Analisis Uji Tekan Composite Sandwich Tube Carbon Fiber Dengan Variasi Metode Pembuatan Manual Hand Lay Up

Authors

  • Taufiq Maulana Ilyas Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Donny Fernandez Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.227

Keywords:

Uji Tekan, Komposit, Karbon Fiber, Manual Hand Lay Up

Abstract

Solusi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tinggi, salah satu cara meningkatkan efesiensi bahan bakar yaitu mengurangi berat kendaraan dengan memodifikasi bodi dan chassis kendaraan. Bentuk dari efisiensi bodi dan chassis adalah penggunaan karbon sebagai pengganti logam dan baja. Tujuan penelitian untuk mengetahui kekuatan tekan karbon fiber dengan metode pembuatan manual hand lay up. Teknik pengujian dengan uji vertikal dan horizontal dengan tiga metode pelapisan serat karbon dengan posisi searah, berlawanan arah dan menyilang. Hasil kekuatan tertinggi pada uji tekan vertikal yaitu metode lapisan serat karbon berlawanan arah beban maksimum 12561,093 N, modulus elastisitas 4329 N/mm2 dan kekuatan tekan 113.43 N/mm2. Pada uji tekan horizontal yaitu metode lapisan serat karbon searah beban maksimum 1456.829 N, modulus elatisitas 438 N/mm2 dan kekuatan tekan 13.16 N/mm2. Jadi, untuk kekuatan bisa menggunakan metode pelapisan berlawanan arah, dan untuk kelenturan menggunakan metode pelapisan menyilang.

Solution to reduce high fuel consumption, one way to increase fuel efficiency is to reduce vehicle weight by modifying the vehicle body and chassis. The form of body and chassis efficiency is the use of carbon as a substitute for metal and steel. The purpose of the study was to determine the compressive strength of carbon fiber with the manual hand lay up manufacturing method. Testing techniques with vertical and horizontal tests with three carbon fiber coating methods with unidirectional, countercurrent and crosswise positions. The highest strength results in the vertical compression test, namely the countercurrent carbon fiber coating method, maximum load 12561.093 N, elastic modulus 4329 N/mm2 and compressive strength 113.43 N/mm2. In the horizontal compression test, namely the unidirectional carbon fiber coating method, maximum load 1456.829 N, elastic modulus 438 N/mm2 and compressive strength 13.16 N/mm2. So, for strength, you can use the countercurrent coating method, and for flexibility, use the cross coating method.

References

Biro Perencanaan Kementerian ESDM, A. F. Sa’adah, A. Fauzi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, B. Juanda, and Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, “Peramalan Penyediaan dan Konsumsi Bahan Bakar Minyak Indonesia dengan Model Sistem Dinamik,” JEPI, vol. 17, no. 2, pp. 118–137, Jan. 2017, doi: 10.21002/jepi.v17i2.02.

N. Sari, “Material teknik, Edisi pertama, Deepublish, Yogyakarta,” 2018.

K. Wijaya, A. Syoufian, I. Tahir, and A. S. Hutama, Kimia Kuantum Untuk Perekayasa Nanomaterial. UGM PRESS, 2021.

D. Asyari, “Material teknik,” 2013.

F. Setiawan, D. S. Pratama, R. S. Lubis, and E. Sofyan, “Uji Impact Material Komposit Campuran Serat Bambu Dan Pasir Besi Menggunakan Metode Hand Lay Up,” Journal of Applied Mechanical Engineering and Renewable Energy, vol. 3, no. 1, pp. 28–33, 2023.

N. Nayiroh, “Teknologi material komposit,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang, 2013.

F. Y. Utama and H. Zakiyya, “Pengaruh variasi arah serat komposit berpenguat hibrida fiberhybrid terhadap kekuatan tarik dan densitas material dalam aplikasi body part mobil,” Mekanika, vol. 15, no. 2, 2016.

T. Surdia, “Pengetahuan bahan teknik,” (No Title), 1999.

F. I. Sijabat and J. Saragih, “Pengaruh Ukuran Serbuk Tempurung Kelapa Sebagai Pengisi Komposit Poliester Tak Jenuh Terhadap Sifat Mekanik dan Penyerapan Air,” Jurnal Teknik Kimia USU, vol. 2, no. 4, pp. 31–37, 2013.

L. Kusnandar, “Pembuatan Cover Body Motor dari Bahan Komposit Berpenguat Serat Gelas dengan Metode Hand Lay Up,” 2008.

S. Juliono, I. Isranuri, S. Abda, M. Sabri, and M. Tugiman, “Pembuatan Dan Analisis Gaya Badan Pesawat Tanpa Awak Dari Bahan Material Komposit Yang Diperkuat Polyester Dan Serat Rock Wool Dengan Metode Hand Lay Up,” Jurnal Dinamis, vol. 4, no. 4, 2016.

M. Azissyukhron and S. Hidayat, “Perbandingan Kekuatan Material Hasil Metode Hand Lay-up dan Metode Vacuum Bag Pada Material Sandwich Composite,” presented at the Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 2018, pp. 216–220.

K. N. Aini, A. Tjahjono, N. L. Muzayadah, A. Nugroho, and T. S. Nurtiasto, “Analisis Sifat Mekanik Komposit Sandwich Serat Karbon Twill 3k/Divinycell Foam Dengan Variasi Metode Fabrikasi,” Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 14, no. 2, pp. 601–609, 2023.

S. Arikunto, “Metode penelitian,” Jakarta: Rineka Cipta, vol. 173, 2010.

S. Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,” Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, 2017.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Maulana Ilyas, T., Setiawan, M. Y., Fernandez, D., & Dani Saputra, H. (2024). Analisis Uji Tekan Composite Sandwich Tube Carbon Fiber Dengan Variasi Metode Pembuatan Manual Hand Lay Up . JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2(4), 429–436. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v2i4.227

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>