Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Mahasiswa PPLK dengan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.56Keywords:
Persepsi Siswa, Kompetensi Mahasiswa PPL, Hasil Belajar SiswaAbstract
Masih ada mahasiswa PPL yang belum bisa menyesuaikan diri dengan suasana kelas, kurang menguasai mata Pelajaran dan materi yang disampaikan, serta belum mengetahui cara merencanakan dan menggunakan lingkungan belajar yang baik dan benar sehingga mahasiswa belum sepenuhnya mengetahui materi yang diajarkan. Mahasiswa belum memahami penjelasan yang akan diajarkan yang mengakibatkan banyak hasil belajar siswa di bawah Standar Keunggulan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk menggungkapkan hubungan persepsi siswa tentang kompetensi mahasiswa PPLK dengan hasil belajar siswa dengan mengunakan metode kuantitatif yang bersifat korelasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan penyebaran angket dan menggunakan teknik analisis data deskriptif, uji persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa “ada hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi mahasiswa PPLK dengan hasil belajar siswa TKRO kelas XI pada mata pelajaran PMKR SMKN 1 Sumatera Barat yang dicapai” pada tingkat yang signifikan. 0,05.
There exist a subset of students engaged in the PPL program who exhibit limited proficiency in creating a conducive classroom environment, comprehending and effectively utilizing teaching materials, and designing appropriate learning media. Consequently, these students struggle to fully comprehend the explanations provided during the learning process, leading to a significant number of students failing to meet the minimum proficiency standards. The purpose of this study is to investigate the link between students' views of PPLK student competency (X) and their learning results (Y). The research data analysis indicates that there exists a statistically significant association between student views of PPLK student competency and the learning results of class XII TKRO students at SMKN 1 West Sumatra in the PMKR subject. This relationship has been accepted at a significance level of 0.05.
References
W. Zendrato, “Pengaruh Persepsi dan Kesiapan Atas Program Sertifikasi Terhadap Motif Berprestasi Guru Pada SMA Swasta Kampus Telukdalam Kabupaten Nias Selatan,” JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, hlm. 250–250, Feb 2020.
K. Wijaya, S. Dewi, dan A. Safitri, “Pengaruh Pengetahuan Lingkungan, Persepsi Dan Perilaku UMKM Batik Di Pekalongan Dalam Mengimplementasikan Green Economy,” Jurnal Iqtisaduna, vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Nov 2022, doi: 10.24252/iqtisaduna.v8i2.32286.
M. H. Ita, “Teknologi Informasi Komunikasi sebagai Media Pembelajaran (Studi Eksperimen Penggunaan Media Pembelajaran pada Hasil Belajar Siswa/I yang dimoderasi oleh Tingkat Kognisi di Madrasah Aliyah Nudiya Semarang),” masters, Postgraduate Program in Communication Studies, 2015. Diakses: 17 Agustus 2023. [Daring]. Tersedia pada: http://eprints.undip.ac.id/46915/
S. Y. Putri, “Persepsi Mahasiswa terhadap Penerapan Konten Mata Kuliah Microteaching dalam Pelaksanaan Program Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) :,” 1, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Jul 2021, doi: 10.24036/jecco.v1i1.4.
M. Elfin, E. Indrawan, R. Lapisa, dan M. Mulianti, “Hubungan Pengalaman Praktek Industri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang,” Vokasi Mekanika, vol. 4, no. 2, hlm. 25–30, Mei 2022, doi: 10.24036/vomek.v4i2.329.
Z. Fauzi, W. Purwanto, R. Chandra, A. Arif, dan H. D. Saputra, “Kontribusi PLK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang,” AEEJ, vol. 3, no. 1, hlm. 23–32, Jun 2022, doi: 10.24036/aeej.v3i1.40.
A. Arif dkk., “Pengaruh Peranan Bimbingan dan Konseling Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK,” 1, vol. 21, no. 2, Art. no. 2, Jul 2023, doi: 10.24036/pakar.v21i2.382.
H. D. Saputra, T. Sugiarto, W. Purwanto, F. H. Afifi, F. Hidayat, dan E. Alwi, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK,” AEEJ, vol. 3, no. 2, hlm. 105–112, Des 2022, doi: 10.24036/aeej.v3i2.138.
E. K. Simorangkir dan E. P. Pangestie, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Agu 2022, doi: 10.37304/pandohop.v2i2.5125.
D. Aulia, M. Martias, dan T. Sugiarto, “Kontribusi Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif FT-UNP,” MTED, vol. 1, no. 1, hlm. 1–8, Jan 2020, doi: 10.46574/mted.v1i1.9.
S. Susanto, W. Wagino, D. Fernandez, H. D. Saputra, dan A. Asra, “Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 3, Art. no. 3, Agu 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i3.85.
S. Irawati dan I. Idrus, “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi,” Diklabio, vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Nov 2020, doi: 10.33369/diklabio.4.2.202-208.
A. F. Noveli, H. Maksum, M. Nasir, dan N. Hidayat, “Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Jun 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i2.67.
S. Novita dkk., “Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Selama Pandemi: Laporan Deskriptif Tentang Kesenjangan Pendidikan,” Journal of Psychological Science and Profession, vol. 6, no. 2, Art. no. 2, Agu 2022, doi: 10.24198/jpsp.v6i2.37493.
A. Fauzi, A. Zohriah, dan R. A. Lughowi, “Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Melalui Pemberdayaan Guru Bidang Studi,” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Jun 2022, doi: 10.53625/jabdi.v2i2.2652.
M. F. Husna dan T. R. Novita, “Literasi Digital dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Uswatun Hasanah Mirza Kota Binjai,” Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Jan 2022, doi: 10.54082/jamsi.196.
R. Rahmat, M. Mulianti, P. Purwantono, dan R. A. Nabawi, “Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL UNP Terhadap Hasil Belajar Teknik Mesin Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat,” Vokasi Mekanika, vol. 3, no. 3, hlm. 102–108, Agu 2021, doi: 10.24036/vomek.v3i3.240.
Sugiyono;, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, 2013. Diakses: 13 Juli 2023. [Daring]. Tersedia pada: //digilib.unigres.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D43
A. Tanzeh dan S. Arikunto, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, vol. 43, hlm. 22–34, 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irvan Rizky Arya, Martias, Erzeddin Alwi, M Yasep Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.