Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Lintau Buo

Authors

  • Ismail Ismail Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.20

Keywords:

minat, minat mekanik otomotif, hasil belajar siswa

Abstract

Banyak siswa yang belum mengenali minat yang dimilikinya ditunjukkan dengan minimnya perhatian dan keseriusan siswa dalam melakukan kegiatan praktek dan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara minat mekanik otomotif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran perawatan mesin kendaraan ringan kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Lintau Buo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif jenis korelasional. Diketahui adanya hubungan yang positif antara minat mekanik otomotif dengan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai sig nya 0.424 > 0.05 dengan nilai r tabel berdasarkan pedoman derajat hubungan sebesar 0.113 berada diantara 0.00-0.200 yang artinya sangat kurang. Berdasarkan rumus koefisien determinan didapatkan 12,57% yang artinya besarnya kontribusi minat mekanik otomotif terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat pemeliharaan mesin kendaraan ringan adalah sebesar 12,57%. 

Many students who do not recognize their interests are shown by the lack of attention and seriousness of students in carrying out practical and learning activities. The purpose of this study is to find out how the relationship between automotive mechanical interest in student learning outcomes in the subject of light vehicle engine maintenance class XI Light Vehicle Engineering SMK Negeri 1 Lintau Buo. This study used a descriptive method of correlational type. It is known that there is a positive relationship between the interest of automotive mechanics and student learning outcomes, indicated by the sig value of 0.424 > 0.05 with the table r value based on the guidelines of the degree of relationship of 0.113 being between 0.00-0.200 which means it is very lacking. Based on the determinant coefficient formula, 12.57% was obtained, which means that the amount of contribution of automotive mechanical interest to student learning outcomes in the eyes of light vehicle engine maintenance training is 12.57%.

Author Biographies

Ismail Ismail, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Hasan Maksum, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

M Nasir, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Wagino Wagino, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

L. Simanihuruk et al., E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis, 2019.

N. Soyomukti, “Teori-Teori Pendidikan-Dari Tradisional,(Neo) Liberal,” Marx. Hingga, 2015.

A. W. DOMI GUSTA, “Pengaruh Layanan Perencanaan Individual Terhadap Kesiapan Peserta Didik Dalam Menentukan Sekolah Lanjutan Di Smp Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2020.

J. Maknun, “Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Boarding SchoolBerbasis KeunggulanLokal,” Pdf, JPTA FPTK UPI, 2006.

D. PUTRA, “PROSES BERFIKIR KREATIF GURU BK DALAM MEMUNCULKAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMAN 1 SUNGAYANG,” 2017.

C. D. Prasetyo, I. S. Suja’i, and M. A. R. Asrori, “Pengaruh Gaya Belajar, Minat Belajar, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 5744–5752, 2021.

F. Fauzan, H. Maksum, W. Purwanto, and E. Indrawan, “Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO),” Mimb. Ilmu, vol. 26, no. 1, pp. 45–51, 2021.

A. M. Rochmah, “Redesain Interior Gedung Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif Sebagai Sarana Riset dan Edukasi Dengan Konsep Futuristik.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

N. Fatmawati, “KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Deyangan 2, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang).” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018.

B. Rahim, N. Nasrun, and H. Maksum, “Kontribusi Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Solok,” Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 2, no. 4, 2013.

R. Silaban, E. Alwi, and W. Wagino, “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Diklat Teknik Dasar-dasar Otomotif Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor Smk Negeri 1 Koto XI Tarusan,” Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 4, no. 1, 2015.

R. Rismawati, “PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV (Kuasi eksperimen kuantitatif di SD Negeri 2 Langensari kelas IV Kec. Lembang Kab. Bandung Barat).” FKIP UNPAS, 2020.

A. Hikmah, Y. Roza, and M. Maimunah, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Soal Spldv,” Media Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 29–35, 2019.

M. Taufik, S. Sukmadinata, I. Abdulhak, and B. Y. Tumbelaka, “Desain Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung,” Berk. Fis., vol. 13, no. 2, pp. 31–44, 2010.

P. Sugiyono, “Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D,” Alpabeta, Bandung, 2011.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Ismail, I., Maksum, H., Nasir, M., & Wagino, W. (2023). Hubungan Minat Mekanik Otomotif dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Lintau Buo. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(1), 125–132. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.20

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4