Pengaruh Jenis Baling-Baling pada Alternator Turbin Angin Terhadap Besar Arus listrik Yang Dihasilkan pada Kendaraan

Authors

  • Muhammad Mukhbit Nurdin Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.96

Keywords:

Turbin Angin, Tegangan, Arus

Abstract

Penggunaan bahan bakar minyak yang terus meningkat yang dapat menyebabkan kelangkaan bahan bakar. Sehigga perlu ada inovasi bahan bakar alternatif yaitu dengan bahan bakar hidrogen. Hidrogen berasal dari hidrolisis air menjadi hidrogen dan oksigen. Proses hidrolisis membutuhkan tegangan dan arus listrik yang besar, oleh karena itu perlu adanya energi tambahan dengan memanfaatkan gas buang dengan memberi turbin yang dihubungkan pada poros alternator agar menghasilkan tegangan dan arus listrik agar dapat mensuplai tegangan dan arus  listrik dalam penggunaan bahan bakar hidrogen. Penelitian ini dimulai dengan merancang sebuah alternator sepeda menjadi turbin angin sumbu vertikal dengan perlakuan baling-baling tipe savonius dan tipe cross flow, pengujian dengan kecepatan kendaraan 30 sampai 60 Km/Jam. Disimpulkan perlakuan baling-baling cross flow meningkatkan tegangan 12,5% dan peningkatan arus 50,6% terhadap perlakuan baling-baling tipe savonius.

Increasing fuel oil consumption can result in a petroleum shortage. Therefore, innovation in alternative fuels, specifically hydrogen fuel, is required. Hydrogen is produced by splitting water into hydrogen and oxygen. The hydrolysis process requires a large voltage and electric current; therefore, it is necessary to have additional energy by utilizing exhaust gas by connecting a turbine to the alternator shaft to produce voltage and electric current in order to provide voltage and electric current for the use of hydrogen fuel. This research begins with the design of a bicycle alternator as a vertical axis wind turbine with savonius type and cross flow propeller treatment, tested at velocities between 30 and 60 kilometers per hour. It was determined that the cross flow propeller treatment increased the voltage by 12.5% and the current by 50.6% compared to the savonius propeller treatment.

References

Chaniago. I. P, Purwanto. W, Rifdarmon, and Arif. A, "Optimasi Sistem Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah dengan Metode Taguci," Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, vol. 1, 2023.

Martawati, "Sistem Elektolisa Air Sebagai Bahan Bakar Alternatif pada Kendaraan," Jurnal Eltek, vol. 1, pp. 93-104, 2017.

Setya. D. (2022) Detik.com. [Online]. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6243882/pakar-brin-beri-penjelasan-terkait-temuan-bahan-bakar-air

Putra. Y. S, Purwanto. W, Setiawan. M. Y, dan Arif. A, "Pengaruh Bodi Tambahan pada Sisi Alternator Turbin Angin terhadap Tegangan dan Arus Listrik yang Dihasilkan," MSI Transaction on Education, vol. 4, pp. 36-43, 2023.

Nugroho. A. S, Kristinawan. Y. Y, Rahayu. A. T, "Pengaruh Angle of Attack Terhadap Luaran Generator Turbine Generator Tipe Darrieus" Journal of Automotive Engineering and Vocation Education, vol. 4, 2023.

Siregar. M. A dan Lubis. F, "Uji Keandalan Prototype Turbin Angin Savonius Tipe-u Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif," Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, may 2019.

Iskandar. H. R, Praktis Belajar Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Jakarta: Deepublish, 2020.

Arifa dan Harjunowibowo, "Teknik Kalibrasi dan Validasi Power Longger lot Untuk Arus Dc," Lakeisha, 2022.

Lubis. S, "Analisis Tegangan Keluaran Alternator Mobil Sebagai Pembangkit Energi Listrik Alternatif," RELE Rekayasa Elektrikal dan Energi Jurnal Teknik Elektro, vol. 1, 2018.

Muda, I. (2013). Kelistrikan Otomotif. Malang: Gunung Samudera Grup Penerbit Pt Book Mart Indonesia.

Anggraini, F., Surtono, A., &Pauzi, G. A. (2016). Pemanfaatan Energi Angin Pada Sepeda Motor Bergerak Untuk Menyalakan Lampu. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, 4(2).

Yani, A. (2021). Studi Eksperimental Pengaruh Jumlah Sudu Turbin Angin Tipe Propeller Terhadap Daya Output Pada Pembangkit Listrik Tenaga Angin (Sebagai Alternatif Pembangkit Listrik Daerah Pesisir Pantai). Jurnal Teknik Juara Aktif Global Optimis, 1(2), 39-44.

Nugraha, dkk. (2022). Portable-2WG” Inovasi Turbin Pembangkit Listrik Portable Air Dan Angin Untuk Kebutuhan Rumah Tangga Pada Penduduk Daerah Aliran Sungai. Sleman: Deepublish

Dewi. M. L,”Analisis kinerja turbin angin poros vertikal dengan modifikasi rotor savonius l untuk optimasi kinerja turbin”(2010)

Hatta, S. (2022). Tindakan Hukum Terhadap Motor “KnalpotBising” Oleh Kepolisian Resor Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Sugiyono.2019.Metode Penelitian Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif ,dan R&D.Bandung:Alfabeta

Rudianto. D. T dan Ahmadi. N "Rancang Bangun Turbin Angin Savonius 200 Watt" Senatik Journal, vol. 2, 2016.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Nurdin, M. M., Purwanto, W., Sugiarto, T., & Setiawan, M. Y. (2023). Pengaruh Jenis Baling-Baling pada Alternator Turbin Angin Terhadap Besar Arus listrik Yang Dihasilkan pada Kendaraan. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(4), 501–508. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.96

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>