Optimasi pada Sepeda Motor FI penggunaan ECU Programmable dan Campuran Ethanol terhadap Emisi Gas Buang dengan Metode Taguchi

Authors

  • Akmal Gunawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.134

Keywords:

Emisi, ECU Programmable, Campuran Ethanol, Metode Taguchi

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perubahan kadar nilai pada CO dan HC yang didapat dari emisi gas buang, sepeda motor FI memakai ECU Programmable (3 variansi perlakuan pada saat penginjeksian dan saat pengapian) penggunaan 3 jenis busi dan 3 jenis campuran ethanol di setiap pengujian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil optimal pada pengujian terhadap emisi gas buang yang dihasilkan sepeda motor. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan metode taguchi. Objek penelitian ini adalah sepeda motor FI. Dengan hasil penelitian, karbon monoksida (CO) dengan respon rata-rata optimal yaitu faktor A2 (2,59%), B3 (2,81%), C1 (2,67%), dan D3 (1,63%), sedangkan respon rata-rata optimal hidrokarbon (HC) yaitu faktor A2 (257,33ppm), B3 (252,44ppm), C3 (295,22ppm), dan D3 (230,89ppm).

This study examines the changes in CO and HC values obtained from exhaust emissions, FI motorcycles using Programmable ECU (3 variants of treatment at the time of injection and at the time of ignition) using 3 types of spark plugs and 3 types of ethanol mixture in each test. The research aims to determine the optimal results in testing the exhaust emissions produced by motorcycles. This research is an experimental type with the Taguchi method. The object of this research is FI motorcycle. With the results of the study, carbon monoxide (CO) with the optimal average response is factor A2 (2.59%), B3 (2.81%), C1 (2.67%), and D3 (1.63%), while the optimal average response of hydrocarbons (HC) is factor A2 (257.33ppm), B3 (252.44ppm), C3 (295.22ppm), and D3 (230.89ppm).

 

References

M. A. Afwan and W. D. Rahardjo, "Pengaruh Penggunaan ECU standar dan ECU Juken Dengan Variasi Injektor Terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Yamaha Vixion," Automotive Science and Education Journal, 2020.

Firmansyah, M. S., Purwanto, W., Maksum, H., Arif, A., & Setiawan, M. Y. (2023). Analisis Emisi Gas Buang (CO, CO2 dan HC) pada Sepeda Motor FI dengan Variasi Saat Pengapian, Saat Penginjeksian dan Jenis Bahan Bakar. JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 145-158.

Wahyu, D.H.2013. Sistem Bahan Bakar Pada Motor. Yogyakarta: Javalitera.

I. Ma'ruf, E. Marlina and N. Robbi, "Pengaruh ECU standar dan ECU racing Terhadap Performa Motor Bensin Yamaha Vixion 150 CC," Jurnal Sains dan Teknologi Teknik Mesin Unisma, 2023

Fanani, A.H. (2019). “Analisis Unjuk Kerja Mesin Dengan Bahan Bakar Kombinasi Bioetanol dan Pertalite Pada Sepeda Motor 4 Langkah”. Ilmiah Teknik Mesin: Vol. 4 No. 1

Alief, Muhammad. (2022). “Pengaruh Nilai RON Pada Bahan Bakar Jenis Bensin terhadap Emisi Gas Buang”. Jurnal Penelitian: Vol. 6 No. 2

Siswanto, Eko. (2022). “Studi Komparasi Motor Bakar 6 Tak Dengan Siklus Dua Kali Pengapian Menggunakan Bahan Bakar Pertamax dan Ethanol“. Rekayasa Mesin: Vol. 13 No.2.

A. Z. Mendiburu, C. H. Lauermann, T. C. Hayashi, D. J. Mariños, R. B. R. d. Costa, C. J. Coronado, J. J. Roberts and J. A. d. Carvalh, "Ethanol as a renewable biofuel: Combustion characteristics and application in engines," Energy, vol. 257, 2022.

Chaniago, I. P., Purwanto, W., & Arif, A. (2023). Optimasi Sistem Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi. JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 181-190.

Purwanto, W., Afif, F., Lapisa, R., Yuvenda, D., Setiawan, M. Y., & Saputra, H. D. (2022). Optimasi Penggunaan Jenis Busi, Oli, Dan Campuran Ethanol Bensin Terhadap Peningkatan Suhu Dan Jarak Tempuh Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi. AEEJ: Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 3(2), 79-92.

Amin, Bahrul & Ismet, Faisal. 2016. Teknologi Motor Bensin. Jakarta: Kencana.

Madagaskar. (2020). “Pengaruh Penambahan Bioetanol dari Mahkota Nanas Terhadap Emisi Gas Buang pada Mesin Motor 4 Langkah”. Program Studi Teknik Mesin UM Metro: Vol. 9 No. 2

Setyanto, Nasir Widha & Lukodono, Rio Prasetyo. 2017. Teori dan Aplikasi Desain Eksperimen Taguchi. Malang: UB Press.

Sirwansyah, Zaldy Suzen. (2023). “Optimasi Variasi Jumlah Blade Inlet Turbo Pada Waterjet Thruster Mini Terhadap Gaya Dorong Menggunakan Metode Taguchi”. Teknik Mesin Unkhair: Vol. 8 No. 2

N. W. Setyanto and R. P. Lukodono, Teori dan Aplikasi Desain Eksperimen Taguchi, Malang: UBPress, 2017.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Gunawan, A., Purwanto, W., Sugiarto, T., & Arif, A. (2024). Optimasi pada Sepeda Motor FI penggunaan ECU Programmable dan Campuran Ethanol terhadap Emisi Gas Buang dengan Metode Taguchi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.134

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>