Kontribusi Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMKN 1 Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.60Keywords:
Kontribusi Gaya Belajar, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa Dimasa Pendemi Covid-19Abstract
Adanya covid-19 menyebabkan sitem pembelajaran berubah menjadi pembelajaran online, hal ini menyebabkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran daring. Terdapat 65% atau 55 orang siswa yang memperoleh nilai di bawah standar ketuntasan minimum. Siswa belum mampu mengembangkan materi yang disampaikan guru. Siswa kurang serius dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bersifat korelasi yang bertujuan untuk mengetahui berapa besar kontribusi gaya belajar (X) terhadap hasil belajar siswa dimasa pendemi covid-19 (Y). Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas X jurusan otomotif di SMKN 1 Sumatera Barat sebanyak 85 orang peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan uji coba instrument terdapat 30 soal valid dan 1 soal tidak valid. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menyatakan bahwa “Terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar dimasa pendemi covid-19 siswa pada mata pelajaran TDO kelas X di SMKN 1 Sumatera Barat” diterima dengan taraf signifikan 0,05.
The existence of covid-19 has caused the learning system to change to online learning, this has caused students who have a kinesthetic learning style to have difficulty following online learning. There are 65% or students who score below the minimum standard of completeness. Students have not been able to develop the material presented by the teacher. Students are less serious in following the lesson. This research is a correlation study which aims to find out how much learning style (X) contributes to student learning outcomes during the Covid-19 pandemic (Y). The population in the study were 85 students in class X majoring in automotive at SMKN 1 West Sumatra. Data collection techniques using questionnaires and documentation. Based on the instrument trial, there were 30 valid questions and 1 invalid question. Based on the analysis of the research data, it states that "There is a positive and significant relationship between learning styles and learning outcomes during the Covid-19 pandemic for students in class X TDO subjects at SMKN 1 West Sumatra" accepted with a significant level of 0.05.
References
Nana Sudjana. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syaiful Sagala. 2017. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.
Sulis Prianto. 2013. Pengaruh Kemandirian dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan. Vol.2(1).
M. Nur Ghufron & Rini Risnawati. 2017. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwanto. 2018. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar.
Mulyanto, M., Purwanto, W., Maksum, H., & Indrawan, E. (2021). Kontribusi Disiplin Belajar, Efikasi Diri dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 85-94.
Fauzan, F., Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO). Mimbar Ilmu, 26(1), 45-51.
Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Munif Chatib. 2011. Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
M. Nur Ghufron & Rini Risnawati. 2017. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahim, B., Nasrun, N., & Maksum, H. (2013). Kontribusi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMKN Negri 2 Solok. Automotive Engineering Education Journals, 2013,2.4.
Muh Yaumi. 2018. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Grup.
Creswell. 2018. Jenis-Jenis Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ida, FM, & Maksum, H. (2020). Kontribusi Gaya Belajar, Kreativitas Belajar dan Minat Eksplorasi terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan , 4 (4), 404-414.
Fenandes, Y., Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Kontribusi Kreativitas dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Mimbar Ilmu, 26(1), 39-44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alfarisy Amsil, Hasan Maksum, M Nasir, Andrizal Andrizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.