Dampak Variasi Campuran Water–Methanol Injection terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Sepeda Motor Injeksi

Authors

  • Achmad Fauzil Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Nuzul Hidayat Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksmum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.352

Keywords:

Water–methanol injection, bioetanol, ECU programmable, busi iridium, durability mesin, deposit karbon

Abstract

Peningkatan konsumsi bahan bakar fosil dan tingginya emisi kendaraan bermotor mendorong perlunya inovasi teknologi ramah lingkungan berbasis bioetanol dan sistem pembakaran modern. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh water–methanol injection (WMI) terhadap konsumsi bahan bakar, emisi gas buang, serta indikasi durability mesin pada sepeda motor Honda Beat FI 2019. Metode eksperimen digunakan dengan empat variasi perlakuan: standar, X2a (5% metanol), X2b (10% metanol), dan X2c (15% metanol), diuji pada 1500, 3500, dan 5500 RPM. Hasil menunjukkan bahwa variasi X2c memberikan efisiensi konsumsi tertinggi dengan penghematan hingga 13,04% pada 1500 RPM dan 11,11% pada 5500 RPM. Sementara itu, variasi X2a paling efektif menekan emisi CO dan HC, masing-masing 63,16% dan 32,45% pada 5500 RPM. Penurunan deposit karbon memperkuat temuan bahwa kombinasi teknologi WMI, ECU programmable, dan busi iridium berpotensi meningkatkan efisiensi energi sekaligus memperpanjang umur mesin.

The increasing consumption of fossil fuels and vehicle emissions highlights the need for eco-friendly innovations such as bioethanol and advanced combustion systems. This study aims to analyze the effect of water–methanol injection (WMI) on fuel consumption, exhaust emissions, and indications of engine durability in a 2019 Honda Beat FI motorcycle. An experimental method was applied with four variations: standard, X2a (5% methanol), X2b (10% methanol), and X2c (15% methanol), tested at 1500, 3500, and 5500 RPM. Results indicated that X2c achieved the highest efficiency with fuel savings of 13.04% at 1500 RPM and 11.11% at 5500 RPM. Meanwhile, X2a was the most effective in reducing CO and HC emissions, with reductions of 63.16% and 32.45% at 5500 RPM. The reduction in carbon deposits further demonstrates that combining WMI with a programmable ECU and iridium spark plug can improve energy efficiency and extend engine lifespan.

References

D. Sumarto, “Performance Optimization of the General Criminal Investigation Unit to Overcome Motorcycle Theft in Order to Uphold Fair Law Enforcement in Polresta Surakarta,” Tanggon Kosala, vol. 12, no. 2, 2023.

A. Halimatussadiah, A. A. Siregar, F. R. Moeis, and R. F. Maulia, “Penilaian Program Peremajaan Kelapa Sawit Untuk Mendukung Kebijakan Green Fuel,” 2020.

A. Martin and J. O’Malley, “Kompatibilitas Campuran Bahan Bakar Metanol Pada Kendaraan dan Mesin Berbahan Bakar Bensin di Indonesia,” 2021.

M. A. D. Anugerah, M. Harly, and M. Ihwanudin, “Pengaruh Penggunaan Saturated Water Injection terhadap Intake Air Temperature dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Honda Vario Injeksi 125cc,” Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran, vol. 6, no. 1, pp. 35–42, 2022.

W. Purwanto and M. Y. Setiawan, “Optimasi Cairan Water Injection dalam Menurunkan Emisi Gas Buang Sepeda Motor dengan Metode Taguchi,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 101–108, 2024.

Y. Pramudito et al., “Kinerja Mesin Spark Ignition (SI) Berbahan Bakar Campuran Bensin-Metanol (M-20) Dan Bensin-Etanol (E-20) Pada Variasi Nilai Oktan,” LEMBARAN PUBLIKASI MINYAK DAN GAS BUMI (LPMGB), vol. 56, no. 2, pp. 89–98, 2022.

D. H. T. Prasetiyo, A. Muhammad, M. A. Baihaqi, H. Abdillah, and L. K. Supraptiningsih, “Pengaruh nilai ron pada bahan bakar jenis bensin terhadap emisi gas buang,” CERMIN: Jurnal Penelitian, vol. 6, no. 2, pp. 561–571, 2022.

Y. A. Winoko and Z. Firmansyah, “Variasi Campuran Nilai Oktan Bahan Bakar dan Putaran Mesin Bensin terhadap Emisi Gas Buang,” 2021, TRANSMISI.

S. Arifan Ma’ruf, M. Milana, M. Martias, and N. Hidayat, “Optimasi Hasil Uji Emisi Gas Buang Sepeda Motor dengan Penambahan Carbon Cleaner,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 159–170, Feb. 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i2.26.

H. W. Sudarwanto, I. W. Utami, R. Asmoro, and A. A. Wulandari, “Bahaya emisi gas buang kendaraan berbahan bakar bensin dan menumbuhkan lingkungan hijau di perkotaan,” in Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi, 2020, p. 101.

D. Hermansyah, A. Afdal, Z. Zulkarnain, and R. D. Koto, “Study on the Impact of CDI Limiter and CDI Unlimiter Usage on Motorcycle Fuel Consumption and Exhaust Gas Emissions,” MOTIVECTION: Journal of Mechanical, Electrical and Industrial Engineering, vol. 6, no. 1, pp. 73–84, 2024.

G. Setyono, D. Khusna, N. Kholili, N. A. Diantoro, and F. D. Saputra, “Pengaruh Aditif Metanol-Butanol-Etanol (MBE) Terhadap Suplai Bahan Bakar Spark Ignition-Engine Yang Ramah Lingkungan Serta Mengoptimalkan Performansi.,” in Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2024.

S. Setiawan and L. Marlinda, “Perbandingan Efisiensi Bahan Bakar Pada Kendaraan Low MPV Dengan Metode Copras,” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 7, no. 2, pp. 421–431, 2024.

M. Rifal, “Pengaruh Campuran Bahan Bakar Ethanol Bensin terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Kendaraan Bermotor 125 CC Sistem Injeksi,” Gorontalo Journal of Infrastructure and Science Engineering, vol. 4, no. 2, pp. 50–57, 2022.

D. Antoni, M. B. R. Wijaya, and A. Septiyanto, “Pengaruh Variasi Larutan Water Injection Pada Intake manifold Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor,” Sainteknol: Jurnal Sains Dan Teknologi, vol. 15, no. 2, pp. 137–146, 2017.

D. Damayanti et al., “Analisis Efisiensi Performa Pembakaran Internal pada Kerja Mesin Empat Langkah Terhadap Penambahan Zat Aditif Metanol,” Jurnal Integrasi Proses, vol. 13, no. 1, pp. 59–66, 2024.

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Fauzil, A., Hidayat, N., Maksmum, H., & Arif, A. (2025). Dampak Variasi Campuran Water–Methanol Injection terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Sepeda Motor Injeksi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(3), 855–862. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i3.352

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>