Pengaruh variasi Berat Rumah Kopling Sentrifugal Terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Honda Beat FI Tahun 2019

Authors

  • Herman Safar Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Irma Yulia Basri Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M Nasir Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.34

Keywords:

Centrifugal Weight Variation, Torque and Power, Machine Condition, Variasi Berat Kopling Sentrifugal, Torsi dan Daya, Kondisi Mesin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi berat rumah kopling sentrifugal terhadap torsi dan daya sepeda motor honda beat FI tahun 2019. penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Metode penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan pada sebuah objek yang sama. Setiap proses pelaksanaan penelitian ini dimulai dengan mengadakan alat dan bahan yang diperlukan untuk pengujian nantinya objek yang digunakan pada saat melakukan penelitian adalah motor beat FI 2019. Hasil dari penelitian menunjukkan dari tiga variasi berat massa rumah kopling sentrifugal yang dilakukan, rumah kopling sentrifugal standard , rumah kopling A(492 gr), rumah kopling B(472 gr),  hasil torsi dan daya paling bagus menggunakan rumah kopling B, karena dengan menggunakan rumah kopling B menghasilkan torsi dan daya paling tinggi dari antara tiga variasi yang dilakukan.    

This study aims to determine the effect of variations in the weight of the centrifugal clutch housing on the torque and power of the 2019 Honda Beat FI motorbike. This study used an experimental method. This research method was conducted to find out the differences in the same object. Each process of carrying out this research begins with procuring the tools and materials needed for later testing the object used when conducting the research is the FI 2019 beat motor. The results of the study show that from three variations in the mass weight of the centrifugal clutch housing that was carried out, the standard centrifugal clutch housing, the housing clutch A (492 gr), clutch housing B (472 gr), the best torque and power results are using clutch housing B, because using clutch housing B produces the highest torque and power of the three variations carried out.

References

D. P. Tarigan, P. S. Ramadhan, and S. Yakub, “Penerapan Teorema Bayes Untuk Mendeteksi Kerusakan Mesin Sepeda Motor,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 1, no. 2, p. 73, 2022, doi: 10.53513/jursi.v1i2.4907.

D. Suhardi and N. Kusumawati, “Prosedur Penjualan Kredit Kendaraan Roda 2 Pada Yamaha Arsita Subang,” World Financ. Adm. J., vol. 2, no. 1, pp. 55–66, 2020, doi: 10.37950/wfaj.v2i1.910.

S. Ariyono, B. Supriyo, B. Sumiyarso, and B. Cahyono, “Design Linkage Mechanism for Electromechanical Continuously Variable Transmission Ratio Controller Used in Motor Cycle,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1273, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1273/1/012072.

R. A. Anugrah, “Troubleshooting Analysis of CVT (Continuously Variable Transmission) System on Honda Beat Motorcycles,” Motiv. J. Mech. Electr. Ind. Eng., vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.46574/motivection.v4i1.98.

I. P. A. Wiguna, “Pengaruh Variasi Diameter Pegs Sentrifugal Kampas Kopling Ganda Terhadap Performasi Sepeda Motor dengan Sistem Transmisi Continouslly Variable Transmission ( CVT ),” Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2023.

O. Arfiansyah, “Studi Eksperimen Pengaruh Konstanta Pegas Continuously Variable Transmission (CVT) Terhadap Performa Kendaraan Honda Scoopy 110 CC,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2015.

K. A. I. Saputra, K. R. Dantes, and I. G. Wiratmaja, “Analisis Pengaruh Variasi Sudut Derajat Primary Pulley Terhadap Peningkatan Torsi Dan Daya Pada Kendaraan Dengan Sistem Continuous Variable Transmission,” Majamecha, vol. 3, no. 2, pp. 112–120, 2021, doi: 10.36815/majamecha.v3i2.1544.

P. Adityas, “Pengaruh Berat Roller CVT (Continuously Variable Transmission) dan Variasi Putaran Mesin terhadap Torsi pada Yamaha Mio Sporty Tahun 2007,” Universitas Sebelas Maret, 2012.

A. Prasetiyo and R. Rifdarmon, “Analisis Variasi Penggunaan Busi pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang,” AEEJ J. Automot. Eng. Vocat. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2020, doi: 10.24036/aeej.v1i1.4.

H. Maksum, Refles, and W. Purwanto, Teknologi Motor Bakar. Padang: UNP Press, 2012.

J. Jama and Wagino, Teknik Sepeda Motor Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.

T. W. Aditya, “Pengaruh Tegangan Pegas Kopling Sentrifugal Terhadap Torsi dan Daya Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Honda Beat PGM-FI,” Universitas Negeri Malang, 2018.

N. Saimona, T. Widagdo, D. Seprianto, and M. Yunus, “Optimasi kopling sentrifugal dengan variasi massa kampas kopling,” J. Austenit, vol. 8, no. April, pp. 3–6, 2016.

A. Suharsimi, Prosedur penelitian suatu pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta, 2018.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Herman Safar, Basri, I. Y., Nasir, M., & Setiawan, M. Y. (2023). Pengaruh variasi Berat Rumah Kopling Sentrifugal Terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Honda Beat FI Tahun 2019. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 319–324. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.34

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>