Pengembangan Media Video Pembelajaran Cara Perawatan AC Mobil pada Mata Kuliah Teknik Pengkondisian Udara

Authors

  • Ahmad Yunus Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Andrizal Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.255

Keywords:

Media, Video Pembelajaran, Valid dan Praktis

Abstract

Media audio visual merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat video pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa belajar lebih efisien. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model 4-D (define, design, development and disseminate). Hasil pengujian menunjukkan bahwa video pembelajaran merupakan pilihan yang terbaik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh validator materi yang mendapat skor 92% pada klasifikasi "sangat valid", dan hasil verifikasi dari validator media sebesar 94.85% pada klasifikasi "valid". Selain itu, uji praktikalitas juga memberikan mahasiswa dengan nilai 88.3% pada kategori “praktis”. Video pembelajaran yang dihasilkan dapat dikategorikan bermanfaat untuk digunakan dalam dunia pendidikan dan diharapkan dapat berguna bagi semua orang. Mahasiswa dan Dosen dapat secara mandiri menguasai materi pembelajaran.

Audio-visual media is one of the tools that can be utilized in the teaching and learning process. The aim of this study is to develop an instructional video that can help students learn more efficiently. This research employs the Research and Development method by applying the 4-D model (define, design, develop, and disseminate). The test results indicate that instructional videos are the best choice for use in the learning process. Validation by subject matter experts yielded a score of 92%, classified as "highly valid," while media validation achieved a score of 94.85%, classified as "valid." Additionally, the practicality test showed a student rating of 88.3% in the "practical" category. The developed instructional video can be considered beneficial for use in education and is expected to be useful for everyone. Both students and lecturers can independently master the learning material.

References

T. Sugiarto, A. Ambiyar, W. Wakhinuddin, W. Purwanto, and H. D. Saputra, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar: Metaanalisis,” Edukasi J. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 128–142, 2023, doi: 10.31571/edukasi.v21i1.5419.

F. Hernando, I. Y. Basri, E. Alwi, and W. Purwanto, “Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Pada Mata Pelajaran Listrik Elektronika,” Res. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 68–75, 2022, doi: 10.62590/regy.v1i1.73.

I. E. Ikhwandi and I. Y. Basri, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Dasar Kelistrikan Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, p. 72, 2020, doi: 10.24036/jtev.v6i2.108113.

S. Asari et al., “PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan),” DedikasiMU J. Community Serv., vol. 3, no. 4, p. 1139, 2021, doi: 10.30587/dedikasimu.v3i4.3249.

N. M. R. Prita Indrawati, Kiftian Hady Prasetya, Irma Ristivani, “Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” J. Penelitian, Pendidik. dan Pengajaran JPPP, vol. 3, no. 3, pp. 225–234, 2022, doi: 10.30596/jppp.v3i3.12978.

S. N. Isnaini, F. Firman, and D. Desyandri, “Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar,” Alpen J. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 42–51, 2023, doi: 10.24929/alpen.v7i1.183.

B. Rahim, M. Giatman, N. Syah, and C. Andriani, “Validasi Video Praktikum Las SMAW Posisi 1 G pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 8, no. 2, p. 219, 2022, doi: 10.24036/jtev.v8i2.116905.

R. Vernando, Andrizal, I. Yulia Basri, and N. Hidayat, “Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Pengkondisian Udara di Laboratorium Departemen Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”, jtpvi, vol. 2, no. 3, pp. 307–318, Jun. 2024.

S. Limin and R. S. Kundiman, “Peranan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menunjang Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Musik,” Psalmoz A J. Creat. Study Church Music, vol. 4, no. 1, pp. 16–26, 2023, [Online]. Available: http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/psalmoz/article/view/1114

F. Fakhri, R. Body, and R. Apdeni, “Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi pada mata kuliah gambar Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang,” CIVED (Journal Civ. Eng. Vocat. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 1–6, 2019.

T. Taufik and S. Wardatul jannah, “Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Istima’,” Edu J. Innov. Learn. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 31–39, 2024, doi: 10.55352/edu.v2i1.934.

E. Saski and T. Sugiarto, “Perbandingan Efek Pendinginan dan Performa Air Conditioner Mobil yang Menggunakan Accumulator dengan air conditioner Mobil yang menggunakan Receiver dryer,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 3, no. 4, pp. 1–8, 2014.

R. A. Anugrah and I. A. Pamungkas, “Analisis Troubleshooting Sistem Ac Pada Mobil Toyota Great Corolla Tipe 4a-Fe,” Teknika, vol. 7, no. 2, pp. 52–61, 2021, doi: 10.52561/teknika.v7i2.144.

D. Mulyanto, H. Maksum, and H. D. Saputra, “Pengembangan Modul Dengan Model Discovery Learning Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Batipuh,” JTPVI J. Teknol. …, pp. 319–326, 2024, [Online]. Available: https://jtpvi.ppj.unp.ac.id/index.php/jtpvi/article/download/181/93

L. Kasmini, “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Pada Pembelajaran Ipa,” Visipena, vol. 14, no. 2, pp. 68–84, 2023, doi: 10.46244/visipena.v14i2.2340.

R. Doni, A. Algifari, and M. Irvan, “Implementation of Project Based Learning for Cognitive and Psychomotor Students in the Basic of Workshop Technology Course Welding Sub- competency in the Automotive Engineering Study Program,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 22, no. 3, pp. 195–204, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.24036/invotek.v22i3.1073

S. R. Masie, S. Malabar, A. Mulyanto, and J. Lantowa, “Development of E-Module for Learning Folklore Based on Local Wisdom,” J. Ecohumanism, vol. 4, no. 1, pp. 1565–1577, 2025, doi: 10.62754/joe.v4i1.5967.

Suciati Rahayu Widyastuti, “Pengembangan Skala Likert Untuk Mengukur Sikap Terhadap Penerapan Penilaian Autentik Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Jendela ASWAJA, vol. 3, no. 02, pp. 57–75, 2022, doi: 10.52188/ja.v3i02.393.

A. Andrizal and A. Arif, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 17, no. 2, pp. 1–10, 2017, doi: 10.24036/invotek.v17i2.75.

R. I. Julia, N. Nellitawati, D. Dahliana, N. F. Azima, and Y. Yumna, “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 723–731, Dec. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1857.

W. N. Nasution et al., “Interactive Digital Storybook : ICT-Based Innovation in Learning the History of Islamic Culture,” vol. 9, no. 1, 2024, doi: https://doi.org/10.52615/jie.v9i1.401.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Yunus, A., Andrizal, Rifdarmon, & Dani Saputra, H. (2025). Pengembangan Media Video Pembelajaran Cara Perawatan AC Mobil pada Mata Kuliah Teknik Pengkondisian Udara. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(2), 689–698. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.255

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.