Hubungan Aktif Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Komulatif, Studi Kasus: Mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang

Authors

  • Fauzan Zharbaini Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Dwi Sudarno Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.30

Keywords:

aktif berorganisasi, IPK, mahasiswa

Abstract

Ada kecenderungan bahwa keaktifan seorang mahasiswa di sebuah organisasi kemahasiswaan dapat memberikan dampak terhadap prestasi belajarnya. Sebagian memiliki prestasi yang baik namun tak jarang juga yang sebaliknya. Penelitian ini bertujuan melihat hubungan keaktifan berorganisasi dengan indeks prestasi komulatif mahasiswa Teknik Otomotif Teknik Universitas Negeri Padang (UNP). Metode penelitian yang dipilih adalah deskriptif kuantitatif yang melibatkan 53 mahasiswa. Instrumen teknik pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner dengan memanfaatkan Google Form, diikuti dengan uji normalitas, homogenitas, linearitas serta Uji t. Diperoleh nilai signifikan liniearity sebesar 0,396 (lebih dari 0.05)sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan linear secara signifikan antara aktif berorganisasi deangan Indeks prestasi komulatif mahasiswa Teknik Otomotif UNP. 

There is a general assumption that the activeness of a student in a student organization can have an impact on his academic achievement. Some have good achievements but not infrequently also the opposite. This study aims to look at the relationship between organizational activity and the cumulative grade point average for Automotive Engineering students at Universitas Negeri Padang (UNP). The research method chosen was descriptive quantitative involving 53 students. The researcher's data collection technique instruments used a questionnaire by utilizing the Google Form, followed by tests for normality, homogeneity, linearity and the t test. A significant linearity value of 0.396 (more than 0.05) was obtained so that it was concluded that there was a significant linear relationship between being active in an organization and the cumulative GPA of UNP Automotive Engineering students.

Author Biographies

Fauzan Zharbaini, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

Hendra Dani Saputra, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

 

Wagino Wagino, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Dwi Sudarno Putra, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

References

T. Primadana, H. Maksum, and W. Wagino, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang,” AEEJ, vol. 2, no. 2, pp. 89–102, Dec. 2021, doi: 10.24036/aeej.v2i2.38.

H. D. Saputra, F. Ismet, and A. Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” INVOTEK, vol. 18, no. 1, pp. 25–30, Apr. 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.

W. Wagino, N. Jalinus, R. Abdullah, R. Ridwan, I. Nanda, and H. Hariyadi, “THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL IN 2013 CURRICULUM ON LEARNING OUTCOMES AND SKILLS IN VOCATIONAL EDUCATION,” EOJ, vol. 4, no. 3, pp. 125–129, Apr. 2022, doi: 10.33559/eoj.v4i3.913.

H. D. Saputra, W. Purwanto, D. Setiawan, D. Fernandez, and R. Putra, “Hasil Belajar Mahasiswa: Analisis Butir Soal Tes,” J Educ, vol. 20, no. 1, pp. 15–27, Jun. 2022, doi: 10.31571/edukasi.v20i1.3432.

Y. Widyatmoko, “PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA”.

“Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.pdf.”

P. Ariesky and M. Husni, “STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA YANG BERASAL DARI SMK DENGAN SMA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG,” 2013.

U. Usmadi, “PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS (UJI HOMOGENITAS DAN UJI NORMALITAS),” IP, vol. 7, no. 1, Nov. 2020, doi: 10.31869/ip.v7i1.2281.

N. K. Akbar, “Diajukan kepada Tim Penguji Skripsi Jurusan Teknik Otomotif sebagai salah satu persyaratan Guna memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan”.

H. D. Saputra, S. Anori, D. Fernandez, and D. Setiawan, “Analysis of student’s learning outcomes test questions Department of Automotive Engineering FT UNP,” INVOTEK, vol. 22, no. 1, pp. 21–28, May 2022, doi: 10.24036/invotek.v22i1.964.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Zharbaini, F., Dani Saputra, H., Wagino, W., & Putra, D. S. (2023). Hubungan Aktif Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Komulatif, Studi Kasus: Mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(1), 119–124. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.30