Pengaruh Kelengkapan Alat Praktikum Terhadap Hasil Belajar Praktek Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO Di SMKN 2 Kota Sungai Penuh
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.178Keywords:
Kelengkapan, Praktik, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh kelengkapan alat praktik bengkel terhadap hasil belajar praktek mata Pelajaran sasis Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK 2 Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan objek penelitiannya adalah siswa kelas XI TKRO. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh dan semua siswa dijadikan sampel sebanyak 62 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penellitian ini observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa table kelengkapan dan niilai yang selanjutnya akan diolah, sehingga mengasilkan hasil pengaruh kelengkapan. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa Dimana nilai signifikasi dari table koefisien diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,005, sehingga dapat disimpulkkan bahwa variabel kelengkapan alat praktik (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar praktik siswa (Y).
The purpose of this study is to determine how the completeness of workshop practical instruments affects the practical learning objectives of the Light Vehicle Engineering Department's chassis course at SMK 2 Kota Sungai Penuh. The research object in this study is the class XI TKRO students, and the descriptive correlation method is employed. The 62 students who were sampled for this study were all majoring in Automotive Light Vehicle Engineering at SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh. In this study, documentation and observation are the methods used to acquire data. The data gathering tool takes the form of a completeness and values table, which will be processed to produce results related to the completeness effect. The research data results indicate that the variable completeness of practical tools (X) influences the variable student practical learning outcomes (Y). The significance value from the coefficient table, where the value is obtained, is 0.001 < 0.005, supporting this conclusion.
References
Murniati, A. R., Usman, N., & Ulfah Irani, Z., “Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (Dual-Based-System) Dan Kewirausahawan (School-Based Entrepreneurship).” Deepublish, 2021.
S. W. Zakiyawati, S. Trihantoyo, J. M. Pendidikan, F. I. Pendidikan, and U. N. Surabaya, “Urgensi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar pada jenjang sekolah menengah kejuruan,” J. Inspirasi Manaj. Pendidik., vol. 9, pp. 200–214, 2021.
A. Khardin, S. Suparno, P. Primawati, A. K, R. Refdinal, and Y. Yufrizal, “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Padang,” J. Vokasi Mek., vol. 2, no. 2, pp. 73–85, 2020, doi: 10.24036/vomek.v2i2.76.
R. Rahmadian et al., “Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Dasar Teknik Mesin Kelas X Di Smk Negeri 1 Padang the Effect of Video Learning Media on Learning Outcomes in Class X Mechanical Engineering Basic Education Courses At Smk N,” vol. 5, no. 1, pp. 21–25, 2023.
V. Rahmayanti, “Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 1, no. 2, pp. 206–216, 2016, doi: 10.30998/sap.v1i2.1027.
A. Syafiq and H. Sofyan, “Sarana Dan Prasarana Berdasarkan Feasibility Facilities and Infrastructure Practice Reviewed,” J. Pendidik. Tek. Otomotif, pp. 130–140, 2018.
M. B. B. and E. Plutzer, “Instrumen Penelitian,” p. 6, 2021.
E. S. Wahyuningsih, Model Pembelajaran Mastery Learning.
T. Y. Setyawan, “Pengaruh Metode Praktik Langsung Dengan Variasi Game Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Teknologi Perkantoran,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 177–187, 2021, doi: 10.21831/jitp.v7i2.36185.
M. Leni and Sholehun, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong,” J. Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 2, no. 1, pp. 66–74, 2021, [Online]. Available: https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582
J. T. NIM., “Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Praktik Program Studi Keahlian Teknik Sepeda Motor,” vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2015, [Online]. Available: http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12
P. M. Abdullah, Metodologi Penelitian Kuantitatif. 2015.
M. A. N. Andre, M. Milana, W. Wagino, and D. Setiawan, “Pengaruh Pengetahuan K3 Terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Melaksanakan Praktikum di SMK Negeri 5 Padang,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. 1, pp. 37–44, 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i1.5.
R. Fatchur, “Pengaruh Kelengkapan Alat dan Bahan Praktik Bengkel Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transmisi,” vol. 2, no. 2, pp. 134–141, 2020.
Q. Masruroh, N. Apriyanto, F. Fatra, and M. K. Bahar, “Pengaruh Teaching Factory dan Sarana Prasarana Bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor Kompetensi Sistem Rem,” J. Vocat. Educ. Automot. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Hamdil Qashwa, Milana, Wagino, Hendra Dani Saputra, Desti Ariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.