Kontribusi Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Kelas XI TKR Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin dan Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang

Authors

  • Govin Setiawan Lubis Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Donny Fernandez Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.130

Keywords:

Kreativitas, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kontribusi kreativitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI TKR pada mata pelajaran PMKR di SMK N 1 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar hubungan kreativitas terhadap hasil belajar PMKR. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitiannya siswa kelas XI TKR yang mengikuti pembelajaran mata pelajaran Pemeliharaan Mesin dan Kendaraan Ringan sebanyak 85 orang siswa. Angket digunakan sebagai alat penelitian untuk melihat kreativitas belajar dan mengukur hasil data angket dengan data hasil belajar PMKR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar PMKR dengan nilai r hitung 0,283 dengan kategori korelasi sedang dan berkontribusi sebesar 8,089%.   

This research discusses the contribution of learning creativity to the learning outcomes of class XI TKR students in the PMKR subject at SMK N 1 Padang. This research aims to see how much creativity is related to PMKR learning outcomes. This research is correlational research. The research subjects were 85 students in class XI TKR who were studying the subject of Machine and Light Vehicle Maintenance. The questionnaire is used as a research tool to see learning creativity and measure the results of the questionnaire data with PMKR learning outcome data. The research results show that there is a positive and significant relationship between creativity and PMKR learning outcomes with a calculated r value of 0.283 with a medium correlation category and a contribution of 8.089%.

References

Mukhlason, A., Winanti, T., & Yundra, E. (2020). Analisa Indikator Smk Penyumbang Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education(JVTE),2(2),29–36.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 KelaS IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118

Ismayani, M. R. (2013). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67–86.

Nita, O. (2019). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal KIBASP, 3(1), 92–103. https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i1.903.

Nurfitriyani, M. (2015). Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Kalkulus. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 219–226. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.157.

Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan

Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37. https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47.

Septiana, R., Gani, R. A., & Yuyun Elizabeth. (2018). Hubungan Kreativitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 6–10.

Sari, Agnes Mai. (2017). Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Penataan Sanggul (Up Style) pada Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Padang. (online), Vol. 15, No. 2, (http://ejournal.unp.ac.id/index. php/jhet/article/view/10587, diakses pada 1 Oktober 2020).

Vestena, Carla Luciane Blum. (2020). Intelligence and Creativity: Epistemological Connections and Operational Implications in Educational Contexts. Vol. 11 No. 7 (online), (https://www.scirp.org/journal/paperinformation.aspx? paperid=101890, diakses pada 19 Januari 2020).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Botty, M. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265.

Septiana, R. (2018). Hubungan Kreativitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1),

Fenandes, Y., Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Kontribusi Kreativitas dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Mimbar Ilmu, 26(1), 39–44. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31337

Downloads

Published

2023-10-12

How to Cite

Lubis, G. S., Maksum, H., Fernandez, D., & Arif, A. (2023). Kontribusi Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Kelas XI TKR Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin dan Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i1.130

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>