Pengaruh Peran Guru Kejuruan TKR Terhadap Kesiapan Prakerin Siswa Kelas XI Jurusan TKR SMK Negeri 2 Payakumbuh

Authors

  • Muhammad Fadlan Ardiansyah Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Dwi Sudarno Putra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.165

Keywords:

Peran Guru, Kejuruan, Kesiapan Prakerin, The Role of Teachers, Vocational, Vocational Readiness

Abstract

Studi ini dilaksanakan untuk meninjau seberapa pengaruh peran guru kejuruan terhadap kesiapan prakerin siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif bersifat korelasional. Subjek penelitian ini sebanyak 60 siswa dengan sampel sebanyak 60 sampel dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengambilan data dengan memberikan kuesioner pada siswa kelas XI TKR. Data kuesioner diberikan berupa data kuesioner pengaruh peran guru kejuruan terhadap kesiapan prakerin siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peranan guru kejuruan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan prakerin siswa di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dinyatakan bahwa peran guru kejuruan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan prakerin siwa di SMK Negeri 2 Payakumbuh

This study was carried out to review how influential the role of vocational teachers is on students' internship readiness. The method used in this research is quantitative, correlational. The subjects of this research were 60 students with a sample of 60 samples using a total sampling technique. Data collection was done by giving questionnaires to class XI TKR students. Questionnaire data is provided in the form of questionnaire data on the influence of the role of vocational teachers on students' vocational internship readiness. Based on the research results, it is found that the role of vocational teachers has a significant influence on the readiness of students at SMK Negeri 2 Payakumbuh. The results of this research obtained a significance value of 0.000 <0.05. So it can be said that the role of vocational teachers has a significant influence on the readiness of students at SMK Negeri 2 Payakumbuh.

 

References

H. D. Saputra, D. Setiawan, B. Amin, and R. Putra, “The effect of e-learning media on the improvement of learning outcomes in the Vehicle Body Construction course for students of the Department Automotive Faculty of Engineering UNP,” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 21, no. 01, pp. 69–76, 2021.

D. Setiawan, S. Lestari, D. S. Putra, and M. Azmi, “Pemanfaatan Media Sosial untuk Membangun Sistem E-Learning di SMKN 1 Gunung Talang,” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 18, no. 1, pp. 7–12, Apr. 2018, Accessed: Feb. 10, 2020. [Online]. Available: http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/177

T. Sugiarto, B. Amin, W. Purwanto, A. Arif, and D. S. Putra, “Peningkatan Kompetensi Guru Dan Siswa SMK Melalui Pelatihan Kompetensi Kejuruan Teknologi Otomotif,” INVOTEK, vol. 19, no. 1, pp. 25–34, Apr. 2019, doi: 10.24036/invotek.v19i1.439.

H. D. Saputra, D. Setiawan, D. Yuvenda, A. Arif, and R. Hidayat, “PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PELATIHAN TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR,” Sulben, vol. 19, no. 3, p. 127, Oct. 2019, doi: 10.24036/sb.0180.

F. H. Afifi, H. D. Saputra, and M. Nasir, “Perbandingan Hasil Belajar Tamatan SMA dan SMK, Studi Kasus pada Mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” vol. 4, no. 1.

Z. Fauzi, W. Purwanto, R. Chandra, A. Arif, and H. D. Saputra, “Kontribusi PLK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang,” AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. 3, no. 1, pp. 23–32, 2022, doi: 10.24036/aeej.v3i1.40.

A. Arif et al., “Pengaruh Peranan Bimbingan dan Konseling Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK,” PAKAR, vol. 21, no. 2, pp. 160–170, Jul. 2023, doi: 10.24036/pakar.v21i2.382.

M. I. Sanusi and D. Fernandez, “HUBUNGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA BAGI SISWA KELAS XII KOMPETENSI KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI,” vol. 1, no. 3, 2019.

S. Suryani, A. Irianto, and E. Cerya, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK BISNIS MANAJEMEN DI KOTA SOLOK,” JMPE, vol. 1, no. 4, p. 870, Mar. 2019, doi: 10.24036/jmpe.v1i4.5666.

G. Joel, J. D. D. Massie, and J. L. Sepang, “PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SEPEDA MOTOR MATIC MEREK YAMAHA MIO DI KOTA MANADO,” 2014.

L. Ardiani, “EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN),” vol. 4, 2020.

Z. Fauzi, W. Purwanto, R. Chandra, A. Arif, and H. D. Saputra, “Kontribusi PLK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang,” AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, vol. 3, no. 1, pp. 23–32, 2022, doi: 10.24036/aeej.v3i1.40.

H. D. Saputra, D. Setiawan, D. Yuvenda, A. Arif, and R. Hidayat, “PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PELATIHAN TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR,” Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 19, no. 3, p. 127, Oct. 2019, doi: 10.24036/sb.0180.

D. Setiawan, H. D. Saputra, and M. Chaniago, “Pelatihan Keterampilan Membangun Bisnis (Wirausaha) Bengkel Sepeda Motor Secara Mandiri Bagi Siswa SMK,” Sulben, vol. 20, no. 1, p. 21, Dec. 2019, doi: 10.24036/sb.0330.

D. Setiawan, H. D. Saputra, and M. Nasir, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa,” INVOTEK, vol. 19, no. 1, pp. 67–74, Apr. 2019, doi: 10.24036/invotek.v19i1.425.

H. Ahyani, “CURRICULUM MANAGEMENT AND ASSESSMENT SYSTEM IN BASIC EDUCATION (DIKDAS) ERA OF INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0,” ET KTP FIP UNP, vol. 9, no. 1, Jun. 2021, doi: 10.24036/et.v9i1.111579.

H. D. Saputra, W. Purwanto, D. Setiawan, D. Fernandez, and R. Putra, “Hasil Belajar Mahasiswa: Analisis Butir Soal Tes,” J Educ, vol. 20, no. 1, pp. 15–27, Jun. 2022, Accessed: Sep. 07, 2022. [Online]. Available: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/3432

R. Iktiari and A. S. Purnami, “Manajemen Praktek Kerja Industri untuk Meningkatkan Keterserapan Lulusan SMK pada Dunia Usaha dan Dunia Industri,” MMP, vol. 2, no. 2, p. 168, Oct. 2019, doi: 10.30738/mmp.v2i2.3719.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Fadlan Ardiansyah, M., Sudarno Putra, D., Dani Saputra, H., & Arif, A. (2024). Pengaruh Peran Guru Kejuruan TKR Terhadap Kesiapan Prakerin Siswa Kelas XI Jurusan TKR SMK Negeri 2 Payakumbuh. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(2), 175–186. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i2.165

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>