Studi Eksperimen, Pengaruh Variasi Dimensi Ban Terhadap Keausan Ban

Authors

  • Muhammad Shiddiq Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Remon Lapisa Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Irma Yulia Basri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hanapi Hasan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.1

Keywords:

Keausan ban, Variasi ban, Rolling resistance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemasangan berbagai ukuran ban pada sepeda motor Beat-PGM FI 110 cc tahun 2017. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengkuantifikasi seberapa besar variasi dimensi ban dalam hal keausan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksploratif. Pendataan dilakukan pada sepeda itu sendiri, yang kemudian ditimbang bobot ban pada setiap varian sebelum dan sesudah penelitian untuk mengetahui seberapa besar keausan yang diakibatkan. Hasil pengujian menggunakan berbagai ban, termasuk 50/100, 90/90 dengan 80/90, dan 100/80 dengan 90/90, menunjukkan bahwa tingkat keausan meningkat seiring dengan ukuran ban. Laju keausan ban yang cepat adalah hasil dari rolling resistance ban yang tinggi, yang secara langsung berbanding terbalik dengan variasi ukuran ban. Oleh karena itu, temuan investigasi ini menunjukkan bahwa ban dengan variasi dimensi 100/80 dan 90/90 memiliki keausan terbesar. 

This study aims to determine the impact of mounting various tyre sizes on Beat-PGM FI 110 cc motorcycles in 2017. This was done in an effort to quantify how much tyre dimensions vary in terms of wear and tear. The methodology used in this study is exploratory. Data collection was done on the bike itself, which then weighed the tyre weight on each variant before and after the research to determine how much wear and tear was caused. The results of tests using a range of tyres, including 50/100, 90/90 with 80/90, and 100/80 with 90/90, showed that the wear rate increased with tyre size. The rapid rate of tyre wear is a result of the tire's high rolling resistance, which is directly inversely related to the size variation of the tyre. The findings of this investigation therefore show that tyres with 100/80 and 90/90 dimension variations have the greatest wear.

Author Biographies

Muhammad Shiddiq, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

 

Remon Lapisa, Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Irma Yulia Basri, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Wawan Purwanto, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Hanapi Hasan, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Medan

 

 

 

References

Amin, Bahrul, dan Faisal, Ismet. (2016). Teknologi Motor Bensin. Jakarta : Kencana.

Muslih, M. M. I., Kristianta, F. X., & Arbiantara, H. (2015). Pengaruh Tekanan Udara (Inflation Pressure) pada Ban Tipe Radial Ply terhadap Rolling Resistance. ROTOR, 8(2), 26-28.

Noor, Rohinah M. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Solusi Pendidikan Moral Yang Efektif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sirait, R. (2019). Penentuan Daerah Potensi Geothermal Dengan Menggunakan Metode Geomagnetik Di Panyabungan Selatan.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toyota New Step 1 . 1995 . Training Manual. PT. Astra Toyota Motor.

Wei, C., & Taghavifar, H. (2017). A novel approach to energy harvesting from vehicle suspension system: Half-vehicle model. Energy, 134, 279-288.

Tiandho. Yuant (2017) : Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung, Kep. Bangka Belitung 33172, Indonesia

DWI KARTIKA, RIZKY OKTAFIAN. ANALISIS PENGARUH TINGKAT KEAUSAN BAN TERHADAP EFFISIENSI REM UTAMA KENDARAAN BARANG. 2022. PhD Thesis. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

UFRIANDI, Afdan. Analisis Tingkat Keausan Terhadap Pemakaian Ban Merek A, B Dan C Menggunakan Ban Standar 90/90-14 46 P. Jurnal Surya Teknika, 2021, 8.1: 282-288.

Khoirudin, A., Setiyana, B., & Muchammad, M. (2022). STUDI PERBANDINGAN KONTAK GESEK PADA PERMUKAAN HALUS DAN PERMUKAAN TERABRASI DARI MATERIAL KARET MENGGUNAKAN SOFTWARE ABAQUS. JURNAL TEKNIK MESIN, 10(4), 513-522.

Sesa, O., & Buyung, S. (2020). Analisis Pengaruh Beban Terhadap Tingkat Keausan Ban Sepeda Motor Pada Jalan Rigit/Beton. Jurnal Voering, 5(2), 48-54.

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Shiddiq, M., Lapisa, R., Basri, I. Y., Purwanto, W., & Hasan, H. (2023). Studi Eksperimen, Pengaruh Variasi Dimensi Ban Terhadap Keausan Ban. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.1

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3