Optimasi Catalytic Converter dan Bahan Bakar Biogasoline Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi

Authors

  • Harris Fedriansyah Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin S Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Milana Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.79

Keywords:

Catalytic Converter, Emisi Gas Buang, Bio Gasoline, Metode Taguchi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan dan bentuk katalis pada catalytic converter serta mendapatkan perbandingan bahan bakar ethanol dan bensin (biogasoline) yang optimal dalam mengurangi emisi gas buang pada sepeda motor 4 langkah injeksi, menggunakan metode Taguchi. Penelitian ini menggunakan Robust Design dengan 3 faktor dan 3 level faktor, yaitu : A (Bahan katalis level faktornya baja, kuningan, dan tembaga), B (Bentuk katalis level faktornya spiral, jaring laba – laba, dan sarang lebah), C (biogasoline level faktornya perbandingan 70:30, 75:25, dan 80:20). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan yang optimal untuk menurunkan emisi carbon monoksida (CO) adalah katalis berbahan kuningan, berbentuk jaring laba – laba, bahan bakar biogasoline perbandingan 70:30, yaitu 0,91% dan faktor paling berpengaruh adalah bahan bakar yaitu 28,21%, dan yang optimal pada emisi hydrocarbon (HC) adalah katalis berbahan baja, berbentuk jaring laba – laba, bahan bakar biogasoline perbandingan 75:25, yaitu 227 ppm dan faktor paling berpengaruh adalah bahan katalis yaitu 34,31%.

This study aims to obtain the material and form of catalyst in the catalytic converter and get the optimal ratio of ethanol fuel and gasoline (biogasoline) in reducing exhaust emissions on a 4-stroke injection motorcycle, using the Taguchi method. This study uses Robust Design with 3 factors and 3 factor levels, namely: A (catalyst material factor level steel, brass, and copper), B (catalyst shape factor level spiral, spider web, and honeycomb), C (biogasoline factor level ratio 70:30, 75:25, and 80:20). The results showed that the optimal design for reducing carbon monoxide (CO) emissions was a catalyst made of brass, in the form of a spider web, biogasoline fuel with a ratio of 70:30, which was 0.91% and the most influential factor was fuel, which was 28.21%, and the optimal design for hydrocarbon (HC) emissions was a catalyst made of steel, in the form of a spider web, biogasoline fuel with a ratio of 75:25, which was 227 ppm and the most influential factor was catalyst material, which was 34.31%.

References

A. Wardhana, Dampak Pencemaran Lingkungan Edisi II, Andi Offset, 1995.

Chusnul. M, “Study Penggunaan Katalis CuO/yAL203 sebagai Catalytic Converter Untuk Mereduksi Emisi CO,” ITS, Surabaya, 2005.

Dowden, Catalytic Hand Book, New York: Atall, 1970.

A. Yuliastuti, “Estimasi Sebaran Keruangan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Di Kota Semarang,” Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, 2008.

Warju, “catalytic converter tembaga berlapis mangan terhadap kadar polutan gas buang motor bensin empat langkah,” 2006.

A. Mokhtar, “Catalityc Converter Jenis Katalis Plat Tembaga Berbentuk Sarang Lebah untuk Mengurangi Emisi Kendaraan Bermotor,” Jurnal Gamma, 2014.

B. Ardiansyah, “Studi Kimia Antar Muka pada Reaksi Hidrogenasi,” 2010.

I. G. Wiratmaja, “Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline,” Jurnal Energi Dan Manufaktur, 2010.

M. S. Phadke, Quality Engineering Using Robust Design, New Jersey: AT&T Bell Laboratories, 1989.

S. Apreza, “Optimasi Kekerasan Permukaan Proses Pembubutan Baja ST.42 Dengan Metode Taguchi,” Manutech, 2017.

W. D. V. Yansyah, “Rancang Bangun Sistem Injeksi Sepeda Motor 4 Langkah,” no. Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 2022.

S. G. Tarkono dan Zulhanif, “Studi Penggunaan Elektroda Las yang Berbeda terhadap Sifat Mekanik Pengelasan SMAW Baja AISI1045,” Jurnal mechanical, Vol. 3, No. 2, 2012.

S. Syahruji dan A. Ghofur, “Penggunaan Kuningan Sebagai Bahan Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang Dan Performa Mesin Suzuki Shogun Axelo 125,” Vol. 4 No. 2 : SJME Kinematika , 2019.

R. Hartati, “Penentuan tembaga dalam contort geokimia di daerah Bangko, Cara Graphite Furnace AAS,” Jurnal Indo Kimia, Vol.2 No. 56, pp. 215-220, 1996.

I. P. Chaniago, “Optimasi Sistem Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi,” Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 2023.

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Harris Fedriansyah, Wawan Purwanto, S, W., & Milana. (2023). Optimasi Catalytic Converter dan Bahan Bakar Biogasoline Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(3), 325–334. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i3.79

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>