Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Minat Belajar Siswa X TKR Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif

Authors

  • Muhammad Rizky Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hendra Dani Saputra Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Toto Sugiarto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wagino Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Qodri Suhelmi SMK N 1 Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.309

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Digital, Minat Belajar

Abstract

Temuan penelitian ini didukung oleh minat belajar siswa yang sebagian besar menunjukkan variasi yang signifikan, dengan beberapa siswa gagal memberikan tanggapan positif terkait penggunaan media pembelajaran digital. Beberapa siswa terlihat kurang perhatian, kurang fokus, atau tidak memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya dalam kegiatan belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran digital dengan minat belajar siswa kelas X TKR pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif di SMK N 1 Padang. Dalam mencari data untuk penelitian ini, pendekatan korelasional kuantitatif digunakan, bersama dengan teknik pengumpulan data seperti observasi dan angket. Sebanyak 50 siswa dipilih secara sengaja untuk penelitian ini dari populasi yang terdiri dari 100 siswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang kuat antara penggunaan materi pembelajaran digital dan minat belajar siswa.

The findings of this study are supported by students' learning interests which mostly showed significant variations, with some students failing to respond positively to the use of digital learning media. Some students appear to be less attentive, less focused, or do not make the best use of technology in their learning activities. The purpose of this study is to determine the relationship between the use of digital learning media and learning interest of class X TKR students in the subject of Automotive Basics at SMK N 1 Padang. In seeking data for this study, a quantitative correlational approach was used, along with data collection techniques such as observation and questionnaire. A total of 50 students were purposively selected for this study from a population of at least 100 students. The findings of this study indicate that there is a strong correlation between the use of digital learning materials and students' interest in learning.

References

T. Sugiarto, A. Ambiyar, W. Wakhinuddin, W. Purwanto, and H. D. Saputra, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar: Metaanalisis,” Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 21, no. 1, pp. 128–142, 2023, doi: 10.31571/edukasi.v21i1.5419.

D. Setiawan, H. D. Saputra, and M. Nasir, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa,” vol. 19, no. 1, p. 8.

S. Kuntari, “Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran,” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, vol. 2, pp. 90–94, 2023, doi: 10.47435/sentikjar.v2i0.1826.

I. Z. Ichsan et al., “COVID-19 DAN E-LEARNING: PERUBAHAN STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS DAN LINGKUNGAN DI SMP,” JINoP, vol. 6, no. 1, p. 50, May 2020, doi: 10.22219/jinop.v6i1.11791.

A. V. Sinaga, “Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21,” Journal on Education, vol. 06, no. 01, pp. 2836–2846, 2023.

H. D. Saputra, N. Nasrun, and W. Wakhinuddin, “DEVELOPMENT OF WEB-BASED LEARNING MEDIA IN VOCATIONAL SECONDARY SCHOOL,” p. 5, 2018.

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, and Usep Setiawan, “Konsep Dasar Media Pembelajaran,” Journal of Student Research, vol. 1, no. 1, pp. 282–294, 2023, doi: 10.55606/jsr.v1i1.993.

N. Hidayat and H. Khotimah, “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran,” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 10–15, 2019, doi: 10.33751/jppguseda.v2i1.988.

M. Maisarah, T. A. Lestari, and S. Sakulpimolrat, “Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia,” EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), vol. 2, no. 1, p. 65, 2022, doi: 10.30821/eunoia.v2i1.1348.

D. Abdul and Muh. Arif, “Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Saintifik,” Al-Bahtsu, vol. 5, no. 2, pp. 76–81, 2020.

D. Hendraningrat and P. Fauziah, “Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 58–72, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1205.

N. G. A. Putu Widiastari, “Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru,” vol. 4, no. 4, 2024.

E. N. Sitepu, “Media Pembelajaran Berbasis Digital,” Mahesa, vol. 1, no. 1, pp. 242–248, 2021, doi: 10.34007/ppd.v1i1.195.

A. Mardati, “Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika,” Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, vol. 1, no. 01, pp. 172–178, 2021, doi: 10.36728/semnasutp.v1i01.25.

A. Siburian et al., “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, vol. 2, no. 2, pp. 11202–11209, 2023.

D. Setiadi and H. Maksum, “Kontribusi Pengalaman Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKK Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMKN 1 Bukittinggi,” 2025.

Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, and Angga Setiawan, “Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV,” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 3, pp. 216–223, 2022, doi: 10.55784/jupeis.vol1.iss3.176.

F. Aulia, N. Hidayat, and H. Maksum, “Kontribusi Pengalaman Praktek Kerja Industri (Prakerin) terhadap Minat Menjadi Mekanik Kelas XII Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Guguk,” 2024.

D. J. Putri, “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Kecamatan Larangan Tangerang,” Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin, 2022.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.,” 2019.

A. Z. El Hasbi, “Penelitan Korelasional,” Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, vol. 43, no. 4, pp. 342–346, 2023.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Rizky, M., Dani Saputra, H., Sugiarto, T., Wagino, & Suhelmi, Q. (2025). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Minat Belajar Siswa X TKR Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(2), 717–726. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v3i2.309

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5