Kontribusi Kelengkapan Peralatan Praktikum Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Kuliah Teknologi Pengecatan Mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang

Authors

  • Yoga Sepriadi Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Muslim Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.196

Keywords:

Kelengkapan peralatan praktikum, Motivasi belajar, Teknologi Pengecatan

Abstract

Pemahaman tentang hubungan kelengkapan peralatan praktikum dan motivasi belajar mahasiswa masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan ini dalam mata kuliah Teknologi Pengecatan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis korelasi product moment dengan sampel sebanyak 86 orang mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kelengkapan peralatan praktikum dan motivasi belajar mahasiswa, dengan nilai korelasi product moment sebesar 0.631 dengan kategori hubungan kuat, untuk nilai determinasi diperoleh sebesar 40%. Dapat disimpulkan tingkat kelengkapan peralatan praktikum yang dirasakan oleh mahasiswa berpengaruh secara positif terhadap tingkat motivasi belajar mereka. Dengan kata lain, semakin lengkap peralatan praktikum yang tersedia, semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa.

Understanding of the relationship between the completeness of practicum equipment and student learning motivation is still limited. This study aims to explore this relationship in the Painting Technology course at the Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang. The research methodology used was quantitative with product moment correlation analysis techniques with a sample of 86 students. The results of the analysis showed a significant positive correlation between the completeness of practicum equipment and student learning motivation, with  a product moment correlation value  of 0.631 with a strong relationship category, for a determination value obtained of 40%. It can be concluded that the level of completeness of practicum equipment felt by students has a positive effect on their level of learning motivation. If the more complete the practical equipment available, the higher the students' learning motivation.

References

H. D. Saputra, F. Ismet, and A. Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” 1, vol. 18, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.

H. Harmanto et al., “Model Penjaminan Mutu Sekolah melalui POS implementasi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP): Naskah Akademik buku 1.” Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan …, 2019. Accessed: May 28, 2024. [Online]. Available: https://repositori.kemdikbud.go.id/30475/

Y. Suvita, T. I. B. Manullang, S. Sunardi, and M. Supriatna, “Kelengkapan Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif,” Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, vol. 6, no. 2, pp. 155–164, 2022.

Z. Fauzi, W. Purwanto, R. Chandra, A. Arif, and H. D. Saputra, “Kontribusi PLK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang,” AEEJ, vol. 3, no. 1, pp. 23–32, Jun. 2022, doi: 10.24036/aeej.v3i1.40.

W. Wagino, D. Fernandez, H. D. Saputra, N. Asiah, A. A. Batubara, and R. D. Koto, “Feasibility Study of the Facilities and Infrastructure for the Class XI Light Vehicle Engineering Practice as a Prepareredness for the Implementation of MBKM in Vocational Schools,” Proceedings of Vocational Engineering International Conference, vol. 5, pp. 610–620, 2023.

M. Muslim, A. Ambiyar, D. Setiawan, and R. Putra, “Developing project-based learning tools for light vehicle engine maintenance subjects at vocational high school,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 10, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2020, doi: 10.21831/jpv.v10i1.29564.

E. Kaswita, “Implementasi Hak Atas Pendidikan Oleh Pemerintahan Daerah Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Di Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan,” PhD Thesis, Universitas Islam Riau, 2020. Accessed: May 28, 2024. [Online]. Available: https://repository.uir.ac.id/14050/

B. R. Maulana, Martias, D. Fernandez, and Muslim, “Analisis Kesesuaian Sarana dan Prasarana Praktikum Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK N 1 Bukittinggi,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 3, Art. no. 3, Aug. 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i3.88.

H. Maksum, W. Purwanto, M. Martias, and S. B. Ahmad, “Project-based training for teachers at vocational schools to prepare online modules in West Sumatra,” 1, vol. 8, no. 6, Art. no. 6, Jun. 2023, doi: 10.31603/ce.8229.

H. Maksum and W. Purwanto, “The Development of Electronic Teaching Module for Implementation of Project-Based Learning during the Pandemic,” International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, vol. 10, no. 2, Art. no. 2, Mar. 2022, doi: 10.46328/ijemst.2247.

B. Susanti, “Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang,” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 387–396, 2019, doi: 10.35568/naturalistic.v3i2.399.

R. Yussandi, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Simulasi Pengecatan Kendaraan Berbasis Android,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 3, Art. no. 3, Oct. 2021, doi: 10.33365/jatika.v2i3.1240.

A. R. Damanik, Z. P. Nasution, and G. C. R. Hasibuan, “Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK 3) pada Proyek Preservasi Jalan Simpang Siak Sri Indrapura – Mengkapan/Buton (MYC) di Kabupaten Siak,” Jurnal Syntax Admiration, vol. 3, no. 12, Art. no. 12, Dec. 2022, doi: 10.46799/jsa.v3i12.517.

H. D. Saputra, D. Setiawan, M. Muslim, B. Amin, and R. Putra, “The effect of e-learning media on the improvement of learning outcomes in the Vehicle Body Construction course for students of the Department Automotive Faculty of Engineering UNP,” INVOTEK, vol. 21, no. 1, pp. 69–76, Feb. 2021, doi: 10.24036/invotek.v21i1.893.

A. F. Noveli, H. Maksum, M. Nasir, and N. Hidayat, “Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Jun. 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i2.67.

N. Hidayat, G. Ganefri, A. Yulastri, M. Muslim, and M. Y. Setiawan, “Hubungan antara Motivasi Berwirausaha dengan Sikap Kewirausahaan bagi Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” AEEJ, vol. 3, no. 2, pp. 113–122, Dec. 2022, doi: 10.24036/aeej.v3i2.149.

R. F. Prasetyo, N. Apriyanto, and F. Fatra, “Pengaruh Kelengkapan Alat dan Bahan Praktik Bengkel Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transmisi,” Journal of Vocational Education and Automotive Technology, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2020.

S. Sakdiyah and F. Fajar, “Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 16 Banda Aceh,” Jurnal Sain Ekonomi dan Edukasi (JSEE), vol. 8, no. 2, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

M. Ramdhan, Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.

S. Andamdewi, “Hubungan Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja Pegawai Bagian Sekretariat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat,” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2020, doi: 10.24036/bmp.v1i1.2698.

A. Tanzeh and S. Arikunto, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, vol. 43, pp. 22–34, 2020.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Aflabeta, 2014.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Yoga Sepriadi, Saputra, H. D., Wagino, & Muslim. (2024). Kontribusi Kelengkapan Peralatan Praktikum Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Kuliah Teknologi Pengecatan Mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(3), 327–336. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i3.196

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>