Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller Terhadap Daya Yang Dihasilkan Dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik Pada Sepeda Motor CVT
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i1.105Keywords:
Roller, Daya, Konsumsi Bahan Bakar SpesifikAbstract
Pada sepeda motor saat ini, sistem transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis. Namun dikarenakan kurangnya informasi tentang pengaruh penggunan variasi berat roller menyebabkan banyak pengguna sepeda motor matic beralih menggunakan roller racing yang bertujuan untuk meningkatkan tenaga dan menghemat konsumsi bahan bakar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi berat roller terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor CVT. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design yang mana pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penggunaan variasi berat roller memberikan peningkatan daya antara roller standar 13 gram dengan roller 11 gram dan roller 9 gram, serta menghasilkan penurunan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor CVT.
In today's motorcycles, the transmission system used is an automatic transmission. However, due to the lack of information about the effect of using roller weight variations, many automatic motorbike users switch to roller racing which aims to increase power and save fuel consumption. The purpose of this study was to determine the effect of using roller weight variations on power and fuel consumption on CVT motorbikes. The research method used is True Experimental Design in which the approach used is a quantitative approach. From the results of research conducted, the use of roller weight variations provides an increase in power between a standard 13 gram roller with an 11 gram roller and 9 gram roller, and results in a decrease in fuel consumption on CVT motorcycles.
References
Y. Saputro, I. Prasetyo, and M. T. Nadhief, “the Effect of Rear Sprocket Size Variation on Power and Torque on Yamaha Vixion Motorcycles in 2015,” Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, vol. 6, no. 1, pp. 11–20, 2021.
Syarifudin, A. Suprihadi, and F. L. Sanjaya, “Optimalisasi Kompetensi Motor Bakar Bagi Peserta Didik Teknik Sepeda Motor Kelas Xii ‘Smk Bina Nusa Slawi,’” Abdimas Unwahas, vol. 5, no. 2, pp. 109–113, 2020.
M. Sawaludin, H. Maksum, and Wagino, “The Comparison of Water Cooling Media Against Radiator Heat Dissipation Rate in Diesel Engines,” MOTIVECTION : Journal of Mechanical, Electrical and Industrial Engineering, vol. 3, no. 1, pp. 19–26, 2021.
A. Supriyanto, H. Maksum, and D. S. Putra, “Perbandingan Penggunaan Berbagai Jenis Bahan Bakar Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah,” Automotive Engineering Education Journal, vol. 7, no. 2, 2018.
S. H. Susilo, M. F. Suharono, H. Rarindo, and H. Wicaksono, “Analisa Campuran Metanol–Pertalite Terhadap Kinerja Dan Suhu Kerja Motor,” Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur (JETM), vol. 3, no. 01, pp. 27–34, 2020.
Soebyakto, T. Edward, A. Wibowo, and M. A. Shidiq, “Sistem Transfer Daya Dari Dua Jenis Mesin,” Maestro: Jurnal Teknik Mesin dan Elektro, vol. 4, no. 3, pp. 5–11, 2023.
Jatira, A. Abdulah, M. W. Purnama, and Renaldi, “Analisis kegagalan material kopling mesin slitting di pt. xyz,” Jurnal Teknologika, vol. 10, no. 2, 2020.
Rifdarmon, A. Junaidi, W. Purwanto, and H. Maksum, “Analisis Penggunaan Variasi Driven Face Spring Terhadap Torsi , Daya Dan Top Speed Pada Sepeda Motor Honda Vario All New 125 cc,” Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 75–84, 2023.
K. A. indrawan Saputra, K. R. Dantes, and I. G. Wiratmaja, “ANALISIS PENGARUH VARIASI SUDUT DERAJAT PRIMARY PULLEY TERHADAP PENINGKATAN TORSI DAN DAYA PADA KENDARAAN DENGAN SISTEM CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION,” Majamecha, vol. 3, no. 2, pp. 112–120, 2021.
Agung, D. A. Rajab, N. Yusuf, and A. Abdullah, “ANALISIS MATERIAL ROLLER CVT RACING UNTUK PENINGKATAN PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT 110CC,” Jurnal Teknologika, vol. 12, no. 2, pp. 262–269, 2022.
H. F. Fani and E. Alwi, “PENGUJIAN PENGGUNAAN BERAT ROLLER DAN PEGAS PULLEY SEKUNDERY NON STANDART PADA COUNTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP DAYA DAN TORSI SEPEDA MOTOR HONDA BEAT PGM-FI,” Journal of multidiciplinary research and development, vol. 1, no. 4, pp. 766–774, 2019.
W. D. Pangestu, I. M. Nauri, and E. K. Mindarta, “PENGARUH PERUBAHAN PANJANG ALUR ROLLER TERHADAP DAYA DAN AKSELERASI PADA SEPEDA MOTOR MATIC 125 CC CBS ISS,” Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran, vol. 5, no. 1, pp. 21–26, 2021.
M. Nasir, L. Syaifullah, Rifdarmon, and N. Hidayat, “Analisis Pencampuran Zat Aditif Minyak Serai Wangi Terhadap Performa Mesin Pada Sepeda Motor 4 Langkah,” Journal Of Mechanical Electrical And Industrial Engineering, vol. 5, no. 1, pp. 127–138, 2023.
R. C. Putra and A. Rosyidin, “Pengaruh nilai oktan terhadap unjuk kerja motor bensin dan konsumsi bahan bakar dengan busi-koil standar-racing,” Jurnal Polimesin, vol. 18, no. 1, pp. 7–15, 2020.
F. Abel, S. Agung, and R. Imron, “Studi Konsumsi Bahan Bakar Mesin Gokart 150 cc Dengan variasi nilai Oktan Bahan Bakar,” Jurnal Mechanical, vol. 12, no. 1, pp. 17–21, 2021.
B. A. Saputro and Abdurrahman, “Karakteristik Biodiesel Dari Campuran Bahan Bakar Dexlite dan Minyak Jelantah Tanpa Perlakuan Pada Mesin Diesel,” Jurnal Teknik Kimia, vol. 28, no. 2, pp. 51–59, 2022.
A. Rahmatullah, Weriana, siroj rusdi A., and A. M. win, “Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 9, no. 2, pp. 465–474, 2023.
A. Pujadi, Statistika Dengan Spss. jakarta: universitas jayabaya, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yogi Widyarto, Hasan Maksum, Toto Sugiarto, Wagino
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.