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan,” 2015.

A. Arif, M. Muslim, W. Wagino, N. Hidayat, dan M. Y. Setiawan, “Keterampilan Tuna Karya Bidang Perawatan dan Servis Sepeda Motor,” 2020.

A. Hamzah, Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.

A. Tanzeh dan S. Arikunto, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, vol. 43, hlm. 22–34, 2020.

S. Ubaidillah, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Servis Engine Otomotif Siswa Kelas XI Program Teknik Kendaraan Ringan SMK NU Lasem Tahun Ajaran 2016/2017,” Thesis, PTO-FKIP, 2017. Diakses: 8 Agustus 2023. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1543

N. Ulfa, “Pengaruh Ketersedian Bengkel Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika,” skripsi, UIN Ar-raniry Banda Aceh, 2020. Diakses: 8 Agustus 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://library.ar-raniry.ac.id

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Khairul, W., Fernandez, D., Alwi, E., & Arif, A. (2023). Hubungan Kelengkapan Peralatan Praktikum Sekolah Terhadap Hasil Belajar SMK Negeri 2 Payakumbuh. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 335–344. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.62

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4