Analisis Korelasi Antara Metode Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Otomotif di Universitas Negeri Padang

Authors

  • Fadli Randa Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Dedi Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Kutni SMKN 1 Bintan Utara

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.106

Keywords:

Korelasi, Belajar Daring, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan tinggi dalam era modern ini telah mengalami perubahan mendasar akibat perkembangan teknologi dan perubahan paradigma pembelajaran melalui metode pembelajaran daring. Metode ini memanfaatkan platform digital untuk memberikan materi pembelajaran secara fleksibel, memungkinkan akses tanpa batasan ruang dan waktu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional untuk mengungkapkan korelasi metode pembelajaran daring (X) terhadap hasil belajar pada mahasiswa Departemen Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (Y). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan hubungan positif antara metode belajar daring dan hasil belajar mahasiswa. Nilai Koefisien korelasi Pearson sebesar 0.429 menunjukkan adanya hubungan positif antara kedua variabel dan berada pada taraf Korelasi Sedang.   

Higher education in the modern era has undergone a fundamental transformation due to technological advancements and a shift in the learning paradigm through online learning methods. This method utilizes digital platforms to deliver learning materials flexibly, allowing access without spatial or temporal limitations. This study is a quantitative descriptive research with a correlational nature, aiming to reveal the correlation between online learning methods (X) and learning outcomes among students in the Automotive Engineering Department at the Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang (Y). The results of this research reveal a positive relationship between online learning methods and student learning outcomes. The Pearson correlation coefficient value of 0.429 indicates a moderate positive correlation between the two variables.

References

Syaharuddin, “Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19,” Eprintis J. Univ. Lambung Mangkurat,pp. 1-2, 2020.

Hariyanto, Suryono, “Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar,” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Pane, A, Darwis Dasopang, M, “Belajar dan Pembelajaran “FITRAH : Jurnal Kaji. Ilmu-ilmu Keislam., vol. 03, no. 2, pp. 333–352, 2017.

Daryanto, “Media Pembelajaran” Yogyakarta : Gava Media, 2016.

Nuroqmah, “Kompetisi Profesionalisme Guru” Jurnal Aksioma Ad-Diniyah., Vol. 09, pp. 27-30, 2021.

Setiawan, D., Saputra, H. D., & Nasir, M. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 67-74.

P. Fitriyani, “Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z,” J. Knappptma., vol. 7, no. Maret, pp. 307–314, 2018.

Arsyad,A, “Media Pembelajaran”. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2014

Warsita, B, “Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif” Jurnal Teknodik., Vol. 16,pp. 62-73, 2018.

M. I. A. Ichwan, M., Husada, M. G., & Rasyid, “Pembangunan prototipe sistem pengendalian peralatan listrik pada platform android,” J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 13–25, 2013.

Sanjaya,W, “Sistem Pembelajaran”, Jakarta : Kencana, 2008.

Teni Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Misykat., vol. 03, no. 01, p. 171, 2018.

Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, HarahapTuti Khairani, and Tasdin Tahrim. 2021. Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

D. Ramadhani, E. Fatmawati, and D. Oktarika, “Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring di SMA Wisuda Kota Pontianak,” GERVASI J. Pengabdi. , vol. 3, no. 1, pp. 24–33, 2019.

Kusuma N. R., Mustami M. K., & Jumadi O, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Inspring Suite 8 pada Konsep Sistem Ekskresi di Sekolah Menengah Atas,” Eprintis J. Univ. Negeri Makasar, vol. 13, no. 28, pp. 1–8, 2018.

Wijaya, Marline, Junaedy, and Hamdan Arfandy. 2017. “Perancangan Chatbot Untuk Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Stmik Kharisma Makassar.” Jurnal Ilmu Komputer 1: 1–11.

H. Salim, “Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekata, dan Jenis”, Jakarta : Kencana, 2019.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10.

Riduwan, “Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula”, Bandung : Alfabeta, 2011.

Sugiyono, ”Metode Penelitian Kombinasi”, Bandung : Alafbeta, 2017.

Prasetyo, E. B. (2006). Peran Ilustrasi Visual dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2).

Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan alat evaluasi berupa tes online/offline matematika dengan ispring suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363-371.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Randa, F., Wagino, Purwanto, W., Setiawan, D., & Kutni. (2023). Analisis Korelasi Antara Metode Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Otomotif di Universitas Negeri Padang. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(4), 583–590. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i4.106

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>