Studi Faktor-Faktor Penghambat Penyelesaian Tugas Akhir Pada Mahasiswa Departemen Teknik Otomotif

Authors

  • Azwardi Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Muslim Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Sadly Firmansyah Pendidikan Teknologi Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.251

Keywords:

Faktor Internal, Faktor Eksternal, Mahasiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, yang menghambat mahasiswa Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang untuk menyelesaikan tugas akhir dan skripsi pada tahun masuk 2019 dan 2020. Penelitian ini adalah survei kuantitatif. Menggunakan kuesioner/angket. Sampel penelitian ini terdiri dari 54 siswa yang masuk tahun akademik 2019 dan 2020. Data dikumpulkan melalui angket yang memiliki pilihan jawaban berskala Likert. Analisis deskriptif digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian yang telah diperoleh, Tingkat Capaian Responden pada faktor internal yaitu variabel Kesehatan sebesar 72.69% dan variabel Tugas Akhir sebesar 70.93% memiliki pengaruh besar terhadap penghambat menyelesaikan tugas akhir dan skripsi mahasiswa Departement Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang.

The purpose of the study was to identify internal and external factors that hinder students of the Automotive Engineering Department, Padang State University from completing their final assignments and theses in the academic years of 2019 and 2020. This study was a quantitative survey. Using a questionnaire. The sample of this study consisted of 54 students who entered the academic years of 2019 and 2020. Data were collected through a questionnaire that had Likert-scale answer choices. Descriptive analysis was used in the study. The results of the study that have been obtained, the Respondent Achievement Level on internal factors, namely the Health variable of 72.69% and the Final Assignment variable of 70.93% have a major influence on inhibiting the completion of the final assignment and thesis of students of the Automotive Engineering Department, Universitas Negeri Padang.

References

Hartaji, D. A. Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, 2012.

Akbar, S., dkk. Analisis Faktor Penghambat Penyelesaian Skripsi Mahasiswa, 2022.

Pratiwi, N. K., & Yusrizal. Peran Dosen Pembimbing dalam Proses Bimbingan Skripsi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2022.

Kinasih, A., dkk. Peran Dosen Pembimbing dalam Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tinggi, 2021.

Pasaribu, R., dkk. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal Pendidikan Tinggi, 2016.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2015

Super, D. E., & Crites, J. O. Appraising Vocational Fitness by Means of Psychological Tests. New York: Harper & Row, 2010.

Regi, Wagino, et al. Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2023.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 135-142, 2016.

A. Ramiza Harahap, M. Nasir, H. Maksum, and N. Hidayat, “Hubungan Prestasi Belajar Siswa Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI TKR di SMKN 1 Sumatera Barat”, jtpvi, vol. 2, no. 2, pp. 165–174, Feb. 2024.

Slavin, R. E. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks, 2016.

R. Agusrianto, A. Arif, H. Maksum, and W. Purwanto, “Kontribusi Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X TBSM Di SMK Nasional Kayutanam ”, jtpvi, vol. 2, no. 4, pp. 481–490, Aug. 2024.

A. F. Noveli, H. Maksum, M. Nasir, and N. Hidayat, “Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua”, jtpvi, vol. 1, no. 2, pp. 217–226, Jun. 2023.

Jones, G. R., & George, J. M. Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education, 2016.

Syah, M. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada., 2003.

Hakim, T. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara, 2002.

Abdul Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Hartato, H. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tinggi, 2016.

“STUDI DESKRIPTIF DAMPAK PSIKOLOGIS MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI DI MASA PANDEMI COVID-19”, JBIC, vol. 2, no. 1, pp. 127-141, Jun. 2021.

M. S. R. Hasbillah and D. Rahmasari, “BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENEMPUH TUGAS AKHIR”, Character J. Penelit. Psikol., vol. 9, no. 6, pp. 122–132, Jun. 2022.

Wahab, R. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Syah, M. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya., 2012.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. Cipta, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.

Downloads

Published

2025-06-06

How to Cite

Azwardi, Wagino, Sugiarto, T., Muslim, & Firmansyah, M. S. (2025). Studi Faktor-Faktor Penghambat Penyelesaian Tugas Akhir Pada Mahasiswa Departemen Teknik Otomotif. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(2), 699–708. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.251

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>