Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan
DOI:
https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.85Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Model pembelajaran problem based learning (PBL) menjadi salah satu solusi untuk diusulkan dalam penggunaan atau aplikasi model pembelajaran di SMK N 3 Solok Selatan yang sebelumnya masih menggunakan model pembelajaran discovery learning, proses pembelajaran ini masih cenderung monoton dan kurang efektif. Peneliti menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) atau biasa disebut classroom action research (CAR) sebagai metode dalam penelitian ini. Populasi yang terdapat pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI TBSM di SMK N 3 Solok Selatan yang berjumlah 23 peserta didik dan dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 3 Solok Selatan.
The problem-based learning (PBL) learning model is one of the important things to be proposed as a learning model at SMK N 3 Solok Selatan, which previously still used the discovery learning model which obtained in this learning process still tends to be monotonous and less conducive. Researchers used Classroom Action Research (PTK) or so-called class action research (PTK) as a method in this study. The population in this study was students of class XI TBSM at SMK N 3 Solok Selatan, totaling 23 students and all of them were used as research samples. Based on the results of the research and discussion that has been carried out, it can be concluded that there is an increase in learning outcomes using the Problem Based Learning Learning Model for Class XI TBSM Students at SMKN 3 Solok Selatan.
References
T. Djonomiarjo, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar,” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, vol. 5, no. 1, hlm. 39–46, 2019.
B. A. Leader, Martias, dan Wagino, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sistem Pengapian Kelas XI TKR SMKN 2 Muara Bungo,” Automotive Engineering Education Journals, vol. 7, no. 1, 2018.
Z. M. Noer dan A. Ramadhan, “Sub Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di SMK MJPS 3 Kota Tasikmalaya,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 7, no. 1, hlm. 41–50, 2019.
T. Primandana, H. Maksum, dan Wagino, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang,” Automotive Engineering Education Journals, vol. 2, no. 2, hlm. 89–102, 2021.
I. K. Fikri, D. Karyaningsih, dan A. Suhendar, “Implementasi E-Learning Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Di SMK Berbasis Android,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, hlm. 45–52, 2022.
F. Septiawan, “Efektivitas Penggunaan Google Form Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Di SMK Negeri 1 Koba,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 7, no. 2, hlm. 129–135, 2020.
F. Yanti, “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Xi Tata Busana-2 Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Materi Pengertian Dan Fungsi Busana Pesta Pada SMK Negeri 1 Sigli,” Jurnal Sains Riset, vol. 11, no. 1, hlm. 11–14, Apr 2021.
A. Zaharra dan Wagino, “Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning Ditengah Pandemi Covid-19,” MSI Transaction on Education, vol. 2, no. 2, hlm. 57–66, 2021.
M. Nasir, Wagino, dan M. Pasaribu, “Peningkatan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Alat Ukur Mekanik Menggunakan Model Problem Based Learning,” Jurnal INVOTEK, vol. 17, no. 2, hlm. 53–60, 2017.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2010.
T. I. Wicaksana, Ambiyar, H. Maksum, dan D. Irfan, “Penerapan model (PJBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran pemrograman berorientasi objek,” Jurnal Riset Tindakan Indonesia, vol. 7, no. 3, hlm. 470–478, 2022.
Falestin, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2010.
Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
C. A. Citra, “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya,” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), vol. 8, no. 2, hlm. 261–272, 2020.
H. D. Saputra, F. Ismet, dan Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” Jurnal INVOTEK, vol. 18, no. 1, hlm. 25–30, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sugeng Susanto, Wagino Wagino, Donny Fernandez, Hendra Dani Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.