Motivasi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Tahun Masuk 2017 Dalam Memasuki Dunia Kerja Sebagai Tenaga Pendidik
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i1.3Keywords:
Motivasi, Mahasiswa, Tenaga PendidikAbstract
Kajian ini dilakukan atas dasar permasalahan bahwa Tenaga Pendidik seringkali tidak tercukupi untuk sekolah kejuruan negeri dan swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif. Sebuah penelitian menemukan bahwa mahasiswa Teknik Otomotif angkatan 2017 memiliki Motivasi dari dalam (Intrinsik) yang lebih sedikit dibandingkan dengan Motivasi dari luar (Ekstrinsik). Hasil perhitungan diperoleh nilai sig. kecil dari 0,05, yakni berjumlah 0,000 ˂ 0,05. Maka dapat disimpulkan Motivasi Intrinsik lebih rendah dari Motivasi Ekstrinsik, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik mempengaruhi Tenaga Pendidik secara parsial maupun simultan, dan disimpulkan bahwa ada hubungan masing-masing variabel.
This study was conducted on the basis of the problem that there are often not enough teaching staff for public and private vocational schools. The method used in this research is descriptive-quantitative. A study found that Automotive Engineering students class of 2017 have less motivation from within (Intrinsic) compared to outside motivation (Extrinsic). The calculation results obtained sig. smaller than 0.05, which is 0.000 ˂ 0.05. So it can be concluded that intrinsic motivation is lower than extrinsic motivation, and the results show that the variables intrinsic and extrinsic motivation affect educators partially or simultaneously, and it can be concluded that there is a relationship between each variable.
References
Aswir and H. Misbah, vol. 2, no. 1. 2018. [Online]. Available: http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht
Adi Kristianto, “HUBUNGAN LINGKUNGAN PENDAdi Kristianto. (2012). HUBUNGAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK SE-KABUPATEN SLEMAN Diajukan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 134. https://eprin,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, p. 134, 2012, [Online]. Available: https://eprints.uny.ac.id/1988/1/Skripsi Adi Kristianto.pdf
A. Rosyid, “Motivasi Menjadi Guru Sekolah Dasar Dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa PGSD,” Holistika, vol. 1, no. 2, pp. 69–70, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2499
Maryam Muhammad, “Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 4, no. 2, p. 90, 2016, [Online]. Available: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf
Danilo Gomes de Arruda,” p. 6, 2021.
E. Yulandari, “MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MURUNG RAYA Oleh,” Skripsi Inst. Agama Islam Negeri Palangka Raya, 2020.
V. B. Asih, Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Remaja Terhadap Prilaku Dalam Interaksi Keluarga Di Desa Sumber Mulya Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara, no. 1516210069. 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M Joko, R. Chandra, Toto Sugiarto, Donny Fernandez
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.