Hubungan Kecukupan Peralatan Praktik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Authors

  • Alfiza Candra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.47

Keywords:

Sekolah Menengah Kejuruan, Kecukupan Peralatan Praktik, Motivasi Belajar

Abstract

Kecukupan peralatan praktek dapat mengakibatkan rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecukupan peralatan praktik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode deskriptif jenis korelasional dipilih dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang positif antara kecukupan peralatan praktik dengan motivasi belajar siswa. Hal ini tercermin dalam koefisien korelasi (rhitung) lebih besar dari rtabel product moment (0.628) > r tabel 0.374) dan juga untuk keberartian koefisien korelasi didapatkan nilai thitung (3.879) > t tabel (1.701). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecukupan peralatan praktek dengan  motivasi belajar siswa mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor siswa kelas XI TBSM  SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

The adequacy of practice equipment can result in low student learning motivation. The purpose of this research is to determine the relationship between the adequacy of practice equipment and student learning motivation in the subject of motorcycle electrical maintenance in the 11th grade of TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat. A descriptive correlational method was chosen for this study. The research results indicate a positive relationship between the adequacy of practice equipment and student learning motivation. This is reflected in the correlation coefficient (r-value), which is greater than the product moment's r-table value (0.628 > 0.374), and the significance of the correlation coefficient is supported by the t-value (3.879 > 1.701). Therefore, it can be concluded that there is a significant relationship between the adequacy of practice equipment and student learning motivation in the subject of motorcycle electrical maintenance for 11th-grade students at TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat. 

Author Biographies

Alfiza Candra, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Hendra Dani Saputra, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

M Nasir, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Nuzul Hidayat, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

Rachman, Aditya, Yusep Sukrawan, and Dedi Rohendi. "Penerapan model blended learning dalam peningkatan hasil belajar menggambar objek 2 dimensi." Journal of Mechanical Engineering Education, 2019: 145-152.

Hananto, Agung, and Winnie Septiani. "Pendekatan Soft System Methodology Untuk Perancangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Produksi." Jurnal Teknik Industri, 2020: 53-65.

Megasari, Rika. "Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi." Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2020: 636-648.

Arif, A., Milana, M., Sugiarto, T., Purwanto, W. and Hidayat, N. "Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Media Pembelajaran Programmed Fuel Injection." Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022: 304-310.

Wardina, Unung Vera, Nizwardi Jalinus, and Lise Asnur. "Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4.0." Jurnal Pendidikan 20.1 (2019): 82-90.

Gayatri, Salsa Mei Indah, and Hambali Hambali. "Persepsi Siswa Vokasi terhadap Sarana dan Prasarana Bengkel Instalasi Motor Listrik di Sekolah." Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 4.1 (2023): 375-380.

Megasari, Rika. "Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi." Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2.1 (2020): 636-648.

satria, agung and yuhendri, muldi. Analisis Kelengkapan Peralatan PraktekDasar Listrik Elektronika di SMK.Universitas Negeri Padang, Padang 2021.

Sari, Indah. "Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris." Jumant 9.1 (2018): 41-52.

Setiawan, Dedi, Hendra Dani Saputra, and M. Nasir. "Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa." INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 19.1 (2019): 67-74.

Isnaini, Lalu Moh Yudha, and Wahyu Hananingsih. "Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Pada UKM Bola Basket di Universitas Nahdlatul Ulama NTB." JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 2.1 (2018).

Yuliastuti, Eka Maulita, Tritjahjo Danny Soesilo, and Yustinus Windrawanto. "Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Kristen 2 Salatiga." Journal Psikologi Konseling 15.2 (2019).

Octavia, Shilphy A. Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Deepublish, 2020.

A. Hikmah, Y. Roza, and M. Maimunah, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Soal Spldv,” Media Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 29–35, 2019.

Makbul, M. "Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian." (2021).

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Candra, A., Dani Saputra, H., Nasir, M., & Hidayat, N. (2023). Hubungan Kecukupan Peralatan Praktik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 241–250. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.47

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>