Analisis Emisi Gas Buang (CO, CO2 dan HC) pada Sepeda Motor FI dengan Variasi Saat Pengapian, Saat Penginjeksian dan Jenis Bahan Bakar

Authors

  • M. Sadly Firmansyah Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Arif Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • M. Yasep Setiawan Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.6

Keywords:

Exhaust Emissions, FI Motorcycle, ECU Programmable, Ignition Timing, Injector Timing, Fuel

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perubahan nilai kadar CO, CO2 dan HC yang dihasilkan emisi gas buang pada  sepeda motor FI dengan penggunaan ECU Programmable (4 variasi perlakuan saat pengapian dan saat penginjeksian) menggunakan 3 jenis bahan bakar di setiap perlakuan . Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar perubahan penggunaan ECU Programmable di setiap perlakuan terhadap emisi gas buang yang dihasilkan oleh objek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah sepeda motor FI. Kadar CO dan HC terendah yang dihasilkan sepeda motor FI dengan penggunaan ECU Programmable diperoleh pada perlakuan saat pengapian 7°BTDC dan saat penginjeksian 350°ATDC menggunakan bahan bakar Gasohol E30. Kadar CO2 terendah diperoleh pada perlakuan saat pengapian 3°BTDC dan saat penginjeksian 350°ATDC menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo, dimana hasil yang diperoleh menunjukan perubahan yang signifikan setelah melalui uji banding menggunakan uji T dengan taraf signifikan 5%.

This study discusses changes in the value of CO, CO2 and HC levels of exhaust emission on FI Motorcycle with the use ECU Programmable (4 variation of ignition timing and injector timing) and use 3 variations fuel in every treatment. The purpose of this study was to determine how much influence the use ECU Programmable and variation of fuel on exhaust emissions produced by the research object. This type of research is experimental research. The object of this research is the FI Motorcycle. The lowest CO and HC level produced by FI Motorcycle with the use of a Programmable ECU is obtained in the treatment at ignition timing of 7°BTDC and injector timing 350°ATDC using Gasohol E30 fuel, while the lowest CO2 level is obtained at the ignition timing treatment of 3°BTDC and when injector timing 350°ATDC uses Pertamax Turbo fuel, where the results obtained show significant changes after going through a comparative test using the T test with a significant level of 5%.

Author Biographies

M. Sadly Firmansyah, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

Wawan Purwanto, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

Hasan Maksum, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

Ahmad Arif, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

 

M. Yasep Setiawan, Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

 

 

References

Selamat, Weil dan Alimin 2010, “Sistem Kontrol Durasi Injeksi Bahan Bakar pada Mesin 4 Langkah dengan Menggunakan Logika Fuzzy”, Prosiding SENTIA, vol. 8, pp.19-22, 2016.

Wahyu, D.H., Sistem Bahan Bakar Pada Motor, Yogyakarta: Javalitera, 2013.

J. Jama and Wagino, Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.

Anonim, Sepeda Motor Sistem Bahan Bakar Injeksi, Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Mojokerto, 2009

Sungkono, D dkk., “Pengaruh pengaturan derajat waktu injeksi terhadp unjuk kerja dan emisi motor diesel berbahan bakar biodiesel”, Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, vol. 7, no.2, pp. 76-86, 2008.

Anonim, User manual Imax Juken, Bintang Racing Team, 2013.

B. Amin and F. Ismet, Teknologi Motor Bensin, Jakarta: Kencana, 2016.

W. Suyanto, Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi P2LPTK, 1989.

Anonim, “Pengaruh Saat Penginjeksian Bahan Bakar (Injection Timing) Terhadap Torsi, Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Beat FI”, UniversitasNegeri Padang, Padang, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017

Sutiman, Modul Sistem Kontrol Elektronik, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY,2005.

Handayani, Sri Utami, “Pemanfaatan Bioethanol Sebagai Bahan Bakar Pengganti Bensin“, Gema Teknologi, vol. 15 no.2, 2007.

T. Tim, Training Engine Step 1, Jakarta: PT. Toyota Astra Motor, 2010.

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Firmansyah, M. S., Wawan Purwanto, Hasan Maksum, Ahmad Arif, & M. Yasep Setiawan. (2023). Analisis Emisi Gas Buang (CO, CO2 dan HC) pada Sepeda Motor FI dengan Variasi Saat Pengapian, Saat Penginjeksian dan Jenis Bahan Bakar. JTPVI: Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(2), 145–158. https://doi.org/10.24036/jtpvi.v1i2.6